Binary Options Uncategorized Nikmat Durian Musangkingg Sebagai Olahan Makanan dan Minuman

Nikmat Durian Musangkingg Sebagai Olahan Makanan dan Minuman



Durian Musangkingg sebagai olahan makanan di Indonesia cukup beragam. Durian sendiri memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda dari buah-buah pada umumnya.  Para penikmat durian mengatakan bahwa ada kerinduan tersendiri untuk memakan buah durian yang lembut dan daging tebal.

Di Indonesia ada beberapa jenis durian dengan rasa yang cukup lezat. Bahkan tidak hanya masyarakat di Indonesia, ternyata beberapa warga dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia seringkali ingin mencoba buah durian. Nyatanya saat ini buah durian memang sudah cukup terkenal sampai ke pasaran Eropa dan Amerika.

Mendengar nama dari durian ini tampaknya digelari menjadi raja dari setiap jenis durian. Banyak warga atau mungkin anda adalah salah satunya yang lebih menyukai jenis durian Musangkingg dibandingkan dengan jenis lainnya. Ini karena terdapat perbedaan sehingga membuat pilihan anda jatuh pada Musangkingg.

Anda juga pasti pernah memakan atau meminum beberapa jenis makanan olahan dengan durian sebagai bahan dasarnya. Durian Musangkingg sebagai olahan makanan serta minuman memang cukup jarang didengar tapi bukan berarti tidak pernah digunakan dalam beberapa jenis makanan.

Sebelum lebih jauh membahas mengenai beberapa makanan dan minuman olahan dari durian jenis Musangking ini ada baiknya agar anda mengetahui asal-usul serta perbedaan yang didapat dari durian Musangking dengan durian pada umumnya. Ini bisa menjadi wawasan baru bagi anda ketika hendak memilih jenis durian untuk dimakan.

Asal Usul Durian Musangkingg

Durian Musangkingg ini ternyata memiliki sejarah yang cukup unik dibandingkan sejarah durian pada umumnya. Sejarah durian ini dimulai pada tahun 1990, disaat itulah pertama kali durian Musangking diperkenalkan. Awalnya nama dari durian ini yaitu “Mao Shan Wang” yang memiliki arti yaitu kucing.

Hingga pada tahun 1993 salah satu warga yaitu Wee Chong Beng mendaftarkan jenis durian ini sebagai durian yang unggul. Pada saat itu ia memberikan nama pada durian tersebut adalah raja kunyit. Tampaknya ini karena warna dari durian yang terlihat seperti warna dari kunyit yaitu kuning pekat.

Sebelum akhirnya populer dan durian Musangkingg sebagai olahan makanan ternyata sudah menjadi buah yang memiliki kualitas sangat unggul. Bahkan di Kawasan Tanah Merah yang terletak di Kelantan Malaysia sempat heboh karena durian ini. Lalu nama Musangkingg diberikan pada durian ini karena letak pohonnya yang dekat dengan Gua Musang.

Buah durian yang berasal dari Malaysia ini akhirnya mulai populer karena petani-petani disana melakukan pembibitan dan akhirnya dapat dipanen pada tahun 2000.  Pemerintah setempat sangat mendukung para petani untuk menghasilkan buah durian berkualitas terbaik berbondong-bondong.

Perbedaan Durian Musangkingg dengan Durian Lainnya

Tidak hanya dari segi rasa yang paling utama dari durian Musangkingg, tentu terdapat perbedaan lainnya sehingga membuat durian ini memiliki penikmat banyak. Bahkan banyak warga yang rela merobek kantongnya demi bisa merasakan kenikmatan dari durian Musangkingg si raja buah.

Beberapa perbedaan antara durian Musangking dengan durian pada umumnya adalah sebagai berikut.

  1. Warna dari daging durian Musangkingg lebih menyala yaitu kuning pekat sehingga cukup mudah untuk dibedakan dari durian lainnya.
  2. Daging yang tebal juga menjadi salah satu perbedaan yang paling tampak pada jenis durian ini. Bahkan hanya terdapat biji kecil pada setiap bagian dari daging durian ini, sehingga tidak akan rugi jika sudah membelinya.
  3. Warna dari daun durian Musangking terlihat lebih hijau cerah, di bagian bawah daun berwarna keemasan atau keperakan dengan terdapat bulu-bulu bintang.
  4. Dari segi rasa durian Musangkingg memiliki ciri khas tersendiri yaitu adanya rasa pahit dan lemak yang sangat lezat. Sehingga tidak hanya manis yang gampang membuat bosan.

Makanan Olahan dari Durian Musangkingg

Bagi anda para pecinta durian Musangkingg mungkin akan merasa bosan bila terus mengonsumsi buah durian secara langsung. Sehingga kamu bisa menambah kreativitas untuk membuat berbagai jenis makanan olahan dari durian Musangkingg ini. Beberapa ide yang bisa anda coba adalah sebagai berikut.

  • Dodol Durian

Durian Musangkingg yang memiliki cita rasa pahit serta berlemak bisa dimanfaatkan untuk membuat makanan seperti dodol durian. Durian Musangkingg sebagai olahan makanan yaitu dodol durian sudah banyak dinikmati warga Indonesia. Meskipun sedikit ribet untuk mengolah jenis makanan ini tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. 

  • Pancake Durian

Daging durian Musangkingg yang cukup tebal bisa dimanfaatkan untuk membuat pancake durian. Jenis makanan ini memiliki peminat tinggi karena akan mendapatkan kualitas daging yang tebal dan juga lezat. Pancake durian cukup mudah untuk dibuat meskipun hanya terkadang hanya sebagai bahan campuran.  

  • Kue Bolu Rasa Durian

Jenis makanan satu ini memang cukup jarang didengar karena seringkali kue bolu memiliki rasa yang tidak banyak. Namun, anda bisa mencoba untuk membuat kue bolu dengan varian durian dengan memasukkan daging tebal dari durian Musangking ke dalam resep saat membuat bolu. Rasa nikmat serta campuran tepung tentu menambah kelezatannya.

  • Kolak Durian

Terakhir yang paling sering disajikan di Indonesia adalah kolak durian. Seringkali kolak durian hanya menggunakan durian pada umumnya yang tidak terlalu memiliki rasa tinggi. Anda bisa mencoba memasukkan daging durian Musangking sebagai olahan makanan kolak untuk menambah cita rasa yang semakin melekat di mulut.

Masih ada banyak jenis makanan yang bisa diolah dari durian Musangkingg. Ini juga bisa menjadi ide-ide untuk membuka bisnis atau berjualan dan mendapatkan keuntungan dari beberapa ide diatas. Tentu anda bisa menyesuaikan dengan rasa yang ingin anda dapatkan dan cocok di lidah para calon pembeli anda.

Segar dan Nikmatnya Minuman dari Olahan Durian Musangkingg

Selain dibuat untuk menjadi makanan, maka durian juga sering dibuat dalam bentuk minuman yang menambah rasa segar apalagi jika dinikmati siang-siang hari. Beberapa ide yang bisa anda coba adalah seperti di bawah ini.

  • Es Krim Durian

Salah satu jenis minuman yang paling banyak dibuat dengan durian sebagai bahan dasarnya adalah es krim. Rasa segar dari es yang dicampur dengan daging tebal dari durian sangat cocok menjadi teman ketika hari sedang panas terik. Anda juga bisa membuat es krim dengan rasa durian.

Caranya juga sama ketika anda membuat es krim yaitu dengan menghaluskan daging durian Musangkingg kemudian mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya seperti whip cream dan tepung yang akan diolah menjadi es krim rasa durian.

  • Kopi Durian

Di Indonesia sendiri kopi durian masih sangat jarang disajikan dan terdengar cukup asing tapi beberapa negara ada yang sudah membuat minuman olahan ini. Tentu akan lebih segar lagi jika disajikan dengan es batu ketika menikmatinya.

Durian Musangkingg memang cocok disajikan untuk berbagai acara atau dikonsumsi sendiri. Meskipun di Indonesia durian ini masih terbilang cukup langka sehingga perlu mengeluarkan rupiah yang banyak akan tetapi ketika sudah mencobanya maka akan ketagihan bahkan durian Musangking sebagai olahan makanan seperti campuran tapi akan tetap nikmat.

TopBack to Top