Binary Options Uncategorized Cara Menanam Durian dengan Baik Supaya Lebat Buahnya

Cara Menanam Durian dengan Baik Supaya Lebat Buahnya



Cara menanam durian yang baik merupakan salah satu teknik supaya bisa mendapatkan hasil bagus serta ketika panen buahnya lebat. Dengan begitu nanti harga jualnya akan semakin tinggi dan pemilik pohon atau kebun bisa untung banyak.

Buah durian sendiri merupakan salah satu jenis buah – buahan yang sangat enak dan berasa dari Asia Tenggara. Buah ini memilik julukan di Indonesia yaitu rajanya buah sebab rasanya begitu nikmat dan terasa dibandingkan dengan buah – buah lainnya.

Buah durian sendiri juga jarang atau sulit ditemukan di negara bagian barat seperti Eropa maupun bagian baratnya lagi. Bahkan hanya di beberapa negara saja di Asia Tenggara yang mampu menghasilkan durian begitu enak serta sangat memberikan kenikmatan ketika memakannya.

Dan untuk bisa mendapatkan cita rasa nikmat dari buah satu ini, maka harus bisa menerapkan Cara menanam durian yang baik supaya lebih hasilnya maksimal. Dengan mulai memberikan perhatian ketika dari penanamannya maka hasilnya nanti akan lebih bagus dari biasanya.

Dengan mampu memberikan cara penanaman yang terbaik maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak buah serta rasanya lebih nikmat. Ini artinya keuntungan ketika menjualnya juga akan menjadi berlipat ganda, terlebih lagi apabila disertai pemasarannya bagus.

Budidaya durian sendiri juga harus hati – hati, sebab terdapat cukup banyak jenis dan ragamnya sehingga untuk memeliharanya juga ada beberapa perbedaan sedikit. Meski begitu apabila mampu dilakukan secara maksimal, maka nantinya hasilnya juga bisa sangat bagus.

Memilih Lokasi untuk Melakukan Penanaman

Sebelum benar – benar ingin menanam buah durian, alangkah baiknya Anda sudah melakukan survei terhadap beberapa lokasi. Ini dilakukan supaya lebih mudah lagi dalam memilih mana tanah yang cocok serta mampu menumbuhkan pohon sehat sehingga dapat cepat berbuah.

Pemilihan lokasi juga sangat penting supaya lebih mudah dalam merawatnya serta memeliharanya agar nantinya bisa terurus. Dengan begitu akan memberikan hasil berupa buah lebat serta terasa sangat enak dari biasanya.

Ada beberapa syarat supaya nantinya dapat sesuai dengan ekspekstasinya, dan salah satunya adalah harus berada di dataran tinggi. Lokasi yang berada di ketinggian sekitar 50 sampai 1000 meter merupakan lokasi sangat bagus dan cocok untuk ditanami buah durian ini.

Cara menanam durian di dataran tinggi juga lebih mudah serta hasilnya nanti lebih bagus jika dibandingkan dengan di dataran rendah. Selain itu tekstur tanah juga memberikan pengaruh seperti menanam di tanah lempung pasir dengan unsur hara cukup lebih diutamakan.

Dan suhu yang baik adalah suhu pada kisaran 21 derajat celcius sampi 30 derajat celcius, sangat cocok dengan dataran tinggi. Pada tanah di ketinggian ratusan meter juga memiliki curah hujan berkisar 1.500 – 2.500 mm per tahunnya sehingga lebih terawat sendirinya.

Jika lokasi sudah ditemukan serta tekstur tanahnya juga sangat cocok, maka kemungkinan untuk berhasil menggunakan cara menanam durian akan lebih besar. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lebih besar apabila bisa merawatnya dengan baik.

Memilih Bibit yang Unggul dan Bagus

Pemilihan bibit durian juga merupakan salah satu hal penting apabila ingin menekuni budidaya buah satu ini. Menggunakan bibit yang bagus, maka untuk cara menanam durian akan lebih mudah serta memberikan hasil panen lebih banyak.

Dengan memilih bibit yang bagus, Anda juga bisa menyesuaikan nantinya ketika pemeliharaannya, atau bisa dibilang lebih hati – hati. Pemeliharan terhadap buah dengan bibit bagus merupakan salah satu untuk mendapatkan panen besar.

Dalam memilih bibit sendiri usahakan untuk membeli atau mendapatkan dari varietas unggul seperti jenis durian montong, sitokong, atau lebih baik lagi musang king. Beberapa jenis tersebut terbukti memberikan rasa lebih enak sehingga harga jualnya juga lebih besar.

Selain memperhatikan bibitnya, Anda juga harus memberikan perhatian lebih kepada indukan yang bagus. Karena indukan bagus inilah nantinya bisa memberikan bibit lebih bagus lagi serta mudah untuk melahirkan bibit – bibit unggul lainnya.

Anda bisa mendapatkan bibit unggul melalui indukan dengan melakukan cangkok, sehingga nantinya bisa melahirkan bibir baru berupa pohon baru yang bagus tentunya. Dan bila ingin membeli bibit sudah jadi di tokot pertanian, maka belilah yang sudah bersertifikat.

Bersertifikasi artinya memang sudah layak uji serta dalam keadaan sehat dan terhindar dari serangan hama. Sehingga nantinya ketika ditanam akan memberikan hasil yang bagus serta pohonnya tumbuh dengan baik sebab tidak mudah diserang oleh hama ataupun lainnya.

Anda juga bisa memilih bibit yang bentuk batang utamanya tegak lurus dengan satu batang utama alias tidak bercabang. Dengan begitu nantinya pertumbuhan batang pohon hanya berfokus pada satu saja, baru menumbuhkan dahan – dahan di sekitarnya.

Kemudian bisa mencari yang diameter batangnya seimbang dengan bibit tersebut agar nantinya lebih mudah ketika menanamnya. Ada juga dengan cara okulasi yaitu pilihlah bibit dengan cabang dahannya tumbuh merata dan seimbang supaya tumbuhnya nanti lurus.

Cara Menanam Durian yang Baik

Setelah selesai melakukan pemilihan lokasi tanah serta bibit berkualitas, maka bisa langsung ke tahap penanaman dari bibit durian tersebut. Akan tetapi seorang petani harus menginpakan terlebih dahulu ke lahan supaya bisa beradaptasi terhadap lingkungan barunya.

Setelah itu Anda bisa melakukan pembersihan pada lahan tanam dengan cara mencangkul tanah agar bersih dari gulma maupun tanaman pengganggu lainnya. Ini dilakukan supaya pertumbuhan pohon bisa lebih bagus serta memberikan buah lebih lebat.

Setelah menggembukkan tanah tersebut, sebelum menaman bibitnya taburkan pupuk ke dalam tanah selama seminggu. Dalam waktu itu nantinya pupuk akan memberikan efek yang baik untuk tanah sehingga tanaman akan bertumbuh lebih baik.

Kemudian Anda bisa membuat lubang pada lahan tanam tersebut dengan kedalaman menyesuaikan pada bibitnya. Apabila ingin cara menanam durian dengan bibit lebih dari satu maka bisa membuat lubang berjarak 8 meter supaya tidak bersinggungan satu dan lainnya.

Barulah Anda bisa menanam bibit tersebut dengan memasukkannya ke dalam lubang kemudian timbun dengan tanah hingga sebatas leher akar. Anda juga harus memastikan bahwa bibir berada pada posisi tegak ketika ditanam.

Cara Merawat Pohon dengan Baik

Setelah berhasil melakukan penanaman dengan menggunakan cara menanam durian yang baik, maka selanjutnya adalah bagaimana cara merawatnya. Salah satunya adalah dengan lebih sering menyiraminya dengan air supaya dapat tumbuh dengan maksimal.

Selain itu juga harus memberlakukan sistem drainase serta pembersihan area batang dan akar supaya tidak terganggu dengan hal mengganggu. Dan cara ini bisa dilakukan secara berkala supaya dapat dipantau perkembangannya setiap hari.

Kemudian apabila tanah mulai memadat karena terlalu sering terkena siraman air, maka harus kembali melakukan penggemburan tanah. Ketika melakukan penggemburan pada tahap ini lebih baik menggunakan garpu tanam bukan cangkul untuk tetap merawat tekstur tanah.

Selanjutnya untuk tahap pemupukan bisa dilakukan ketika sudah berumur 3 bulan, kemudian dilakukan kembali setiap 4 bulan sekali sampai usianya berumur 3 tahun. Dengan melakukan cara menanam durian yang baik maka kemungkinan mendapatkan hasil maksimal lebih besar.

TopBack to Top