Binary Options Technology Tips Memanfaatkan Teknologi Kuliah Online Agar Belajar Lebih Efektif

Tips Memanfaatkan Teknologi Kuliah Online Agar Belajar Lebih Efektif



Teknologi kuliah online semakin berkembang di generasi milenial. Terutama akibat kondisi pandemic saat ini sehingga membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah atau kuliah harus dilakukan secara online. Tentu proses belajar mengajar tersebut akan terasa sangat berbeda bila dibandingkan belajar langsung di ruang kelas.

Namun perubahan tidak selalu buruk, kelas online ini juga memberikan dampak positif bagi para mahasiswa bila memang sungguh – sungguh untuk mencari ilmu. Contoh dampak positifnya adalah mahasiswa memiliki waktu lebih fleksibel untuk jadwal kuliahnya, selain itu melalui teknologi internet, lebih banyak sumber bisa diperoleh.

Di tingkat perkuliahan, proses belajar memang sering membutuhkan jaringan internet. Terutama saat mengerjakan tugas, banyak sekali draft, jurnal, publikasi, dan referensi lain yang hanya tersedia di internet. Terlebih bila membutuhkan referensi asing sehingga umumnya mahasiswa sudah biasa menggunakan berbagai teknologi kuliah online.

Walau teknologi ini sudah biasa dilakukan sehari – hari, namun tidak begitu banyak mahasiswa memanfaatkannya dengan baik. Padahal bila pemanfaatannya benar dan sesuai, maka belajar jadi lebih mudah dan efektif. Tentunya hal tersebut akan sangat membantu proses pembelajaran, terutama di rumah.

Menggunakan Aplikasi Penunjang Pembelajaran

Untuk dapat memanfaatkan teknologi kuliah online dengan baik, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi penunjang pembelajaran. Saat ini tersedia berbagai aplikasi berisi berbagai materi pelajaran. Aplikasi tersebut memang lebih banyak ditujukan untuk anak sekolah, namun banyak pula aplikasi untuk mahasiswa.

Dengan adanya aplikasi ini, maka Anda akan merasa seperti sedang melakukan les privat secara online. Biasanya sudah ada beberapa video mengenai materi yang mau Anda pelajari. Sehingga pelajaran tidak hanya berupa materi tekstual saja, melainkan lebih interaktif dengan video serta audio pendukungnya.

Selain tentang mata kuliah, ada pula beberapa aplikasi penunjang pembelajaran mengenai pelajaran di dunia kerja. Sehingga Anda dapat menyesuaikan materi kuliah dengan apa yang dilakukan saat di dunia kerja nantinya. Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa atau fresh graduate.

Untuk Anda yang suka belajar sendiri atau self study, maka memanfaatkan berbagai macam aplikasi penunjang pembelajaran ini akan sangat membantu. Mulai dari tingkat fokus meningkat, hingga meningkatkan semangat belajar pula. Anda juga bisa mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi sehingga sangat fleksibel.

Memanfaatkan Kamus Online untuk Belajar

Tips memanfaatkan teknologi kuliah online selanjutnya adalah mempelajari bahasa asing secara online. Orang yang menguasai bahasa asing saat ini sedang sangat dicari, bahkan sudah menjadi keharusan terutama di dunia kerja. Maka lebih baik Anda melatih diri untuk menguasai bahasa asing dari bangku kuliah.

Di perkuliahan umumnya banyak sekali literatur berbahasa asing. Dari literatur berbahasa asing tersebut, sering kali terdapat ilmu atau informasi yang tidak bisa didapat di literatur bahasa Indonesia. Maka dari itu mahasiswa harus bisa menerjemahkannya agar paham isi dari informasi tersebut.

Di era teknologi yang sangat berkembang ini, Anda tidak perlu susah datang ke perpustakaan dan membuka buku kamus sangat tebal. Hal tersebut disebabkan karena saat ini sudah banyak sekali situs dan aplikasi kamus online yang sangat membantu proses pembelajaran sehingga menjadi efektif serta mudah dimengerti.

Kamus serta aplikasi itu sangat bermanfaat untuk membantu menerjemahkan literatur. Bisa juga digunakan untuk sekedar mempelajari bahasa asing secara otodidak. Bila Anda memanfaatkan teknologi kuliah online ini disertai niat tinggi untuk belajar bahasa asing, tentu proses pembelajaran selama di rumah akan jauh lebih menyenangkan.

Memanfaatkan Video Pembelajaran Online

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan teknologi kuliah online adalah dengan mengakses situs video sharing. Terdapat banyak situs yang memungkinkan beberapa orang untuk berbagi atau sharing mengenai suatu materi. Bukan hanya dalam bentuk video, namun juga bisa berupa power point atau dokumen biasa.

Tentunya hal ini harus selalu dimanfaatkan dengan baik oleh para pelajar, mahasiswa, serta pendidiknya. Video dapat dishare di situs sharing tersebut dan mengatur siapa saja orang yang bisa menonton atau mengakses video pembelajaran online tersebut dari lokasinya masing – masing.

Selain itu, saat ini banyak sekali situs teknologi kuliah online berupa sharing video gratis. Sehingga siapa saja dapat menontonnya dan mendapatkan informasi dari video tersebut. Tipe video yang ditawarkan juga sangat banyak, tidak hanya mengenai pelajaran, namun hal apapun seperti tutorial, tips, dan sebagainya.

Hal ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai cara belajar menyenangkan. Diselingi beberapa video informatif namun tetap terasa ‘fun’ untuk ditonton ketika penat belajar. Banyak sekali berbagai situs video pembelajaran online dapat diakses di internet baik secara gratis atau berbayar.

Memanfaatkan Aplikasi Meeting Online

Webcam saat ini adalah teknologi kuliah online penting yang sangat mendukung di tengah pandemic, sebagai alternatif pertemuan. Dosen bertemu dan menyampaikan materi melalui webcam kepada mahasiswanya, menggunakan aplikasi atau situs meeting online yang saat ini bertebaran di internet.

Walau memang digunakan sehari – hari, Anda tetap harus memanfaatkannya dengan baik dan maksimal, bukan hanya saat mendengarkan materi dosen juga namun saat mengerjakan tugas. Tugas perkuliahan banyak yang mengharuskan untuk membuat kelompok, sehingga kegiatan belajar kelompok dapat dilakukan dengan menggunakan webcam pula.

Pastikan saat menggunakan webcam di meeting, Anda melakukannya dengan kondusif. Salah satu caranya adalah dengan menentukan agenda jelas dengan teman sekelompok. Pastikan juga sudah tercatat poin – poin penting yang akan dibahas agar kerja kelompok efektif dan tidak bertele – tele.

Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan teknologi kuliah online ini dengan menggunakan berbagai aplikasi tanpa batasan waktu meeting sehingga jalannya acara belajar serta kerja kelompok tidak terganggu. Bila ada batasan waktu sering kali meeting menjadi berhenti sehingga mengganggu jalannya acara.

Menggunakan Aplikasi Smartphone

Bukan hanya aplikasi video saja yang bisa dimanfaatkan untuk kuliah di saat pandemic seperti ini. Namun Anda juga bisa memanfaatkan teknologi kuliah online pada smartphone untuk membantu proses belajar. Di smartphone terdapat banyak sekali fitur yang bermanfaat terlebih bila dimanfaatkan dengan baik oleh para penggunanya.

Salah satunya adalah fitur kalkulator scientific untuk memecahkan soal – soal hitungan. Dahulu kalkulator scientific harus dibeli dalam wujud aslinya dan umumnya memiliki harga lebih mahal dibandingkan kalkulator biasa. Namun sekarang sudah banyak aplikasi di smartphone yang bisa menyediakannya, bahkan banyak pula tipe gratis.

Tidak hanya itu, ada lagi fitur – fitur yang dapat dimanfaatkan, seperti mode senyap. Mode tersebut dapat diaktifkan agar notifikasi di smartphone tidak mengganggu fokus belajar. Tentunya tanpa ada suara notifikasi, maka Anda dapat belajar dan jauh lebih fokus untuk mendengarkan materi di kuliah online.

Memanfaatkan teknologi pada saat kondisi pandemic akan sangat memberikan dampak positif bagi para pelajar terlebih mahasiswa yang cara belajarnya jauh lebih mandiri dan fleksibel. Maka dari itu Anda sebagai mahasiswa harus memanfaatkan berbagai macam teknologi kuliah online agar belajar lebih efektif.

TopBack to Top