Binary Options Technology Mengenal Teknologi Drone serta Fungsinya yang Sangat Melimpah

Mengenal Teknologi Drone serta Fungsinya yang Sangat Melimpah



Beberapa tahun ke belakang, teknologi drone berkembang dengan sangat pesat, begitu juga di Indonesia. Anda pasti sudah pernah melihatnya beberapa kali, bahkan mungkin sudah pernah menggunakannya. Teknologi ini sangat disukai banyak anak muda akibat pengaruh dari para vlogger bertebaran di internet.

Namun ternyata teknologi ini tidak hanya digunakan untuk berfoto atau membuat video untuk vlog. Banyak sekali orang menggunakan alat ini untuk berbagai keperluan. Mulai dari untuk pekerjaan sangat kompleks, mengirim barang, hingga sekedar merekam memori untuk pribadi atau komersil.

Tentunya dengan banyaknya pengguna teknologi drone terus meningkat seiring berjalannya waktu, membuat para peneliti terus membuat inovasi baru. Dari awalnya berukuran besar dan cenderung berat dengan harga mahal, sehingga yang menggunakan hanya dari instansi, organisasi, atau kalangan tertentu saja.

Namun sekarang sudah banyak sekali ditemukan di berbagai toko dengan bentuk model bermacam – macam, tidak seberat dulu sehingga mudah dibawa kemana – mana seperti saat traveling. Bila Anda mau membelinya, lebih baik ketahui terlebih dahulu definisinya, jenisnya, serta fungsi melimpahnya akan diperoleh.

Mengenal Teknologi Drone

Drone sering kali disebut UAV, singkatan dari Unmanned Aerial Vehicle, berarti pesawat tanpa awak atau unmanned. Pesawat ini berukuran sangat kecil dan memiliki komponen utama yaitu kamera. Namun tidak sama dengan pesawat atau helicopter pada umumnya karena dikendalikan pilot menggunakan remote di darat.

Alat yang menggunakan baterai ini memiliki beberapa bagian penting untuk dipahami para pengguna sebelum menerbangkannya. Beberapa di antaranya adalah propeller, yaitu baling – baling, bisa berjumlah 2, 3,4, atau 8 untuk memberi daya angkat, pengendalian, dan penyeimbang pada pesawat kecil tersebut.

Lalu ada RC atau remote control untuk mengendalikan, kamera untuk merekam video dan gambar, gimbal untuk menyeimbangkan kamera, dan rotor berfungsi sebagai mesin penggerak dari propeller. Di mana jumlah dynamo disesuaikan tergantung dengan jenis teknologi drone yang digunakan oleh pengguna.

Selain itu ada shock absorber berfungsi sebagai alat peredam getaran, sehingga kamera tetap stabil walau sedang terbang. Kemudian ada landing skid, yaitu kaki untuk membantu proses pendaratan serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa komponen tersebut sangat penting untuk dikuasai para penggunanya.

Berdasarkan fungsinya, alat ini dibagi menjadi beberapa macam. Ada yang khusus militer, khusus konsumer, mainan, profesional, dan industrial. Masing – masing memiliki kegunaan berbeda sesuai kebutuhan. Bila Anda berencana untuk mengabadikan momen gambar dan video, maka tipe konsumer cocok digunakan.

Jenis Paling Dicari

Hingga saat ini teknologi drone terus berkembang sehingga bisa digunakan langsung oleh masyarakat. Terdapat banyak sekali jenis drone mulai dari harga murah hingga mahal. Terdapat beberapa jenis drone paling sering dicari, yaitu DJI Phantome Drone, Parrot Drone, dan Nine Eagle yang masing – masing memiliki perbedaan.

DJI Phantom Drone dilengkapi dengan fitur canggih sehingga harganya lebih mahal dari jenis lain. Terdapat fasilitas GPS yang sudah tertanam dalam pesawat kecil tersebut sehingga tidak perlu khawatir bila terbang terlalu jauh atau tinggi. GPS membuatnya mudah dicari dan dapat kembali otomatis ke lokasi remote.

Parrot drone merupakan keluaran dari perusahaan asal Perancis. Jenis ini sering kali dibandingkan dan disaingkan dengan DJI karena kualitasnya tidak kalah baik. Anda dapat bermain dengan kontrol dan VR sebagai headset. Bahkan dapat menggunakan perangkat Apple atau Android untuk menerbangkannya.

Jenis teknologi drone selanjutnya paling sering dicari adalah Nine Eagle karena relative mudah dicari serta murah. Bila Anda seorang pemula, maka jenis inilah yang disarankan. Selain itu, pengoperasiannya juga mudah dengan fitur lengkap sehingga bisa dijadikan referensi untuk belajar bagi pemula.

Masih banyak lagi jenis – jenis lainnya juga berkualitas baik. Anda juga bisa memilihnya berdasarkan jumlah baling – baling karena akan sangat berbeda. Ingatlah bahwa bila jumlah baling – baling yang banyak akan sangat seimbang dan pengendaliannya gampang, namun harganya tentu akan tinggi.

Fungsi untuk Militer dan Pekerjaan

Dahulu teknologi drone merupakan suatu alat yang dirancang khusus untuk keperluan penting militer. Bahkan hingga sekarang militer masih menggunakannya karena sangat efektif untuk membantu keperluan. Umumnya keperluan tersebut memiliki risiko tinggi sehingga tidak bisa dilakukan langsung oleh anggota militer.

Contohnya adalah mengawasi keadaan saat situasi tidak memungkinkan untuk langsung mendatangkan orang. Seperti untuk menyerang kamp musuh, melakukan pengintaian terhadap suatu target, patrol perbatasan, bahkan hal yang dilakukan saat perang antara negara konflik seperti kamikaze.

Namun tidak hanya digunakan militer, banyak sekali jenis pekerjaan lain yang membutuhkan pesawat tanpa awak ini untuk menyelesaikan kebutuhan pekerjaannya. Contohnya adalah pada saat pemetaan, sehingga lebih efektif, mudah, dan cepat untuk dikerjakan karena pemetaan umumnya memakan waktu serta uang banyak.

Pemetaan dapat berupa pemetaan pedalaman suatu Provinsi, pemetaan persawahan, perkebunan, perumahan, hingga berskala besar. Drone akan membantu pekerjaan karena hasil peta yang dibuat akan menjadi 3 dimensi. Bahkan adanya vegetasi dapat terdeteksi karena ada sensor lidar. Padahal dahulu sensor tersebut adalah alat langka dan mahal.

Selain itu, bagi para peneliti alat ini sangat membantu dan adalah salah satu alat wajib ada. Salah satunya adalah untuk penelitian situs kuno oleh para arkeolog. Umumnya arkeolog akan membutuhkan pesawat dan helicopter. Namun sekarang hanya dengan teknologi drone maka proses penelitian berjalan lebih efektif.

Fungsi untuk Dokumentasi Momen

Fungsi selanjutnya dari pesawat kecil ini adalah mengambil gambar serta video dokumentasi di momen penting. Tentunya hal ini sudah tidak asing lagi di telinga karena saat ini banyak sekali orang mengabadikan momen dengan pesawat ini. Terutama para influencer atau videographer yang paham betul mengenai pengambilan video dengan bagus.

Adanya teknologi drone ini membuat momen dapat diabadikan melalui sudut pandang yang sangat berbeda. Bila biasanya mengabadikan momen hanya dengan sudut pandang sempit, bahkan hanya selfie foto diri, namun sekarang Anda dapat mengambil momen dari jarak yang sangat jauh sehingga pemandangan juga dapat terlihat cantik.

Bukan hanya pemandangan serta momen menyenangkan saja yang bisa diambil. Namun juga momen luar biasa, seperti demo, huru hara, kejadian criminal, kecelakaan, kemacetan, dan sebagainya dapat dipantau melalui pesawat berkamera ini. Sehingga banyak digunakan oleh para wartawan untuk mengabadikan momen.

Hal tersebut sangat menguntungkan karena jangkauan kejadian secara menyeluruh dapat terekam. Dengan begitu para wartawan, pembawa berita, serta penulis dapat melihat situasi dengan sangat jelas. Hal tersebut tentunya akan mengurangi adanya kemungkinan penilaian yang kurang tepat oleh para wartawan atau masyarakat ketika melihat peristiwa penting.

Mengetahui definisinya, jenisnya, serta fungsinya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang berencana membeli baik untuk kepentingan pekerjaan atau pribadi. Asalkan Anda memahami fungsi, komponen, hingga cara penggunaannya dengan baik maka Anda dapat memanfaatkan teknologi drone ini secara maksimal untuk keperluan apapun.

TopBack to Top