Binary Options Uncategorized Perbedaan Durian Musang King dari Jenis Lainnya

Perbedaan Durian Musang King dari Jenis Lainnya



Perbedaan durian musang king sangat mencolok akan tetapi beberapa orang kesulitan untuk membedakannya. Apalagi jika membeli dipedagang yang tidak jujur, maka anda akan mudah tertipu. Alhasil harga tinggi tersebut tidak mendapat durian musang king asli malah mendapatkan yang jenis lain. Sangat penting mengetahui perbedaannya.

(L-R) Israeli Foreign Minister Gabi Ashkenazi, German Foreign Minister Heiko Maas and UAE Foreign Minister Sheikh Abdullah bin Zayed al-Nahyan pose as they visit the Holocaust memorial prior to their historic meeting in Berlin, on October 6, 2020. (Photo by MICHELE TANTUSSI / POOL / AFP)

Siapapun akan mengharapkan hasil bagus dan mendapatkan apa yang diinginkan. Khususnya untuk pecinta buah satu ini, pasti akan mencari yang seperti ekspektasinya. Harga mahal memanglah belum menjamin buah enak atau tidak. Akan tetapi, jika membeli pada yang sudah ahlinya pasti akan mendapatkan seperti keinginan anda.

Karena itu anda perlu tahu perbedaan durian musang king dari jenis lainnya supaya tidak tertipu. Di Indonesia sendiri juga memiliki jenis buah satu ini dengan varietas berbeda-beda. Namun, tidak kalah dengan durian popular yaitu musang king dan montong. Walaupun demikian musang king tetaplah nomer satu.

Harga juga jauh lebih mahal dibandingkan durian local yang ada di Indonesia, apalagi jika impor langsung dari Malaysia maka akan sangat mahal. Oleh sebab itu, para petani di Indonesia bisa memulai menanam durian jenis musang king, selain hasilnya bagus juga memiliki harga yang lebih baik.

Meskipun begitu, juga jangan menghilangkan jenis durian lokal, harus tetap dilestarikan karena juga tidak kalah enak dengan musang king. Jika anda ingin mulai bisnis durian maka sangat dianjurkan untuk menanam yang berbeda-beda jenis. Jangan hanya 1 jenis saja, supaya semuanya tetap lestari.

Perbedaan Durian Musang King yang Perlu Anda Tahu

Seperti yang diketahui bahwa musang ing asalnya dari negeri jiran Malaysia tepatnya di wilayah kelatan. Pada tahun 90 an sudah diperkenalkan kemudian menjadi salah satu varietas unggulan yang popular hingga sekarang ini. Tidak hanya terkenal di negaranya saja, tetapi kini sudah merambah ke beberapa Negara.

Dengan buahnya yang benar-benar tebal dan rasa manisnya sungguh membuat siapa saja tertarik untuk mencicipi jenis durian ini. Perbedaan durian musang king sebenarnya tidak terlalu mencolok, bahkan jika belum dimakan hanya melihat tampilannya saja tidak akan terlihat jika ia adalah musang king.

Untuk jenis musang king sendiri memiliki bau cukup menyengat dibandingkan durian pada umumnya. Selain itu jika buahnya dibelah warnanya juga tidak kuning akan tetapi lebih gelap seperti kunyit. Selain itu bijinya kecil, oleh sebab itu dagingnya akan lebih tebal dan puas apabila disantap bersama-sama.

Dan paling penting musang king itu berasal dari negeri Malaysia. Sedangkan monthong asalnya dari negeri gajah putih atau Thailand. Tetapi selain dari Thailand ternyata di daerah Kalimantan juga sudah memiliki jenis durian satu ini dan merupakan lokal.

Perbedaan durian musang king dengan jenis lokal yang ada di Indonesia tidak jauh berbeda. Contohnya jenis durian si dodol, bahkan ia memiliki ciri-ciri hampir sama dengan musang king yaitu memiliki dagingnya buah tebal, kemudian juga warnanya hampir sama, tekstur lembut dan bijinya kecil.

Untuk durian candi mulya ini sering sekali dijumpai disetiap toko buah tepatnya di daerah jawa. Akan tetapi ia mempunyai daging tipis juga warnanya tidak terlalu mencolok. Rasanya juga tidak terlalu manis seperti jenis durian lokal lainnya.

Tips Menanam Durian Jenis Musang King

Karena sudah menjadi varietas unggulan, maka boleh untuk menanamnya di Indonesia agar penjualan lebih tinggi. Karena jenis ini tidak dapat dijual di toko buah, akan tetapi bahkan bisa masuk supermarket dengan kemasan lebih modern. Dan biasanya dijual perbiji, dalam 1 wadah 3-4 buah.

Untuk menghasilkan panen yang berlimpah dan kualitasnya bagus, maka saat akan mulai menanam harus memilih benih yang berkualitas juga. Jangan mengandalkan harga murah tetapi hasil panen tidak seusai ekspektasinya. Maka perlu sekali memilih benih berkualitas walaupun mahal, karena hal ini bisa menjadi investasi kedepannya.

Perbedaan durian musang king dengan lainnya memanglah tidak jauh berbeda, akan tetapi dengan harga tinggi maka dapat menjadi bisnis mengguntungkan dan investasi masa depan cukup bagus. Bahkan di negara asalnya, para pemilik usaha minyak kelapa sawit juga mulai merambah untuk berinvestasi jenis ini.

Setelah anda memilih benih dengan kualitas terbaik, maka paling penting berikutnya adalah memiliki lahan luas. Karena jenis musang king memiliki pohon yang terbilang tinggi daripada durian lokal. Apabila memiliki lahan luas, pastinya nanti anda dapat menanam beberapa pohon, jangan lupa untuk memberi jarak antar pohonnya.

Kemudian perbedaan durian musang king ini yaitu terdapat pada tanahnya, setiap pohon pastilah berbeda-beda. Dengan adanya perbedaan tersebut maka anda juga harus memperhatikannya agar pohon tumbuh dengan baik. Untuk musang king sendiri harus ditanam pada tanah subur dan gembur.

Kemudian saat ingin menanam, buatlah lubang dengan ukuran sekitar 50x50x50 cm. lalu pemberian pupuk juga harus memiliki kualitas terbaik, bisa menggunakan pupuk kompos atau kandang. Hal ini untuk memaksimalkan pertumbuhan pohonnya agar panen juga melimpah.

Hal yang Harus Diperhatikan saat Penanaman

Setelah anda melubangi tanah dengan ukuran tersebut maka jangan langsung menanam benihnya. Akan tetapi, anda harus membiarkan lubang tersebut sekitar 2-3 hari agar terkena sinar matahari. Hal itu dilakukan agar bakteri yang ada ditanah hilang, jika sudah baru boleh ditanami bibit.

Perlu diingat saat menanam posisi pohon jangan miring, harus tegak lurus. Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhannya. Untuk menutup lubangnya anda juga harus mencampur tanah dengan pupuk kompos juga sekam. Hal ini karena dapat menambah kesuburan tanaman dan mempercepat pertumbuhan.

Perbedaan durian musang king dengan jenis lain juga sangat terlihat dari cara penanamannya. Untuk durian lokal mungkin hampir mirip tetapi tidak seperti musang king terbilang cukup sulit. Perawatannya juga sama tetapi terdapat mungkin ada perlakuan special sedikit. Penyiraman dapat dilakukan sesuai kelembapan dimilikinya.

Penyiraman jika kelembapan tinggi dapat 1 kali atau 2 kali. Jangan berlebihan atau kurang, jika kelebihan air maka dapat membuat layu sedangkan apabila kurang pohon akan kekeringan. Selain itu pupuk juga harus rutin diberikan, dengan campuran lain agar nutrisi untuk pohonnya tetap terjaga.

Penananam pohon durian hingga berbuah dapat dihitung kisaran 3-5 tahun. Hal ini sesuai tempatnya, maka pohon saat tumbuh juga harus dapat sinar matahari yang cukup. Untuk itu penting membuat jarak antar pohonnya. Anda juga dapat memberi hormone perangsang agar lebih cepat tumbuhnya.

Hama dan Penyakit yang Dapat Mempengaruhi Pertumbuhan

Perbedaan durian musang king pada hama tidak jauh berbeda dengan durian pada umumnya. Bahkan sama saja, hal tersebut jika tidak segera diatasi maka pertumbuhan akan terganggu. Oleh sebab itu, anda harus sering mengecek bagaimana ia tumbuh apakah sesuai atau tidak.

Dengan demikian walaupun memiliki perbedaan, akan tetapi menanamnya juga tidak terlalu sulit, walaupun lumayan sedikit berbeda. Akan tetapi semua orang dapat melakukannya dan  dapat menjadi solusi bisnis cukup mengguntungkan. Sebelum membeli buah durian, maka harus teliti dan tahu perbedaan durian musang king dengan jenis lain.

TopBack to Top