6 Tahapan Budidaya Durian Musang King yang Benar

Durian adalah salah satu dari banyak tanaman tropis di Asia Tenggara. Nama durian sendiri berasal dari bentuk buahnya yang berduri. Buah dari tanaman ini sering digunakan sebagai bahan pembuatan kue, dodol, es krim, dan lain-lain. Salah satu yang paling terkenal adalah durian musang king asal Malaysia.

Buah yang satu ini terkenal di Malaysia dan Singapura. Durian ini dikenal karena dagingnya yang tebal dan manis. Saat ini pertumbuhan durian musang king sangat menjanjikan, terutama di negara-negara seperti China. Bagaimana tips budidaya durian musang king? Mari kita simak pembahasannya bersama-sama, jangan lupa beli durian musang king di Durian Sultan.

6 Tahap Budidaya Durian Musang King

Secara umum, Panduan Pertumbuhan Durian Musang King harus memperhatikan poin-poin penting seperti cara pemilihan bibit, persiapan lahan, pembuatan lubang penanaman, mulai penanaman, pemupukan hingga tahap perawatan.

Namun, supaya lebih jelas dan tepat saat melakukannya, berikut adalah enam hal secara berurutan dan langkah demi langkah bagaimana budidaya durian musang king yang baik dan benar.

1. Pemilihan bibit

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum budidaya durian musang king yakni dengan memilih bibit diantaranya sebagai berikut:

  1. Pilihlah bibit durian musang king dari pucuk utama
    Bibit durian sebaiknya diperoleh dari cangkok pucuk agar sifat-sifat unggul induk durian musang king diturunkan kepada keturunannya dan tumbuh lebih cepat.
    Bibit hasil perbanyakan benih bisa membuat tumbuhan durian musang king menjadi berbeda dengan induknya dan memperlambat pertumbuhannya.
  2. Jika bibit durian musang king masih muda, jangan taruh di tempat yang langsung terkena matahari.
    Perhatikan juga bahwa ketika biji durian musang king masih muda, mereka tidak boleh terkena sinar matahari langsung setiap saat. Jika hal ini dilakukan, bisa terlihat bahwa bijinya belum kuat dan daunnya bisa mati atau rusak.
    Oleh karenanya pada benih masih muda ini diberikan tempat teduh untuk mencegah kerusakan sambil mengoptimalkan pertumbuhan.
  3. Pilihlah batang bibit durian yang lurus
    Dengan memilih bibit durian musang king dengan batang lurus, pohon tumbuh lebih baik dan maksimal. Mengapa? Batang ini berperan sebagai saluran vegetatif ke seluruh bagian pohon durian.
  4. Lihatlah daun durian musang king
    Tanaman durian musang king memiliki ciri khas berupa daun yang agak runcing. Berbeda dengan jenis durian jenis lainnya yang pada bentuk daunnya yang bulat. Selain daunnya, Anda juga bisa membedakan biji luwak durian berdasarkan warnanya biasanya berwarna kuning kehijauan
  5. Periksa ketinggian bibit
    Cara selanjutnya adalah dengan selalu mengecek ketinggian pohon bibit durian musang king. Bibit yang berkualitas baik biasanya tingginya sekitar 1 atau 1,5 meter.
  6. Pada ketinggian seperti itu, mereka biasanya melalui proses pertumbuhan yang sangat baik. Dengan begitu, Anda akan memiliki cukup batang dan akar yang kuat kala menanam di luar ruangan.
  7. Cek kondisi bibit harus sehat dan tidak ada hama apapun.
    Ketika memilih bibit untuk budidaya pohon durian musang king, Anda harus mengecek lebih dalam apakah bibit yang digunakan sehat dan tidak terkena hama apapun. Sehingga nantinya, pohon durian musang king yang dimiliki bisa tumbuh dengan sempurna.

2. Persiapan lahan

Berikut adalah persiapan lahan yang harus dilakukan ketika akan membudidayakan durian musang king:

  1. Melakukan pembersihan lahan dari gulma atau tanaman liar.
  2. Singkirkan pohon yang menghambat masuknya cahaya matahari

Jika hal-hal tersebut tidak dilakukan, tanaman durian musang king tidak bisa tumbuh sempurna dan terganggu pertumbuhannya.

3. Pembuatan lubang tanam

Untuk pembuatan lubang tanam durian musang king, harus mengikuti beberapa aturan seperti berikut:

  1. Lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm untuk bibit berukuran 1 meter lebih.
  2. Jika bibit sudah lebih tua dan bagus, buatlah lubang yang terkena cahaya matahari langsung selama 2-3 hari untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri dalam lubang tanam.
  3. Pemberian pupuk dasar pada lubang tana.

Berikan pupuk kandang yang sudah kering selama 1-2 hari sebelum lubang tanam digunakan.

4. Penanaman

Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan penanaman bibit durian musang king di rumah atau taman:

  1. Perhatikan jarak antar tanaman durian musang king yakni 8 x 8 meter atau 10 x 10 meter.
  2. Korek sedikit lubang tanam kemudian buka pembungkus bibit
  3. Masukan bibit durian musang king ke dalam lubang tanam dan tumpuk lagi dengan tanah.
  4. Jangan lepaskan bibit durian musang king terlalu masuk ke dalam tanah atau sampai ke batangnya.
  5. Bibit harus bersih saat ditanam.
  6. Urug sedikit tanah melingkar kemudian tutup permukaannya dengan jerami.
  7. Lakukan penyiraman di musim kemarau.

5. Pemupukan

Proses pemupukan bibit durian musang king adalah sebagai berikut:

  1. Menyiramkan pupuk pada bagian bawah bibit tanaman durian musang king dengan dosis yang tertera pada kemasan pupuk.
  2. Ketika bibit sudah berusia 3 bulan dan tumbuh hingga tingginya mencapai 1-2 meter, berikan pupuk kandang sebanyak 1/4 karung.
  3. Lakukan lagi pemberian pupuk kandang dengan dosis yang sama ketika bibit tanaman sudah berusia 1-2 tahun.

6. Perawatan

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat merawat tanaman durian musang king. Salah satunya adalah penyiangan agar tanaman durian terhindar dari gulma dan tanaman liar lainnya. Ini akan membuat durian tumbuh sejahtera, berbuah dan  sehat.

Selain itu, ada beberapa perawatan lainnya yang harus dilakukan sebagai berikut:

  1. Penjarangan buah
    Penjarangan buah durian dimaksudkan agar pohon terhindar dari kematian dan energi selama proses pembuahan. Penjarangan mempengaruhi kelangsungan hidup, rasa buah, ukuran buah, serta frekuensi pemupukan setiap tahun.
    Penjarangan biasanya terjadi segera setelah bunga jatuh. Begitu bunga jatuh, hari berikutnya harus dilakukan penjarangan (jangan ditunda).
  2. Penyiangan
    Penyiangan diperlukan setidaknya memiliki lubang yang berdiameter ± 1 m dari pohon durian. Hal ini dilakukan untuk menghindari persaingan antara tanaman yang tumbuh dan rumput di sekitarnya.
  3. Pemangakasan
    Proses pemangkasan pada pohon durian musang king sangat penting dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan dan pembuahan.
    Biasanya, pemangkasan bermula dari akar hingga pohon yang sudah mati atau rusak dan tidak bisa lagi menumbuhkan buah durian musang king.

Itulah beberapa informasi soal panduan membudidayakan durian musang king yang mudah dan tepat. Semua hal yang sudah dilakukan tersebut diharapkan bisa manambah wawasan kita tentang membudidayakan durian musang king.