Binary Options Uncategorized Beberapa Ciri-Ciri Durian Paling Dicari, Musang King Termasuk

Beberapa Ciri-Ciri Durian Paling Dicari, Musang King Termasuk



Untuk anda penggemar buah durian pasti sudah tau jenis durian paling dicari karena kualitas dan rasanya. Tetapi jika masih bingung varian yang mana memiliki kualitas dan rasa terbaik maka simak artikel ini. Karena penting diketahui agar nanti tidak merasa kecewa karena mendapatkan durian kualitas rendah.

Buah yang asli dari daratan Kalimantan ini sangat tenar di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Dengan rasa serta bau khas durian ini menjadikan banyak yang memburunya. Untuk penggemar buah durian atau biasa disebut duren ini pasti hampir segala jenis duren sudah dicoba.

Walaupun setiap varian duren memiliki keunggulan tersendiri tetapi terdapat beberapa jenis unggulan yang sangat dicari oleh para pencinta duren. Hal ini disebabkan kualitas ketebalan dan rasa pada jenis duren tersebut tebal dan legit. Jadi terdapat varian yang kurang dalam rasa serta tingkat ketebalan daging buah.

Tidak perlu khawatir setelah artikel ini membahas tentang beberapa ciri-ciri durian paling dicari kami akan membahas tentang beberapa varian duren berkualitas. Tentu kami memiliki beberapa cara untuk mengenali ciri-ciri duren dan bisa dilihat dari tampilan luarnya tanpa perlu membukanya terlebih dahulu.

Perhatikan Kulit Durian Paling Dicari ini

Anda perhatikan dan lihat pertama kali saat akan membeli buah duren pastinya kulit luarnya. Nah, penting sekali untuk anda memperhatikan beberapa detail dari kulit luarnya ini. Paling pertama adalah warna dari kulitnya, usahakan jangan memilih kulit duren yang masih hijau.

Karena kemungkinan besar buah masih belum matang dengan sempurna. Untuk lebih amannya cari kulit durian dengan warna lebih kekuningan, walaupun tidak menjamin 100 %. Setidaknya dengan ciri-ciri itu anda bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika sudah anda bisa lakukan pengecekan selanjutnya.

Yaitu perhatikan kulit luarnya apakah terdapat pecahan atau kulit terbuka pada buahnya. Jika ditemukan hal tersebut jangan sekali-kali anda memilih buah tersebut. Karena buah yang terbuka kulitnya walaupun sedikit akan mengurangi citarasa dari duren itu sendiri. Pengalaman yang didapatkan dari makan duren akan berkurang kualitasnya.

Penyebabnya adalah durian sudah bersentuhan dengan udara luar. Ciri-ciri durian paling dicari selanjutnya adalah kepadatan duri pada kulitnya. Perhatikan jika duri cenderung jarang dan lebih lebar maka nantinya daging pada duren tersebut cenderung kering. Sebaliknya jika duri pada kulit lebih rapat dan tidak lebar.

Nantinya daging duren akan mempunyai tekstur yang cenderung lebih basah. Jika beberapa hal tersebut sudah dilakukan maka pengecekan berdasarkan kulitnya sudah selesai. Selanjutnya lakukan pengecekan lebih lagi agar memastikan duren yang didapatkan mempunyai rasa dan kualitas daging buah terbaik.

Perhatikan Bentuk dari Durian Paling Dicari

Memperhatikan bentuk dari buah duren juga sangat penting. Seperti halnya cek pada kulit durian, cek bentuk ini juga dikatakan mempunyai pengaruh pada isi buahnya nanti. Hal pertama yang dijadikan patokan untuk memilih kualitas durian terbaik adalah bentuk dari durian itu sendiri.

Pada dasarnya durian berbentuk bulat ke lonjong, kali ini anda disarankan untuk memilih buah dengan kecenderungan lebih bulat. Sebisa mungkin hindari bentuk lonjong. Hal ini akan berpengaruh pada kepadatan daging buah. Jika bulat dipercaya memiliki isi lebih padat dan banyak dibandingkan dengan bentuk lonjong.

Sangat tidak disarankan untuk memilih buah dengan bentuk aneh atau tidak teratur. Kemungkinan besar terdapat ruang kosong pada isinya jadi jumlah isi buah otomatis akan berkurang. Paling tepat pilihlah yang berbentuk bulat agar isi dari buah maksimal dan tidak ada ruang terbuang di dalam.

Selain bentuk dari luarnya coba anda angkat buah durian, bandingkan dengan yang lain. Jika anda merasa buah tersebut lebih berat dari yang lain, usahakan untuk memilih buah lebih ringan. Karena kemungkinan lebih ringan akan mempunyai besar biji lebih kecil dibandingkan dengan agak berat.

Pemeriksaan selanjutnya lakukan pada tangkai buah durian, perhatikan potongan dari tangkai buah. Jika potongan halus dan rapi berarti buah adalah hasil potong sendiri, jika bekas potongan tangkai tidak rata, kemungkinan buah jatuh sendiri dari pohon. Dan durian paling dicari tentunya matang dan jatuh dari pohon.

Selain itu perhatikan tangkainya, apakah masih ada bekas getah yang masih basah. Jika iya berarti buah duren baru saja dipetik dari pohonnya. Sehingga masih dalam keadaan segar. Lebih segar lebih nikmat pastinya. Itulah beberapa ciri-ciri yang bisa dicek dari penampilan dan bentuk duren.

Pemeriksaan Lanjutan pada Durian Paling Dicari

Perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan selain dari penampilan luar dan bentuk dari duren agar mendapatkan kualitas terbaik dan tidak merasa tertipu saat membelinya. Cara ini seharusnya untuk anda ketika  sudah membeli duren sebelumnya pasti pernah melakukannya. Yaitu mencium bau dari duren.

Jika duren mempunyai bau khasnya kuat dan terasa maka buah tersebut kemungkinan besar sudah matang. Jika baunya masih kurang kuat dan hanya sedikit tercium lebih baik lanjutkan cek buah lainnya Agar mendapatkan buah dengan tingkat kematangan sempurna dan lebih legit.

Jika sudah coba duren dicek, ketuk-ketuk pada kulitnya. Yang disarankan adalah saat diketuk menghasilkan bunyi yang bergema ke dalam. Jika bunyi ketukan seperti dipantulkan jangan memilih buah tersebut karena kemungkinan masih mentah. Karena jika bunyi menggema ke dalam buah sudah matang.

Untuk saran terakhir adalah sebisa mungkin anda membeli duren saat musim kemarau. Karena membeli duren saat musim hujan rasa dari buah tersebut kemungkinan menjadi lebih hambar menjadikannya kurang nikmat. Jadi usahakan untuk membeli saat musim kemarau untuk rasa legit maksimal.

Jenis-Jenis Durian Paling Dicari

Setelah mengetahui cara dan ciri-ciri buah durian matang dan enak kami akan memberikan beberapa saran varian durian yang mempunyai kualitas unggul. Karena kualitasnya tersebut durian-durian ini menjadi tenar dan tersohor di Indonesia maupun di negara-negara yang mempunyai banyak pencinta duren.

Jenis durian berikut merupakan produk lokal ataupun internasional. Tetapi sama saja karena kualitasnya tetap unggul dan sudah dibuktikan oleh banyak pencinta durian. Yang pertama dan pasti anda sudah tidak asing lagi adalah durian Montong. Ketenaran dari durian yang berasal dari Thailand ini sudah sejak lama.

Di Indonesia sendiri mudah untuk menemukan varian Montong ini. Varian kedua juga berasal dari negara tetangga Malaysia. Yaitu Musang King atau duren dengan pengenalan awal Raja Kunyit. Dengan daging tebal berwarna kekuningan cerah menjadikannya sampai sekarang sebagai primadona didunia perdurianan.

Dari dalam negeri sendiri juga mempunyai jenis duren yang unggulan. Salah satunya durian Bawor, pada dasarnya durian ini tidak berbeda jauh dengan jenis Montong. Tetapi waktu matang buahnya lebih cepat dibandingkan dengan Montong. Rasa manis dan daging tebal membuat Bawor menjadi dilirik oleh pembudidaya duren.

Tetapi jenis Bawor ini rentan terhadap penyakit jadi perawatannya harus diperhatikan dan lebih dijaga. Durian lokal selanjutnya adalah Petruk, dari Jepara. Kelebihan dari duren ini adalah memiliki rasa manis sedikit pahit, buah tebal, pohon bisa berbuah banyak, lebih seperti Musang King versi Lokal.

Tetapi kelemahannya sama dengan Bawor yaitu, rentan terhadap penyakit. Beberapa cara memilih dan mengecek ciri-ciri dari duren sudah diketahui dan pahami. Jika sudah tentukan jenis durian paling dicari dan segera beli serta jangan lupa lakukan kiat-kiat pengecekan di atas agar mendapatkan kualitas unggulan.

TopBack to Top