Binary Options Uncategorized Budidaya Musang King, Durian Lezat Legit dan Lumer

Budidaya Musang King, Durian Lezat Legit dan Lumer



Budidaya musang king kini menjadi salah satu jenis pengerjaan kebun yang cukup diminati oleh banyak orang. Musang king sendiri merupakan salah satu varietas durian dengan tingkat kelezatan diatas rata – rata, alias menjadi terbaik dari jenis lainnya.

Bukan tanpa alasan akan tetapi memang durian ini memiliki ciri khasnya tersendiri, seperti dagingnya berwarna kuning seperti kunyit. Bahkan beberapa kalangan menyebutnya sebagai raja kunyit, sebab warnya yang demikian.

Selain warna dari dagingnya, ada juga kelebihan lainnya seperti kualitas rasanya sangat nikmat, bahkan dapat mengalahkan semua jenis durian lainnya. Bahkan saking nikmatnya membuat buah satu ini memiliki nilai jual begitu tinggi untuk ukuran buah.

Selain itu ternyata durian ini tidak berasal dari Indonesia, akan tetapi para petani membeli bibit pohonnya dari negara tetangga, Malaysia. Meskipun begitu ada juga yang menyebutkan bahwa nenek moyang dari musang king merupakan durian lokal Indonesia.

Karena memiliki nilai jual yang tinggi, membuatnya menjadi salah satu opsi bagi sebagian petani yang ingin berkebun. Mereka mulai belajar dan mempraktekkan budidaya musang king untuk bisa menjualnya kembali dengan harga tinggi.

Memang durian jenis ini sangatlah enak, bahkan beberapa penikmat buah menyebutnya sebagai best of the best dari kalangan durian. Dan pada kenyataannya memang memberikan kenikmatan lebih lezat dari pada jenis lainnya, baik itu lokal sekalipun.

Budidaya Musang King Oleh Petani

Durian musang king sebetulnya mulai ditanam dan dibudidayakan oleh petani Indonesia pada tahun 2002. Akan tetapi baru benar – benar terkenal ketika memasuki tahun 2010 karena banyak orang suka dengan cita rasanya dan juga keunikannya.

Dan salah satu keunikannya lagi adalah daging dari durian musang king ini sangat tebal dan isinya kecil. Sangat berbeda dengan durian pada umumnya dimana dagingnya tipis dan isinya tebal, karena itulah banyak orang begitu menyukai jenis ini dari lainnya.

Untuk rasanya sendiri sangat nikmat, bahkan orang – orang mengatakan sebagai jenis durian terbaik dari lainnya sebab cita rasanya tersebut. Di sisi lain sebab begitu terkenalnya musang king hingga menjadikannya memiliki nilai juga sangat mahal untuk ukuran buah.

Untuk bisa membelinya saja harus merogoh kocek sebesar 280.000 perkilonya, benar – benar tinggi nilai jualnya. Selain itu apabila ingin budidaya musang king juga harus membeli bibitnya dari luar negeri, tepatnya di negeri Jiran Malaysia sehingga membuatnya mahal.

Para petani juga harus memperlakukan secara khusus jenis satu ini dibandingkan lainnya, sebab lebih mudah terserang penyakit tanaman. Pemberian pupuk juga harus yang terbaik, intinya semuanya harus serba istimewa supaya bisa menghasilkan buah terbaik juga.

budidaya musang king juga harus mulai diperhatikan ketika memilih bibitnya, menentukan lahan lokasi tanamnya, penanamannya hingga perawatannya. Semua itu harus benar – benar diperlukan perhatian lebih supaya pohon dapat tumbuh normal dan menghasilkan buah terbaik.

Anda bisa juga sambil membaca artikel tentang penanaman serta perawatan durian musang king apabila tertarik dengan usaha buah ini. Akan tetapi modal yang cukup besar serta kesabaran ekstra juga diperlukan, sebab semuanya juga butuh proses untuk berkembang.

Pemilihan Bibit Berkualitas untuk Mendapatkan Kualitas Terbaik

Untuk bisa mendapatkan hasil yang berkualitas, Anda juga harus memulainya ketika memilih bibit dengan kualitas terbaik. Dengan begitu nantinya dapat menghasilkan yang terbaik juga, terlebih lagi perawatannya juga bisa lebih mudah karena kondisinya bagus.

Dalam budidaya musang king, memilih bibit berkualitas sendiri sebaiknya pilihlah yang sudah memiliki sertifikasi dari pihak toko pertaniannya. Dengan begitu bisa dipastikan bahwa bibit tersebut sehat dan terhindar dari penyakit tanaman lainnya sehingga ketika ditanam lebih mudah.

Salah satu ciri dari bibit yang sehat adalah ukurannya tidak terlalu jangkung kemudian dahan dan daunnya tidak rusak. Itu mengindikasikan bahwa bibit tersebut memang sehat dan siap untuk dibudidayakan kembali, sehingga petani akan lebih mudah dalam merawatnya.

Selain itu juga bisa memilih yang batangnya besar dan usianya sudah cukup untuk ditanam kembali. Kemudian batang pohonnya juga harus tegak lurus sehingga nantinya ketika tumbuh dapat bagus sebab pertumbuhannya akan ke atas sehingga menghasilkan lebih banyak dahan.

Itu merupakan beberapa ciri khas apabila Anda ingin mendapatkan bibit melalui pembelian yang sudah jadi. Apabila ingin budidaya musang king tanpa modal juga bisa yaitu dengan melakukan cangkok kepada pohon yang usianya sudah matang yaitu 5 tahun ke atas.

Cangkok terhadap indukan pohon durian sendiri juga dirasa cukup moncer untuk melakukan budidaya, sebab mendapatkan batang langsung dari pohon terbaik. Sehingga nantinya para petani akan lebih mudah merawatnya serta mendapatkan hasil seperti indukannya.

Selain cangkok juga bisa dengan cara okulasi, yaitu dengan memilih benih yang bekas sambungannya sudah hilang atau telah menyatu sempurna dengan dahannya. Selain itu pastikan cabang dahan tumbuh merata dan seimbang, supaya ketika tumbuh nantinya bisa lurus.

Kulit batangnya berkerak sama persis dengan batang pohon dewasa, yang menandakan bahwa memang berasal dari pohon dewasa terbaik. Dengan begitu petani akan mudah untuk kembali menanamnya dan perawatannya sebab seperti merawat indukannya.

Proses Penanaman dan Perawatannya Terbaik

Untuk budidaya musang king sendiri harus memberikan perawatan terbaik sejak dini, artinya sejak memilih bibit. Jika sudah mendapatkan bibit berkualitas maka tahap selanjutnya bisa dengan melakukan proses penanaman pada lokasi yang bagus.

Lokasi juga memberikan pengaruh besar kepada pertumbuhan pohon durian, untuk itu sebaiknya memilih tanah di dataran tinggi. Sebab nantinya curah hujan lebih tinggi sehingga pasokan air lebih banyak dan tentunya perkembangan dan pertumbuhannya lebih cepat.

Setelah apabila ingin melakukan penanaman, maka sebaiknya menginpakan bibit durian tersebut pada tanah lokasi tanamnya. Dengan begitu nantinya bibit akan lebih mudah untuk beradaptasi pada tanah barunya tersebut, sehingga pertumbuhan dapat lebih cepat.

Anda bisa menggembukkan tanah di lokasi tanam kemudian memberikannya pupuk dan biarkan selama seminggu. Kemudian buat lubang pada lokasi tersebut, dan barulah menanam bibitnya dengan hati – hati ke dalam lubang tadi.

Masuk Pada Waktu Panen Buahnya

Pohon durian musang king baru bisa dipanen apabila sudah memasuki usia 5 tahun, sehingga para petani harus sabar untuk menunggunya. Di sisi lain para petani juga harus terus memberikan perawatan terbaik kepada pohon tersebut hingga sudah waktunya panen.

Jika pada umumnya durian lokal membutuhkan waktu 8 sampai 10 tahun baru bisa panen, berbeda dengan durian musang king ini yang hanya butuh 5 tahun saja. Selain itu dalam panennya bisa selama satu sampai dua bulanan.

Untuk periode panennya sendiri dalam setahun bisa sampai dua kali, tepatnya pada bulan desember januari, dan juga Juni Juli. Dalam waktu tersebutlah para petani akan mulai menyiapkan berbagai alat untuk panen untuk memanen hasil dari kebunnya tersebut.

Waktu panen sendiri merupakan salah satu hari raya bagi para petani durian, sebab bisa mendapatkan banyak buah kemudian menjualnya kembali dengan harga tinggi. budidaya musang king memang sulit akan tetapi apabila ditekuni dengan baik maka hasilnya sangat menguntungkan.

TopBack to Top