Binary Options Uncategorized Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Manfaat Durian untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui



Manfaat durian untuk kesehatan ternyata cukup banyak. Memiliki daging buah dengan tekstur krim dan bau buah yang tajam ini begitu banyak dinikmati di kawasan Asia. Buah ini memang memiliki banyak penggemar.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang menghindari buah ini karena menganggap baunya yang begitu menyengat. Duren merupakan raja buah dengan berbagai macam nutrisi, manfaat dari buah ini terdapat pada kandungan mineral dan vitamin.

Duren dinilai bisa mencegah berbagai macam penyakit serta menurunkan kadar gula di dalam tubuh. Duren juga memiliki kandungan senyawa aromatik sehingga bisa memberi aroma kuat. Lantas, apa saja manfaat yang dimilikinya.

Kandungan Buah Durian yang Kaya Manfaat

Manfaat durian untuk kesehatan sangat beragam. Duren ternyata memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi. di dalam 100 gram buah duren memiliki kandungan 24 gram karbohidrat, 1,5 gram protein, 4 gram serat, vitamin A hingga 44 IU. Berikut kandungan duren selengkapnya:

  1. Memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. duren memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. antioksidan adalah zat yang bisa melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab dari penyakit berbahaya.

Bahkan radikal bebas ini menjadi penyebab dari penyakit jantung dan kanker. Radikal bebas adalah molekul yang muncul di tubuh sebagai reaksi dari metabolisme. Radikal bebas ini nantinya angkat meningkat jika Anda terpapar radiasi.

  • Serat. Buah duren juga kaya serat di dalamnya. Serat dalam makanan ini terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga sangat bagus bagi peredaran darah serta baik bagi kesehatan jantung. Inilah yang menjadi pencetus manfaat durian untuk kesehatan.
  • Kalium. Duren juga memiliki kandungan kalium yang mampu memberi berbagai macam kebaikan bagi tubuh. Terkandung 436 mg kalium. Kalium juga bisa membantu tubuh agar menjaga kesehatan tulang, otot, pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Karbohidrat. Untuk orang yang mempunyai masalah gula darah, duren juga memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. bahkan dalam satu buah ini memiliki kandungan karbohidrat hingga 150 kalori. Jumlah tersebut sangat cukup untuk menjadi sumber energi.

Manfaat Durian untuk Kesehatan Kita

Bila sudah mengetahui kandungan zat nutrisi yang berada di dalam buah duren, kurang lengkap rasanya jika tidak melihat manfaat buah ini bagi kesehatan tubuh kita. Berikut berbagai macam manfaat dari buah duren:

  1. Menyehatkan reproduksi. Sebuah penelitian mengungkapkan jika duren memiliki kandungan kadar estrogen tinggi. Begitu tingginya kadar ini tentu sangat penting untuk kesuburan wanita. Selain itu buah ini juga mampu meningkatkan stamina seksual.
  2. Meningkatkan imunitas. Buah duren akan membantu kekebalan tubuh Anda karena memiliki kandungan vitamin C tinggi. sistem kekebalan tubuh ini nantinya akan melindungi tubuh kita dari adanya pengaruh berbahaya.

Vitamin C juga sangat bagus sebagai pelawan penyakit flu, dan meningkatkan aliran darah sebagai manfaat durian untuk kesehatan. Bahkan di dalam kulit duren juga terdapat senyawa dengan sifat anti bakteri serta anti ragi.

  • Mengatasi susah tidur. Duren memiliki kandungan asam amino esensial triptofan. Kandungan zat ini akan diubah menjadi melatonin, dan hormon yang bisa mengendalikan siklus tidur. Zat ini juga bisa mengurangi gangguan tidur dalam jangka pendek.
  • Mencegah penyakit jantung. Duren mampu mengurangi kolesterol di dalam darah. Dengan dibuangnya kolesterol, duren memiliki potensi menjauhkan kita dari penyakit kardiovaskulas. Beberapa senyawa duren juga membantu mengurangi risiko aterosklerosis.
  • Manfaat durian untuk kesehatan, mencegah anemia. Duren memiliki kandungan mineral termasuk asam folat yang tinggi dan menjadi komponen penting ketika memproduksi sel darah merah. Kurangnya asam folat akan menurunkan sel darah merah yang dihasilkan.
  • Mempertahankan tekanan darah. Duren menjadi sumber potasium sangat baik dan dibutuhkan tubuh agar bisa menjaga kadar natrium menjadi tetap utuh. Asupan buah ini bisa menangkal hipertensi serta kondisi medis yang berkaitan dengannya.
  • Melancarkan pencernaan. seperti yang sudah dijelaskan, duren memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat ini bisa menjauhkan kita dari adanya sembelit, selain itu kandungan thiamin dapat meningkatkan nafsu makan.

Hindari Mengkonsumsi Buah Durian dengan Makanan ini

Walaupun manfaat durian untuk kesehatan sangat banyak, tetapi ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi bersama dengan buah duren. Bahkan jika Anda memaksakannya akan membuat kondisi tubuh menjadi kurang baik, seperti:

  1. Makanan dengan cita rasa manis. Hindari mengkonsumsi duren bersamaan dengan makanan manis. Jika mengkonsumsi duren 1 buah sekaligus dan makanan manis lainnya, dapat terjadi lonjakan gula sangat tinggi serta berbahaya.
  2. Seafood. Duren menjadi salah satu buah dengan kandungan lemak yang cukup tinggi dan seafood juga makanan yang memiliki kandungan banyak lemak. Makanan dengan kandungan lemak memerlukan waktu lebih lama agar bisa dicerna tubuh.

Ketika Anda mengkonsumsi duren, lebih baik hindari secara bersamaan juga mengkonsumsi seafood. Karena akan membuat perut menbjadi bermasalah, mungkin Anda akan merasakan mual serta rasa kurang nyaman di dalam perut.

  • Kopi. Bila Anda memiliki masalah jantung, lebih baik hindari mengkonsumsi duren bersamaan dengan kopi. Duren akan meningkatkan metabolisme sehingga detak jantung menjadi semakin meningkat, padahal kopi juga memberi efek yang sama.
  • Susu. Pasti milkshake dengan rasa duren menjadi salah satu makanan yang Anda gemar bukan. Padahal, mengkonsumsi duren bersama dengan susu bisa menyebabkan tekanan darah menjadi semakin meningkat. Jangan sampai manfaat durian untuk kesehatan tidak bisa diperoleh karena ini.
  • Daging kambing. Daging kambing memiliki termogenik tinggi. ketika diproses dalam tubuh, daging akan menimbulkan rasa panas, begitu juga dengan duren sehingga bisa memicu sensasi panas dalam tubuh.

Perhatikan Hal ini Saat Mengkonsumsi Durian

Meskipun manfaat durian untuk kesehatan begitu banyak, namun jangan langsung terburu-buru melahap buah ini dalam jumlah yang terlalu banyak. Walaupun memiliki rasa yang begitu menggoda dan aroma yang menggugah selera, Anda harus memperhatikannya dulu.

Bila Anda berlebihan dalam mengkonsumsi duren, duren akan menimbulkan rasa kurang nyaman di bagian perut contohnya seperti muntah, kembung hingga diare. Selain itu, jika menderita diabetes, lebih baik hindari mengkonsumsi duren.

Duren mempunyai kadar gula tinggi, sehingga bila dikonsumsi secara berlebihan tanpa adanya pengawasan medis, manfaat durian untuk kesehatan tidak bisa Anda rasakan malah bisa menganggu stabilnya gula darah.

Selain kurang aman untuk penderita diabetes, ibu hamil dan ibu menyusui juga lebih baik melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum ingin mengkonsumsi buah ini. Anda juga tidak dianjurkan mengkonsumsi buah duren dengan alkohol.

Buah duren memiliki kandungan zat yang mampu menghambat kinerja enzim di dalam saluran cerna. Bila pengonsumsian secara bersamaan, bisa berpotensi menimbulkan muntah, jantung berdebar dan mual.

Untuk para penikmatnya, buah duren tentu memiliki rasa yang menggugah selera, apalagi setelah mengetahui berbagai manfaatnya, pasti akan semakin bersemangat mengkonsumsi makanan ini. namun, jika Anda sedang menjalankan pola makan khusus, Anda manfaat durian untuk kesehatan malah bisa menjadi boomerang.

TopBack to Top