Binary Options Uncategorized Budidaya Durian Musang King Janjikan Omzet Melimpah!

Budidaya Durian Musang King Janjikan Omzet Melimpah!



Budidaya durian musang king kini semakin digemari oleh sebagian besar orang. Apa penyebabnya? Tentu alasannya tidak jauh dari kualitas dari varietas tersebut yang bisa dikatakan “kelas tinggi”.

Berbeda dengan beberapa varietas lainnya, jenis ini bisa dikenal sebagai varietas unggulan dengan harga selangit. Selain memberikan rasa yang berbeda dibanding jenis lainnya, varietas ini juga dinilai memiliki rasa terbaik.

Kini Anda juga dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan budidaya durian musang king. Penasaran bagaimana langkah tepat dalam membudidayakannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Varietas Unggulan

Nama varietas ini mungkin saja tidak terdengar asing di telinga Anda. Varietas ini memang cukup populer di kalangan pecinta durian. Dengan harga yang terbilang cukup tinggi, konsumen berbondong-bondong mencari jenis ini untuk sekedar tau bagaimana rasa sesungguhnya.

Selain rasa begitu menggugah selera, ukuran dari buah ini juga terbilang jumbo. Dengan aroma semerbak khas durian kelas atas, tidak ayal pencinta buah durian yang menyebut jenis ini sebagai raja durian sesungguhnya.

Melihat potensi begitu besar, tidak sedikit juga pegiat tanaman durian menjadikan fenomena ini sebagai peluang usaha. Untuk memenuhi permintaan pasar, tidak sedikit dari mereka mulai menggeluti budidaya durian musang king.

Jika dilihat dari sejarahnya, persebaran buah ini dimulai dari wilayah Malaysia dan menyebar ke berbagai daerah seperti Sumatera hingga Kalimantan. Dengan ciri khas kulit berduri, jenis tanaman ini terkenal dengan kelezatan dagingnya.

Rasanya yang lezat juga menjadikan varietas ini sebagai buah dengan harga jual cukup mahal dibandingkan jenis buah-buahan musiman lainnya. Tidak menghebohkan jika varietas ini membuat sebagian besar wisatawan baik lokal atau mancanegara untuk mencobanya.

Sementara itu, buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kehidupan sehari hari, seperti:

  1. Mencegah terjadinya erosi khususnya pada lahan berbentuk miring
  2. Batang pohon dapat digunakan sebagai bahan dasar peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu
  3. Memiliki kualitas kayu menyerupai kayu sengon sehingga nilai jualnya juga tinggi
  4. Mengandung pati pada bagian biji sehingga dapat digunakan sebagai pengganti makanan pokok (umumnya dimasak sebagai bubur dan dicampur dengan deging buah)
  5. Bagian kulit dapat dimanfaatkan sebagai abu gosok melalui proses penjemuran hingga kering kemudian dibakar.

Melihat potensi sedemikian rupa yang diberikan oleh varietas ini, sebagian besar pegiat tanaman mulai melirik jenis ini dan mulai merintis budidaya durian musang king dalam skala besar.

Langkah Tepat untuk Budidaya Buah Durian

Jika Anda mulai tertarik untuk mengembangkan bisnis tanam durian jenis tersebut, beberapa langkah penting berikut ini wajib Anda perhatikan:

  1. Pastikan Anda memiliki lahan yang cukup disinari oleh matahari. Hal ini sangat penting untuk menjamin pertumbuhan bibit secara maksimal.
  2. Sebelum proses penanaman, pastikan lahan yang akan digunakan telah bebas dari gulma atau tumbuhan liar.
  3. Setelah proses pembersihan gulma, kemudian Anda perlu membuat lubang tanam dengan patokan jarak sekitar 25 cm.
  4. Pastikan sebelum menanam bibit, tanah mendapatkan tindakan penyuburan seperti menaburi pupuk kompos pada lubang yang telah dibuat.
  5. Untuk ukuran lubang, panjang jangan melebihi 100 cm dengan lebar sekitar 80 cm.
  6. Sebelum mulai menanam, upayakan agar lubang tanam mendapatkan cukup paparan sinar matahari selama kurang lebih 3 hari. Hal ini diperlukan untuk membunuh bakteri atau virus yang terdapat pada lubang tersebut.

Proses Pemilihan Bibit yang Bagus

Setelah Anda siap dengan lubang tanam, langkah berikutnya pada proses budidaya durian musang king yakni dengan mempersiapkan bibit. Untuk tahapan ini, hal yang perlu Anda perhatikan antara lain:

  1. Pastikan Anda mendapatkan bibit unggul dari petani yang terpercaya.
  2. Untuk lebih detailnya, Anda perlu memilih bibit dengan karakteristik sehat dan tidak jangkung, tidak terdapat kerusakan pada bagian tanaman, serta tidak memiliki riwayat terserang penyakit.
  3. Bibit yang dipilih juga harus cukup umur serta memiliki batang besar, yakni sekitar 15 cm.
  4. Setelah bibit didapatkan, langkah budidaya durian musang king selanjutnya yakni dengan proses penanaman. Proses penanaman yakni dengan memindahkan bibit tersebut pada lubang tanam yang sebelumnya telah dibuat.
  5. Pada saat proses pemindahan, pastikan bahwa akar dan batang tidak mengalami kerusakan.
  6. Sebelum memendam bibit, pastikan polybag telah dibuka seluruhnya. Kemudian urug bibit tersebut dengan tanam bekas galian sebelumnya.
  7. Setelah tahapan di atas, proses belum berhenti sampai disitu. Anda masih perlu melakukan pemupukan serta penyiraman dengan berkala untuk menjaga hasil tetap optimal.

Faktor Penting Suksesnya Budidaya Durian Musang King

Dalam usaha budidaya varian ini, Anda perlu memerhatikan beberapa aspek penting untuk menjamin lancarnya proses tersebut. Setidaknya ada tiga aspek penting dalam tahapan penanaman bibit durian sehingga dapat menghasilkan buah yang berkualitas, yakni:

  1. Varietas Unggul

Varietas durian yang unggul umumnya memiliki rasa yang manis dengan sedikit rasa pahit jika dikonsumsi. Sementara itu, karakteristik lain seperti daging yang tebal, biji kecil, bobot sedang, serta daging yang lembut juga mengindikasikan keunggulan varietas tersebut.

Sementara itu Anda juga bisa melihat kualitas sebuah komoditas ini melalui daya tahan terhadap penyakit serta produktivitas yang tinggi. Selain faktor fisik, terdapat aspek pendukung lain seperti asal indukan, kemudahan untuk didapatkan, cara memasarkan, serta hal lainnya.

Bukan hanya budidaya durian musang king yang makin populer. Berdasarkan data Kementrian Pertanian, hampir 97 varietas durian tergolong sebagai kelas unggul untuk dikembangkan, beberapa di antaranya meliputi Nanga, Matahari, Pelangi Antururi, hingga sitokon.

  • Iklim yang Sesuai

Faktor agrokilmat juga menjadi penunjang bagaimana sebuah durian bisa dikembangkan secara optimal.

Secara statistik, acuan dasar untuk curah hujan bagi penanaman varietas unggul yakni berada pada titik maksimal 3000 hingga 3500 mm per tahun dan titik minimal hingga 1500 sampai 3000 mm per tahun.

Mengingat paparan matahari menjadi faktor penting lainnya, perlu diketahui bahwa pada tahapan penanaman bibit, petani perlu menjaga keteduhan sehingga tidak terlalu terik. Suhu yang dibutuhkan yakni berkisar antara 28 hingga 29 derajat dengan ketinggian 800 mdpl.

Patokan tersebut tidak selalu pasti mengingat beberapa varian juga cocok untuk ditanam pada dataran tinggi melebihi standar tersebut. Sementara itu, jika petani menemui kendala tanah berbukit, perlu dibangun terasering untuk menjaga pertumbuhan durian tersebut.

  • Teknologi Pertanian yang Tepat

Pengaplikasian teknologi juga turut mendukung tercapainya produksi durian dalam skala besar. Agroteknologi kini mulai banyak dikembangkan. Penerapan teknologi juga perlu disesuaikan dengan lokasi atau tempat budidaya durian musang king.

Terdapat beberapa contoh penggunaan agrokteknologi seperti teknik sambung pucuk untuk proses penggandaan bibit. Teknik ini dilakukan dengan memilih batang bawah dan batang atas berkualitas terbaik yang dibuktikan dengan sertifikat.

Selain letak wilayah, penggunaan media tanam juga perlu diperhatikan. Kriteria untuk lahan semai memiliki patokan yakni 5 hingga 20 derajat kemiringan dengan tingkat keasaman PH tanah yakni 6.0 sampai 7.0. Tanah lempung dengan kandungan organik sangat diutamakan.

Melihat tingginya permintaan akan buah varian si Raja Durian di pasaran, tidak mengejutkan jika kini banyak pihak yang mencoba melakukan budidaya durian musang king untuk meraup omzet hingga puluhan juta rupiah.

TopBack to Top