Binary Options Uncategorized Asupan Durian Untuk Ibu Hamil, Apa Efeknya?

Asupan Durian Untuk Ibu Hamil, Apa Efeknya?



Berbicara mengenai efek konsumsi buah durian secara umum, ada banyak pendapat di masyarakat yang mengatakan bahwa negatif asupan durian untuk ibu hamil. Durian tidak sepenuhnya harus dikonsumsi atau tidak bisa dikonsumsi wanita mengandung. Ini tergantung kondisi tubuh masing-masing ibu, namun buah durian tentu punya segudang manfaat dalam daging buahnya.

Selain dimakan langsung, durian bisa diolah menjadi berbagai makanan atau minuman yang juga banyak pecintanya. Buah asal asia tenggara ini cukup mudah ditemui diberbagai wilayah Indonesia sepanjang tahun dan harganya cukup terjangkau.

Disinyalir membuat kolestrol meningkat jika makan dagingnya membuat durian terkenal buah jahat khususnya bagi pengidap penyakit diabetes atau memiliki kondisi jantung yang kurang sehat. Namun, kenyataannya durian tidaklah sepenuhnya buruk dikonsumsi.

Buah tropis ini diperkaya banyak nutrisi berupa vitamin hingga mineral yang berguna bagi tubuh manusia. Namun, nilai gula maupun karbohidrat terbilang besar pada daging buah tersebut membuat asupan durian untuk ibu hamil harus diperhatikan. Konsumsi berlebihan tentu sangat disayangkan dan berdampak negatif ke kondisi kesehatan.

Ibu Mengandung, Bisakah Mengonsumsi Durian?

Daging durian yang terkenal berbau khusus dan khas memang menimbulkan berbagai pendapat berbeda antar penikmatny. Sering disebut tinggi kolestrol, membuatnya sering di cap buruk bagi kesehatan. Namun, layaknya buah-buahan lainnya durian untuk ibu hamil juga punya dampak positif.

Meskipun banyak asumsi kalau durian buruk ketika dikonsumsi oleh tubuh wanita yang sedang hamil karena akan mempengaruhi keadaan bayi, namun tidak bisa di pungkiri nilai gizi dari buah tersebut. Durian secara alami diperkaya dengan nutrisi beragam dan sudah umum dikenal dengan berbagai kegunaan dari antioksidannya yang besar.

Tubuh ibu yang sedang mengandung bisa mendapat berbagai asupan yang positif dari buah ini sehingga bisa menjadi pilihan menunjang sang calon bayi semakin sehat. Wanita hamil memperoleh efek bagus jika makan daging tersebut karena mendukung terpenuhinya gizi kehamilan. Tidak ada bahaya yang berarti setelah memakan durian untuk ibu hamil maupun bayi, setidaknya belum pernah ditemukan atau ditetapkan para ahli bahwa prediksi buah durian jelek untuk ibu mengandung. 

Makan buah eksotis ini tidak sepenuhnya berbahaya bagi kondisi kehamilan, namun dengan adanya kehati-hatian. Sama seperti menjaga asupan vitamin dan makanan lainnya, mengonsumsi durian juga harus dilakukan dengan tepat. Tentu berlebihan tidak membuat manfaat buah ini semakin besar.

Dampak Durian Terhadap Tubuh Ibu Mengandung 

Untuk mendukung kesehatan janin selama dalam rahim ibunya, asupan durian untuk ibu hamil akan membawa dampak yang cukup positif. Daging buah ini memiliki banyak vitamin serta keperluan nutrien yang memberi asupan bergizi bagi sang janin dan tubuh sang ibu. Berikut beberapa contain dalam daging durian yang bagus untuk wanita hamil:

Asupan Serat

Tidak hanya wanita hamil, kebutuhan akan serat sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh manusia secara umum untuk tetap lancar. Kondisi tubuh yang sedang hamil biasanya membutuhkan asupan serat lebih banyak guna mendukung pencernaan tetap baik. Perubahan reaksi kimia dan hormonal dalam tubuh hamil sering memicu munculnya masalah pencernaan selama kehamilan.

Daging durian punya kandungan serat yang tinggi sehingga bisa jadi salah pilihan untuk pemenuh asupan serat tersebut. Dengan menjaga pencernaan tetap lancar maka ibu akan merasa lebih tenang dan sehat.

Kandungan Folat yang Baik

Untuk meningkatkan kesehatan maupun tumbuh kembang janin selama dikandungan, maka selama kehamilan khususnya pada awal kehamilan, tubuh dipenuhi dan dijaga asupan folatnya tetap banyak. Senyawa folat akan membuat perkembangan calon bayi berlangsung dengan baik dan sehat.

Buah durian memiliki kandungan senyawa folat sangat banyak sehingga baik bagi tubuh yang sedang mengandung. Asupan cukup durian untuk ibu hamil tentu berguna sebagai pendukung dalam memenuhi gizi tubuh baik calon bayi maupun ibunya.  

Menunjang Keperluan Akan Vitamin B dan C

Tubuh yang hamil secara keseluruhan memang memerlukan asupan gizi yang lebih tinggi dibanding wanita yang tidak mengandung. Guna mendukung pembentukan tubuh janin yang optimal dan sehat maka kebutuhan tersebut bagi kesehatan tubuh ibu juga harus tersedia dengan baik.

Vitamin B secara keseluruhan akan menjaga kesehatan wanita mengandung sehingga sang anak dalam kandungan juga terjamin kesehatannya. Buah ini juga memiliki vitamin B dan vitamin C sehingga bisa mendukung kesehatan yang memakannya. Sangat perlu memang menjaga kesehatan dan daya imun lebih ekstra bagi ibu mengandung dan durian bisa membantu hal ini.

Memberi Asupan Antioksidan Serta Mineral

Selain perlu memenuhi vitamin B dan C, tubuh hamil memerlukan asupan makanan dengan nilai antioksidan yang tinggi. Durian terkenal memiliki antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan kebutuhan untuk tubuh hamil.

Juga terdapat mineral penunjang pembentukan tubuh bayi dalam rahim lebih sehat dan bagus dari mengonsumsi durian. Zat besi dan mineral dari dalam daging durian untuk ibu hamil akan mempercepat pembuatan darah merah yang memang diperlukan lebih banyak dalam tubuh hamil.

Tips Memakan Durian Ketika Tubuh Sedang Hamil

Rasa daging durian yang lezat memang sering membuat orang makan terlalu banyak hingga lupa batasan. Sama halnya dengan makanan lainnya, banyaknya durian dalam tubuh akan memberi efek negatif bagi tubuh. Tak terkecuali mengenai asupan durian untuk ibu hamil memang sudah seharusnya dibatasi.

Praktisi kesehatan mengatakan bahwa konsumsi durian bagus untuk tubuh hamil khususnya saat memasuki awal kehamilan. Selain belum diteliti bahwa durian berpengaruh buruk terhadap tubuh hamil, namun vitamin serta ketersediaan nutrien dalam buah ini bisa bermanfaat untuk menunjang proses kehamilan dan kondisi tubuh calon bayi.

Memakan durian untuk ibu hamil ketika masih umur kandungan sedikit juga diduga membantu ibu melalui masa kehamilan lebih lancar sebab buah ini bisa menurunkan stess pada ibu. Akan tetapi, perlu untuk dijaga jumlah kuantitas yang masuk dalam tubuh agar tidak kebanyakan atau jika kehamilan memiliki suatu kondisi tertentu maka sebaiknya sang ibu bertanya pendapat dokter sejak awal.

Kondisi tubuh ibu mengandung yang punya riwayat penyakit gula tidak direkomendasikan memakan buah tersebut. Kandungan fruktosa atau gula pada daging buah ini akan membuat tingkat insulin dalam tubuh akan meningkat drastis. Kebanyakan asupan durian juga diduga akan meningkatkan perkembangan tubuh janin sehingga lebih gendut dan bisa mempengaruhi masa lahiran ibu nantinya.

Maka, buah eksotis ini tidak sepenuhnya buruk namun bisa bermanfaat jika dimakan dengan batasan yang tepat. Ibu dalam hal ini harus mengerti situasi tubuhnya dan bertanggungjawab khususnya ketika saat masih muda untuk memakannya dalam kategori wajar sebagai salah satu pemenuhan nutrisinya serta sang bayi lebih baik. Khusus untuk ibu yang punya masalah kesehatan maka memang sebaiknya waspada dan hati-hati makan buah ini.

Buah durian layak menjadi sumber makanan sehat jika kita mengerti mengonsumsinya dengan baik. Khusus bagi pemilik tubuh hamil, maka daging durian utuh akan lebih bermanfaat di konsumsi dibandingkan dengan memakan olahannya. Asupan olahan durian untuk ibu hamil yang sudah ditambah pemanis atau bahan lainnya malah akan membawa efek buruk dan mengurangi nutrisi buah tersebut bagi tubuh calon anak dan ibu.

TopBack to Top