Binary Options Uncategorized Tips Budidaya Durian Musang King Agar Lekas Berbuah

Tips Budidaya Durian Musang King Agar Lekas Berbuah



Tips budidaya durian musang king cukup dicari-cari. Bagi pecinta durian, durian musang king pasti sudah tidak asing lagi. musang king ini menjadi varian durian yang sangat terkenal di Singapura dan Malaysia. musang king memiliki ciri tersendiri.

Durian yang berasal dari Malaysia ini terkenal memiliki rasa yang enak, rasa manis dengan daging yang tebal. Bahkan, karena begitu lezatnya durian musang king ini, musang king sering disebut-sebut sebagai durian pesaing monthong yang berasal dari Thailand.

Sebelum tertarik dan ingin melakukan pembelian durian musang king, akan lebih baik Anda mengenal ciri khususnya terlebih dahulu sehingga tidak terjadi kesalahan atau tidak ditipu ketika melakukan pembelian.

Mengenal Durian Musang King Malaysia

Sebelum masuk tips budidaya durian musang king, tidak ada salahnya Anda mengenal musang king terlebih dulu. Musang king di negara asalnya sering disebut dengan mao shan wang. Arti dari nama tersebut adalah raja kunyit.

Pertama kalinya musang king dikenalkan tahun 1990. Di masa tersebut daerah Tanah Merah yang berada di Malaysia bahkan heboh.

Tentu saja kehebohan tersebut disebabkan karena adanya durian yang berkualitas tumbuh dengan daging berwarna kuning, lembut, tebal serta sedikit memiliki rasa pahit. Durian musang king bahkan mempunyai biji sangat kecil dan hampir empis.

Di tahun 1993, seorang warga dengan nama Wee Chong Beng mendaftarkan durian tersebut sebagai sebuah durian unggul dan diberi nama Raja Kunyit. Munculnya nama tersebut disebabkan karena durian ini mempunyai warna daging yang mirip dengan kunyit.

Sebagian warna lain menyebut durian ini dengan nama raja kunyit musang king. Sebutan musang king ini disebabkan karena lokasi pohon yang tidak jauh dari Gua Musang yang berada di Kelantan.

Tidak membutuhkan waktu lama, musang king langsung menjadi buah bibir petani Malaysia. Bahkan petani berbondong-bondong menanam bibit durian ini dan mempelajari tips budidaya durian musang king. Di tahun 2000, musang king mulai berbuah serta bisa dipanen.

Hasil panen dari durian musang king memiliki kualitas yang sangat stabil. Inilah yang membuat durian ini semakin lama menjadi semakin berkembang. Kementrian Pertanian Malaysia bahkan mencatat varietas dari musang king ini dengan kode D-197.

Memiliki kualitas yang terjamin membuat para penikmat durian juga tidak segan untuk merogoh kantongnya agar dapat menikmati kelezatan musang king. Harga musang king memang sebanding dengan kualitasnya yang bisa dikatakan cukup tinggi.

Ketika sudah sampai di negara luar Malaysia, durian musang king bisa memiliki harga sangat tinggi karena sangat sulit mengirim buah ini ke negara lain. Di Malaysia, musang king di banderol dengan harga Rp 445 ribuan perkilogram.

Keunggulan Tanaman Durian Musang King

Tanaman durian musang king memang sangat layak untuk dibudidayakan. Apalagi tanaman durian musang king ini memiliki berbagai macam keunggulan. Berikut beberapa keunggulannya:

  1. Memiliki rasa yang juara. Kebanyakan tips budidaya durian musang king biasanya dilakukan agar durian memiliki rasa yang juara. Sebenarnya, durian ini dari asalnya memang sudah memiliki rasa yang manis serta sedikit pahit.

musang king juga mempunyai aroma yang sedikit menyengat khas durian. Bahkan rasa dari durian ini juga sangat lembut di lidah layaknya mentega dengan rasanya yang mantap inilah mengapa musang king banyak diburu.

  • Memiliki daging tebal. musang king merupakan durian dengan daging yang tebal. Warna dagingnya bahkan sangat cantik layaknya kuning kunyit seperti namanya. Dengan keunggulannya ini, tentu banyak penggemar musang king.
  • Memiliki adaptasi yang tinggi. durian musang king terkenal memiliki tingkat adaptasi yang tinggi, bibit musang king bahkan bisa tumbuh dengan sangat baik di dataran rendah sampai dataran tinggi. Idealnya, penanaman durian ini di ketinggian 400 hingga 600 mdpl seperti di sekitar Jawa.
  • Memiliki sifat genjah. Musang kingsangat mudah berbuah, bahkan dengan melakukan perawatan yang baik, panen bisa dilakukan ketika durian berumur 3 hingga 4 tahun. Hanya dengan mengikuti tips budidaya durian musang king, musang kingberkualitas akan diperoleh.
  • Memiliki market sangat tinggi. musang king memiliki nilai market sangat tinggi, harga perkilogramnya bisa mencapai ratusan ribu ketika sedang tidak musim, bahkan di tingkat produsen sudah mencapai Rp 100 ribuan perbuah.
  • Menjadi jenis durian yang populer. Meskipun berasal dari Malaysia, tetapi musang king menjadi durian yang populer di Indonesia. Banyak penggemar durian ini di Indonesia, market ini tentu sayang untuk dilewatkan.

Tips Budidaya Durian Musang King Tahap Penanaman

Tips budidaya yang paling awal adalah mempersiapkan lahan. Untuk mempersiapkan lahan, pastikan Anda memilih lahan dengan paparan sinar matahari langsung, kemudian jangan lupa membersihkan lahan dari adanya gulma.

Bila gulma sudah dibersihkan, Anda bisa membuat lubang-lubang yang nantinya ditanami durian. Buat lubang dengan jarak kurang lebih 25 cm, sebelum dilakukan penanaman, Anda bisa melakukan penyuburan tanah dengan menggunakan pupuk kompos.

Ukuran lubang yang dibuat kurang lebih panjang 100 cm serta lebar 80 cm. Sebelum dilakukan penanaman, Anda bisa membiarkan lubang terkena sinar matahari dahulu selama 3 hari agar bisa mematikan bakteri serta virus di yang ada di dalamnya.

Setelah melakukan persiapan lahan, tips budidaya durian musang king berikutnya ialah persiapan bibit. Anda bisa melakukan persiapan bibit. Dalam persiapan bibit ini, Anda bisa membeli bibit yang berasal dari petani durian. Usahakan memilih bibit yang tidak begitu jangkung, dan tidak terserang hama.

Pilih bibit durian musang king yang batangnya sudah cukup besar kurang lebih 15 cm. Jika bibit sudah dipilih, Anda hanya perlu melakukan penanaman dengan memindahkan bibit ke lubang tanam serta pastikan batang tidak rusak.

Tips Budidaya Durian Musang King Tahap Perawatan

Setelah melakukan penanaman, Anda juga harus melakukan perawatan. Perawatan dilakukan dengan cara memupuk tanaman dengan teratur. Anda bisa memupuk dengan menggunakan NPK atau pupuk kompos.

Dosis pemupukan sebanyak 1 sendok teh dan larutkan ke dalam 10 liter air. Dosis tersebut bisa Anda gunakan untuk 10 bibit. Proses pemupukan ini dilakukan sebanyak 1- hari sekali. Pemupukan juga bisa dilakukan dengan pupuk kandang yang sudah difermentasi menyerupai tanah.

Bila tanaman mengalami serangan ulat atau hama, Anda bisa melakukan penyemprotan dengan menggunakan pestisida. Tips budidaya durian musang king berikutnya, Anda juga harus memastikan jika lahan tersebut bebas dari gulma serta hama.

Pada tahap pemanenan, proses panen ini dilakukan jika tanaman sudah berusia 4 hingga 5 tahun lamanya, durian bisa dikembangkan dengan tinggi 3 sampai 4 meter saja. Di tinggi tersebut, durian musang king sudah mampu menghasilkan buah.

Dengan melakukan penanaman dan perawatan dengan benar, musang king varian unggul yang lekas berbuah bisa Anda dapatkan. Tentu saja untuk perawatannya harus dilakukan dengan benar sehingga bukan hanya sekedar membaca tips budidaya durian musang king.

TopBack to Top