Binary Options Uncategorized Durian Musang King, Manis Legit Rajanya Buah Durian

Durian Musang King, Manis Legit Rajanya Buah Durian



Siapa yang tidak kenal dengan jenis buah satu ini, yaitu durian musang king dengan cita rasanya yang sangat nikmat dan daging legitnya. Sehingga membuat buah ini menjadi salah satu paling dicari oleh sebagian masyarakat Indonesia, terutama penikmat buah.

Durian memang menjadi salah satu makanan berupa buah yang cukup digandrungi oleh masyarakat Indonesia, sebab rasanya sangat enak. Akan tetapi ternyata buah durian sendiri tidak hanya ditemukan di Indonesia saja, akan tetapi beberapa negara juga ada.

Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia merupakan beberapa negara penghasil buah durian selama ini. Wajah bila dikatakan bahwa buah ini berasal dari Asia Tenggara karena memang negara penghasilnya dari wilayah tersebut kebanyakan.

Dan tentunya durian sendiri ada beberapa jenisnya tergantung dari ukuran, warna, serta cita rasanya dapat membedakan satu jenis dengan lainnya. Beberapa dari jenis tersebut juga terkadang menjadi idola dalam beberapa tahun karena memang lagi musimnya.

Contoh saja yang sekarang sedang terkenal dan dicari oleh banyak orang adalah durian musang king. Jenis ini sangat terkenal beberapa waktu terakhir bahkan hingga saat ini, bukan tanpa alasan akan tetapi memang memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan lainnya.

Salah satu ciri khasnya adalah memiliki daging yang tebal dan legit, akan tetapi isinya kecil serta warnanya kuning seperti kunyit. Berbeda dengan durian lain yang dagingnya tipis dan isinya besar, akan tetapi jenis ini memang sangat unik serta begitu nikmat.

Durian Musang King dari Luar Negeri

Dari sekian banyaknya berita tentang durian jenis ini, tahukah Anda bahwa ternyata bibit dari pohonnya berasal dari luar negeri tepatnya Malaysia. Awalnya penanaman bibit pohon ini dimulai sejak tahun 2002, dan baru terkenal bahkan menjadi best seller pada tahun 2010.

Memang negeri Jiran memiliki cukup banyak bibit pohon durian yang berkualitas, sehingga sangat cocok apabila dibudidayakan di Indonesia. Terlebih lagi sebagian besar penduduk Indonesia sangat menyukai buah ini jika dibandingkan dengan yang lain.

18 tahun durian musang king sudah ada di Indonesia akan tetapi baru benar – benar terkenal dan disukai banyak orang adalah dari tahun 2010, artinya baru 10 tahunan. Meski begitu kepopulerannya bisa mengalahkan jenis – jenis durian lokal, karena keunikannya tersebut.

Salah satu yang menarik dari jenis ini adalah warna dari dagingnya kuning seperti kunyit, bahkan sering juga disebut sebagai raja kunyit. Selain itu dagingnya juga tebal dan isinya kecil tidak seperti durian pada umumnya yang justru sebaliknya.

Sedangkan untuk rasanya sendiri juga boleh diadu dengan jenis lainnya, karena memiliki keunikan tersendiri dimanan rasanya creamy manis dan legit. Intinya durian ini menjadi terbaik dari yang terbaik semua jenis durian sebelumnya.

Salah satu keunikannya lagi adalah meski rasanya dominan manis, akan tetapi juga ada rasa semburat pahitnya ketika dimakan. Meskipun beberapa orang menyukai jenis durian tertentu dan berbeda – beda, akan tetapi jangan sampai lupa untuk mencoba durian musang king ini.

Sedangkan untuk harganya sendiri bisa dibilang cukup mahal jika dibandingkan dengan lainnya, sebab memang masih baru serta bibitnya dari luar negeri. Selain itu cita rasanya juga menjadi terbaik dari terbaik, sehingga membuatnya memiliki nilai jual sangat tinggi.

Ciri Khas Durian Musang King

Apabila Anda ingin mencari durian ini di pasaran, maka harus bisa membedakannya dengan jenis lainnya. Meskipun pada umumnya bentuk dari durian itu sama semua, akan tetapi untuk yang ini ada perbedaan cukup jelas, yaitu terdapat tanda star di pantat buahnya.

Jadi ketika membeli Anda harus jeli dalam melihat ciri – cirinya salah satunya adalah memiliki tanda star terletak di pantat buahnya. Jangan sampai tertipu dengan beberapa durian lain, meski memang dari segi bentuk secara umum memang sama.

Sedangkan untuk bibitnya sendiri memang berasal dari negara tetangga yaitu Malaysia, tepatnya dari Tanah Merah Kelantan. Akan tetapi ada cerita mengatakan bahwa nenek moyang dari durian musang king ini berasal dari Indonesia, bukan dari sana.

Pihak Malaysia sendiri melakukan percobaan persilangan sehingga menghasilkan musang king ini, akan tetapi tidak diketahui jenis apa yang disilangkan. Oleh karena itu beberapa pihak tidak bisa mencoba membuatnya karena memang tidak diketahui persilangan antara apa dengan apa.

Meski begitu durian ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi, yaitu berada pada kisaran 280.000 per kilogramnya. Harganya sangat berbeda jauh dengan jenis lainnya, sebab memang memiliki cita rasa dan tekstur daging lebih baik dari jenis lain.

Dan salah satu alasan kenapa durian ini memiliki nilai jual yang tinggi selain karena rasa dan dagingnya, adalah sebab perawatan pohonnya lebih sulit. Hal ini yang menjadikannya cukup langka di beberapa daerah, sebab memang butuh perhatian khusus ketika membudidayakannya.

Jika dilihat secara lebih detail lagi, pohon durian musang king ini sangat rentan terhadap penyakit, sehingga memang membutuhkan perawatan lebih baik dan pupuk khusus. Dengan begitu nantinya bisa membuatnya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Salah satu penyakit yang menyerang pohon musang king ini bernama cancer, dan bila sudah terkena maka harus segera ditebang. Itu berarti sudah tidak bisa dikembangkan lagi karena sudah tidak dapat memberikan hasil yang baik.

Perawatan untuk Durian Musang King

Seperti sudah dijelaskan diatas, pohon durian jenis ini harus mendapatkan perawatan khusus serta pupuk terbaik agar dapat tumbuh dengan baik juga. Anda tidak boleh melakukan perawatan secara asal – asalan sehingga malah nantinya akan membuat rugi banyak.

Jika dirawat dengan asal – asalan maka kemungkinan terbesarnya adalah pohon tidak dapat berbuah lagi, sehingga harus segera ditebang. Untuk bisa menggunakan beberapa cara seperti meninggikan tanah ketika menanamnya sebab pohon durian cocok dengan ketinggian.

Selain itu dalam pemberian pupuk juga harus dilakukan secara teratur, sehingga nantinya perkembangannya bisa cepat dan terhindar dari penyakit tanaman dan sejenisnya. Pupuknya bisa menggunakan jenis kompos maupun NPK.

Apabila ada tanda – tanda pohon terserang penyakit, maka Anda harus segera melakukan penyemprotan pestisida agar segera sembuh. Selain itu pastikan bahwa di kebun tersebut tidak terdapat gulma, terutama pada bagian tanah – tanahnya.

Masa Panen Setelah Berusia 5 Tahun ke Atas

Dan setelah melakukan berbagai perawatan yang intensif terhadap pohonnya, maka Anda akan mendapatkan hasilnya ketika masuk waktu panen. Akan tetapi pohon baru bisa dipanen apabila sudah berusia 5 tahun ke atas, jika di bawahnya masih belum bisa.

Setelah masuk usia 5 tahun nantinya pohon ini akan berbuah selama setahun bisa dua kali, yaitu pada bulan Juni dan Juli serta Desember dan Januari. Tapi ada juga yang mengalami keterlambatan atau bahkan juga bisa lebih cepat dari biasanya.

Salah satu penyebab keterlambatan atau percepatan panen adalah karena jarak penanamannya yang dilakukan pada waktu berbeda. dengan begitu membuatnya bisa saja datang pada bulan lebih awal atau bulan setelahnya.

Sedangkan dalam sekali panen biasanya bisa dilakukan selama kurang lebih satu ataupun dua bulanan. Selama waktu itu Anda bisa mendapatkan hasil panen cukup banyak, serta dijual dengan harga tinggi sebab durian musang king ini nilai jualnya sangat mahal.

TopBack to Top