6 Cara Meningkatkan Views Youtube untuk Tugas Sekolah Daring

Bosan belajar di rumah dengan tugas yang semakin menumpuk? Hal ini memang wajar terjadi apalagi jika guru sering memberikn tugas video dan harus mengunggahnya di Youtube. Dengan begitu, tidak jarang murid yang mencari cara meningkatkan views Youtube agar nilai tugasnya baik.

Youtube sendiri merupakan sebuah media yang sering digunakan untuk mengupload video, baik itu untuk kebutuhan konten hingga akademis. Jika Anda sedang mencari cara bagaimana meningkatkan viewers video tugas yang diunggah, simak ulasan berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

Tips Agar Tidak Penat Belajar di Rumah

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menambah viewers Youtube gratis, sebaiknya ketahui terlebih dulu bagaimana strategi tepat untuk menghilangkan penat saat belajar daring agar proses akademis bisa berjalan menyenangkan hingga pandemi berakhir.

  • Seringlah luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai.
  • Buat kelompok belajar kecil.
  • Pilih tempat belajar yang nyaman.
  • Gunakan metode belajar yang sesuai.
  • Jangan lupa berdoa sebelum belajar.
  • Jauhkan ponsel saat belajar.
  • Gunakan humidifier untuk membuat suasana tenang.

Beberapa tips mengatasi stress belajar di masa pandemi tersebut dapat Anda lakukan agar nantinya semua materi yang diajarkan bisa masuk ke otak. Lalu, apa yang harus dilakukan jika guru sering memberikan tugas video dan harus mengunggahnya ke Youtube?

Cara Meningkatkan Views Youtube Untuk Tugas Sekolah Daring

Sejak pandemi berlangsung, semua sistem pendidikan beralih menjadi online. Hal ini pun membuat media pengumpulan tugas menjadi berubah dan tidak jarang guru yang menggunakan Youtube sebagai sarana mengumpulkan tugas video.

Namun, sayangnya tugas ini malah membebani murid. Selain harus take video puluhan hingga ratusan kali, jumlah penonton video juga kadang menjadi salah satu penunjang baik atau buruknya nilai yang diberikan.

Untuk membantu Anda mendapatkan viewers Youtube yang banyak, Anda bisa menggunakan beberapa cara meningkatkan views Youtube ini.

1. Perhatikan Trend

Meskipun channel yang Anda miliki khusus untuk membuat konten tugas, tetapi tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan trend guna meningkatkan penonton video. Anda bisa memasukan sejumlah keyword yang sedang viral pada judul video agar mudah ditemukan oleh banyak orang.

2. Gunakan Judul yang Menarik

Semakin menarik sebuah judul yang Anda buat, maka tidak menutup kemungkinan video tersebut akan sering ditonton oleh pengguna Youtube. Oleh karena itu, buatlah judul yang mengunggah orang banyak untuk mengklik video Anda.

3. Buat Konten Tugas yang Informatif

Selain menggunakan judul yang menarik, jangan lupa juga untuk membuat video tugas yang informatif agar penonton ikut terbantu dengan konten Anda. Tambahkan juga visual dan audio yang menyenangkan agar pengunjung tidak bosan menontonnya.

4. Buat Playlist

Cara meningkatkan views Youtube yang selanjutnya adalah dengan membuat Playlist. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk memisahkan setiap tugas berdasarkan kategori yang diinginkan seperti kategori Mata Pelajaran.

Cara ini sangat ampuh untuk membantu penonton melihat pilihan video yang Anda unggah sesuai dengan subjek yang mereka minati.

5. Manfaatkan Fitur Cards dan End Screen

Kedua jenis fitur Youtube ini dirancang khusus untuk membantu creator meningkatkan jumlah viewers. Anda dapat menggunakan keduanya untuk mempromosikan sejumlah video tugas lainnya yang telah dibuat agar ditonton oleh pengunjung channel.

Fitur Card sendiri berupa deretan video yang akan muncul saat penonton menekan tombol tanda seru di bagian pojok kanan video, deretan video ini dapat diatur oleh Anda sendiri. Sedangkan End Screen adalah fitur yang dapat mempromosikan video lain di akhir video.

6. Gunakan Thumbnail yang Menarik

Thumbnail yang menarik menjadi salah satu cara menambah viewers Youtube 2021 yang paling ampuh untuk dilakukan. Pasalnya, sebelum penonton mengklik video Anda pastinya mereka akan melihat Thumbnail atau gambar sampul terlebih dulu.

Jika Anda membuat gambar depan yang unik dan menarik, maka pastinya banyak pengguna yang akan menekan video tersebut. Masukkanlah teks atau kata-kata yang singkat dan padat, tetapi mampu memberikan minat bagi pengguna untuk menonton video Anda.

Selain melakukan 6 cara meningkatkan views Youtube di atas, jangan lupa untuk meningkatkan kualitas konten yang dibuat. Bukan hanya untuk mendapatkan penonton yang banyak, tetapi semakin Anda menggunakan effort lebih maka nilai yang akan diberikan oleh guru pun semakin tinggi.