5 Wifi yang Cocok untuk Daerah Terpencil, Wajib Tahu!

Untuk yang berada di daerah terpencil, seperti pedesaan dan pegunungan atau  daerah yang jauh dari perkotaan, tidak perlu khawatir lagi. Karena sudah ada provider penyedia layanan wifi yang cocok untuk daerah terpencil.

Karena seringkali dialami banyak orang ketika memasang wifi terkendala di lingkungan yang sulit dijangkau internet. Meski berbagai upaya sudah dilakukan oleh penyedia layanan wifi, tetap saja masih banyak daerah terpencil yang belum bisa di jangkau oleh layanan penyedia wifi.

Apa Saja Wifi yang Cocok untuk Daerah Terpencil?

Saat ini internet sudah menjadi teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Terutama di era serba online ini, akan terjadi banyak masalah jika koneksi internet tidak lancar.  Tentunya hal tersebut dapat menghambat  berbagai pekerjaan.

Dikarenakan internet yang tidak lancar di berbagai sektor akan terhambat baik dari sektor perekonomian, pendidikan, keuangan, komunikasi, dan masih banyak lagi. Namun bisa saja dikarenakan daerah tersebut masuk dalam wilayah yang sulit dijangkau internet.

Tapi sekarang sudah ada layanan wifi yang bisa digunakan di daerah terpencil dengan koneksi yang stabil. Apa saja wifi yang bisa digunakan di daerah terpencil?  Berikut ini rekomendasi layanan wifi yang bisa digunakan di daerah terpencil:

1. IndiHome

Banyak yang merekomendasikan IndiHome sebagai layanan wifi yang cocok untuk daerah terpencil. Karena  pelayanan  yang dikeluarkan oleh PT. Telkom, Tbk ini mendapat sebutan sebagai jaringan merakyat karena mampu menjangkau  daerah pelosok.

Bahkan saat ini PT. Telkom, Tbk siap meluncurkan kreasi dari IndiHome yang bernama Direct to Home (DTH) dan Indihome Sky. Produk ini tidak menggunakan kabel fiber optic. Produk  ini siap meluncur ke pulau Kalimantan.

Dengan adanya Direct to Home (DTH) dan Indihome Sky, penduduk yang tinggal di daerah terpencil, dapat menikmati layanan tersebut tanpa khawatir jaringan buffering.

2. First Media

Untuk provider selanjutnya, wifi yang cocok untuk daerah terpencil adalah First Media. Sekarang ini di First Media sudah ada layanan baru untuk dapat menggunakan koneksi internet dengan cepat dan mudah meskipun berada di daerah terpencil.

Produk  ini bernama Satelit HTS (High Throughput Satellite). Sangat wajar sebagai provider wifi pertama sudah sepantasnya  First Media memberikan pelayanan terbaik khususnya masyarakat di daerah yang jauh dari jangkauan internet.

Satelit ini yang bisa memberikan layanan akses data sampai dengan 100Gbits. Dan sudah  terbukti hadirnya layanan ini sangat membantu mempermudah komunikasi penduduk yang tinggal di daerah terpencil.

Namun sayangnya untuk saat ini Satelit HTS masih dibatasi penggunaannya untuk kalangan  bisnis atau lembaga saja. Di antaranya sektor yang bergerak dibidang pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan pariwisata. Jadi untuk saat ini belum bisa masuk ke perumahan.

3. WiFi NET1

WiFi NET1 merupakan provider layanan wifi yang dapat memberikan internet sampai ke perumahan. Karena saat ini ada provider baru yang memberikan layanan wifi yang cocok untuk daerah terpencil dengan jaringan 4G yang dapat menjangkau perumahan penduduk sampai pelosok.

Biayanya pun terjangkau. Karena biasanya untuk bisa mengakses internet ke daerah yang terpencil provider membutuhkan biaya yang sangat mahal.

Dikarenakan NET1 layanan provider wifi yang menggunakan teknologi dengan frekuensi rendah, jadi untuk keberadaannya  tidak hanya berada di satu daerah saja.

4. Internet Satelit UBIQU

Pasifik Satelit Nusantara, merupakan perusahaan satelit milik swasta pertama di Indonesia, yang menjadi provider penyedia layanan internet satelit dengan memakai VSAT adalah UBIQU. Kecepatan UBIQU dapat mencapai 10 Mbps bahkan di daerah terpencil sekalipun.

UBIQU di-design sebagai layanan wifi untuk daerah terpencil agar dapat menjangkau internet. Sehingga komunikasi pada era lockdown ini tidak terhambat.

Satelit UBIQU menawarkan beberapa paket berlangganan yang disesuaikan dengan kemampuan pengguna. Di antaranya:

  • Ada paket FIT, akses internet FIT berdasarkan kuota yang digunakan pelanggan. Jadi pengguna dapat membatasi penggunaan internet.
  • Lalu ada juga paket BIG,  untuk yang terbiasa menggunakan akses internet unlimited dapat menggunakan paket ini.
  • Selanjutnya Paket MAX, merupakan paket baru dari UBIQU.
    Untuk yang menyukai paket unlimited dengan harga yang terjangkau bisa berlangganan paket MAX.
  • Dan yang terakhir paket SINYALKU. Paket ini dikhususkan untuk usaha, yang juga menyediakan layanan untuk pembayaran online.

5. MIFI

Bagi yang suka bepergian ke daerah terpencil atau sedang naik gunung, modem wifi portable ini sangat bisa diandalkan. Mifi ini sudah menggunakan jaringan 4G LTE dan 3G. Dengan kemampuan kecepatan download hingga 150 mbps.

Mifi ini bisa digunakan di daerah terpencil. Meskipun smartphone yang digunakan tidak mendukung 4G LTE, namun ketika terhubung ke MIFI ini maka dapat merasakan kecepatan data yang signifikan seperti menggunakan smartphone 4G LTE.

Dengan menggunakan wifi yang cocok untuk daerah terpencil, masyarakat di pelosok tentunya dapat memanfaatkan internet sebagai sarana penunjang pendidikan terutama di era serba online ini. Selain untuk pendidikan, bisa juga digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukan secara virtual.