Binary Options Uncategorized Tips Memilih Buah Durian yang Manis dan Bagus

Tips Memilih Buah Durian yang Manis dan Bagus



Tips memilih buah durian bisa menjadi salah satu hal yang paling dicari para pecinta buah. Sebenarnya, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk memilih durian yang bagus. Pemilihan tentu saja harus dilakukan agar tidak rugi ketika membeli.

Tampilan buah durian yang terlihat sangat cantik memang terlihat menarik dan segar, tapi jangan salah, belum tentu rasa dari buah durian tersebut manis serta memiliki daging yang tebal. Buah durian menjadi buah yang begitu populer di Asia Tenggara.

Buah durian mempunyai ciri khas aromanya yang kuat, bahkan aroma kuat ini menjadi salah satu cara untuk memilih durian yang bagus dan berkualitas. Bukan hanya berdasarkan pada aroma, duri hingga tangkai juga bisa diperhatikan.

Terkadang, karena sudah terpikat dengan bau durian, kita menjadi memilih secara sembarangan, dan akhirnya setelah sampai rumah dan merasakan buah durian tersebut, kita malah kurang menyukainya karena rasanya tidak manis atau dagingnya hanya sedikit.

Tips Memilih Buah Durian yang Bagus

Jika membeli buah durian yang berada di dalam kemasan mungkin akan mudah, tetapi, jika membeli durian yang masih belum dibuka, tentu memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

  1. Perhatikan warnanya. Jangan salah, durian yang bagus tidak selalu memiliki warna yang cantik, karena cantiknya warna tidak menentukan kelezatan serta kematangan durian. Durian ada yang memiliki warna cokelat, hijau dan kuning.
  2. Perhatikan bentuknya. Pemilihan durian yang bagus bisa dengan memilih bentuk bulat. Biasanya durian dengan bentuk yang bulat mempunyai daging dengan warna kuning dan lebih matang dibanding dengan bentuk yang lonjong.
  3. Perhatikan duriannya. Duri kulit durian memang seperti hiasan atau pajangan. Cara pemilihan yang bagus bisa dilihat dari bentuk durinya, duri durian yang jarang dan pendek dipercaya memiliki rasa yang lebih manis.

Duri durian juga bisa menjadi tanda jika daging buahnya sedikit dan tipis. Namun duri yang pendek dan tebal biasanya menjadi ciri daging buah yang banyak dan tebal.

  • Tangkai durian. Tangkai durian sebenarnya mempunyai fungsi sebagai penyalur karbohidrat di batang pohon. Jika tangkainya pendek dan besar, tandanya asupan karbo dalam daging begitu banyak.

Tips memilih buah durian bisa dari tangkainya. Bila tangkai sudah kering atau tidak bergetah, berarti buah tersebut sudah lama diambil dari pohon, sehingga bila tangkai yang masih memiliki getah.

  • Perhatikan aromanya. Durian memiliki ciri khas aroma yang sangat menyengat. Bagi sebagian orang, aroma ini begitu sedap, namun ada juga yang menganggap jika aromanya sangat menganggu.

Padahal, cara pemilihan durian bisa dilihat dari aroma harumnya. Aroma durian yang tercium harum menjadi tanda jika dagingnya manis dan kuning. Anda bisa mengangkat durian dan mencium aromanya.

  • Perhatikan suaranya. Selain aroma, suara juga bisa menjadi ciri durian yang bagus. Durian yang sudah matang memiliki suara yang sedikit berat dan seperti terendam “bluk bluk bluk” bila suaranya seperti berongga, ini membuktikan jika durian sudah tidak segar.

Tips Memilih Buah Durian Berdasarkan Musim

Selain menggunakan berbagai cara di atas, sebenarnya ada cara yang cukup simple ketika ingin memilih buah durian. Anda bisa memperhatikan musim. Biasanya, ketika musim hujan, buah durian dagingnya tidak begitu manis.

Sedangkan, ketika musim panas, daging buah durian akan terasa lebih manis. Selain itu membeli durian ketika musimnya juga bisa membuat kita mendapatkan buah durian lebih manis. Ini menjadi tips memilih buah durian yang sangat mudah.

Di musim durian, buah durian banyak dijajakan di pinggir jalan dengan harga yang lebih terjangkau dan banyak variannya. Jika perlu, Anda bisa meminta bantuan pada pedagang sehingga memilihkan buah yang manis dan bagus.

Ciri Buah Durian yang Basi

Selain mengetahui tips memilih buah durian, Anda juga harus mengenal ciri buah durian yang sudah basi. Buah durian yang sudah basi tentu saja tidak boleh dimakan karena akan menyebabkan masalah pencernaan. Ada berbagai macam ciri buah durian yang sudah basi:

  1. Memiliki aroma yang asam. Tips ini berlaku ketika Anda membeli durian yang sudah dikupas. Biasanya, ketika musim durian di pinggir jalan atau di supermarket banyak penjual yang menjual durian dengan keadaan sudah dikupas.

Jika tidak memilih dengan hati-hati, bisa jadi Anda memilih buah durian yang sudah busuk atau basi. Ketika melakukan pemilihan, coba cium aromanya. Apakah tercium aroma asam di dalam buah tersebut.

Jika Anda mencium aroma yang menyengat namun bukan aroma durian segar, lebih baik jangan memilih durian tersebut, karena bisa jadi durian tersebut sudah busuk atau tidak segar.

  • Tips memilih buah durian berikutnya, jangan memilih daging terlihat basah. Selain mencium dari aroma, Anda juga bisa melihat dari tampilan daging durian. Daging durian yang sudah tidak segar atau basi memiliki tekstur yang terlihat jemek atau basah.

Biasanya, durian yang dijual di dalam kemasan akan sangat terlihat, apakah durian tersebut kesat atau malah jemek. Jika mengandung sedikit air atau bahkan malah jemek, lebih baik Anda memilih durian lainnya.

  • Daging durian terkena ulat. Tampilan daging buah yang terkena ulat menjadi salah satu ciri umum yang sangat jelas. Ini harus diperhatikan ketika Anda membeli durian kemasan. Pastikan melihat mulai dari atas hingga ke samping-samping.

Ulat yang menggerogoti durian ini bukanlah ulat berukuran besar tetapi ulat yang berukuran kecil dan memiliki warna putih, sehingga ketika ingin membedakannya dengan yang lain, akan sedikit sulit.

Tips Membeli Durian secara Online

Tips memilih buah durian di atas memang bisa dipraktekkan jika kita membeli langsung, tetapi bagaimana jika membeli secara online Ada beberapa tips yang bisa dipraktekkan ketika ingin membeli durian dengan cara online:

  1. Pilih penjual yang terpercaya. Tentu saja kunci berhasilnya membeli durian yang berkualitas adalah memilih penjual yang terpercaya. Jika membeli melalui marketplace, Anda bisa melihat komentar dan rating penjual.

Jika pembeli sebelumnya memberikan komentar yang buruk seperti durian yang dikirim adalah durian yang tidak berkualitas, rasanya kurang manis, lebih baik Anda memilih tempat lain untuk melakukan pembelian.

Selain itu Anda juga bisa melihat berapa banyak pembeli yang sudah membeli durian di tempat tersebut, apakah pembeli yang membeli durian hingga ratusan atau malah ribuan orang.

  • Tanyakan masalah pengiriman. Anda bisa bertanya dari mana mereka akan mengirim durian tersebut. Jika jarak kota Anda dan penjual cukup jauh, lebih baik memilih jasa pengantaran yang bisa mengirim keesokan harinya.

Bila pengiriman bisa dilakukan dengan menggunakan jasa transportasi online, Anda juga harus mempertimbangkan biaya ongkos pengirimannya.

Membeli durian baik durian yang masih utuh, durian yang sudah dikemas hingga membeli durian secara online memang tidak mudah. Tentu kita harus memilihnya dengan hati-hati mengingat harga buah ini juga tidak murah, sehingga jangan sampai melewatkan tips memilih buah durian di atas.

TopBack to Top