iOS vs Android? Inilah Perbandingannya yang Wajib Diketahui

iOS vs Android tidak pernah henti menjadi perdebatan di kalangan pengguna smartphone. Bukan tanpa alasan, kedua sistem operasi ini memiliki keunggulan serta kekurangannya tersendiri yang bisa dipertimbangkan oleh pengguna.

Smartphone menjadi salah satu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh berbagai kalangan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Karena itulah banyak pengguna ponsel pintar yang masih bingung memilih iOS atau Android.

Pertimbangan Memilih iOS vs Android

Kedua sistem operasi ini memiliki pasar sendiri di bidang teknologi. Biasanya, masyarakat golongan atas menggunakan iOS karena memiliki harga yang lumayan mahal, tetapi hal ini tentunya sebanding dengan kualitas yang disuguhkan oleh iOS.

Beda halnya dengan Android, sistem operasi ini umumnya digunakan oleh semua kalangan karena harganya yang lebih terjangkau sehingga semua orang mampu membelinya. Lalu, lebih nyaman menggunakan pake iPhone atau Android? Simak pertimbangannya berikut ini.

1. Kelebihan iOS

iOS adalah sistem operasi yang dirancang oleh Apple menggunakan bahasa program C++, C, dan Objective-C. Produk smartphoneyang menggunakan sistem operasi ini adalah iPhone dan juga iPad, keduanya memiliki kelebihan seperti:

a. Performa Lebih Unggul

Tidak seperti Android, iOS memiliki performa yang lebih unggul. Hanya bermodalkan RAM 2 GB saja iOS sudah mampu menampung berbagai jenis aplikasi dan game tanpa mempengaruhi kecepatan ponsel itu sendiri.

b. Keamanan Lebih Terjamin

Perdebatan antara iOS vs Android ini bisa dipertimbangkan dari segi keamanan yang dimana iPhone lebih baik. Apple membekali setiap produknya dengan sistem keamanan yang super ketat.

Bahkan sebelum diduplikasi, aplikasi yang Anda unduh pun akan diperiksa agar terhindar dari malware.

c. Kinerja Lebih Cepat

Untuk masalah kinerja, iOS juga lebih cepat daripada Android. Pasalnya, iOS dibekali dengan prosesor eksklusif yang khusus digunakan oleh produk Apple saja.

Bionic hanya bisa digunakan untuk sesama iOS, berbeda dengan prosesor Android yang bisa digunakan oleh berbagai perangkat ponsel.

2. Kekurangan iOS

Meskipun dibekali dengan 3 kelebihan di atas, ternyata sistem operasi iOS juga memiliki kekurangannya tersendiri yang harus Anda ketahui agar bisa dipertimbangkan saat hendak memilih iOS vs Android.

a. Daya Baterai Boros

Sudah bukan hal aneh lagi jika produk Apple kurang dari segi baterainya. Apalagi jika smartphone tersebut sering digunakan untuk kegiatan berat, dijamin baterai akan cepat habis sehingga Anda harus membawa power bank dan charger kemanapun.

b. Tidak Mendukung Aplikasi Ketiga

iOS memiliki toko aplikasi sendiri yaitu App Store yang hanya bisa digunakan oleh pengguna Apple saja. Produk ini tidak mendukung aplikasi pihak ketiga, jadi Anda tidak bisa mengunduh aplikasi dari luar toko resmi Apple.

3. Kelebihan Android

Android adalah sistem operasi dari Google yang bersifat open source. OS ini terbilang lebih fleksibel dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan pengguna. Sekarang Anda juga harus mempertimbangkan apa saja kelebihan Android yang tidak kalah dari iOS.

a. Harga Lebih Murah

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa Android cocok digunakan oleh berbagai kalangan karena harganya yang lebih terjangkau. Tidak hanya itu, spesifikasi yang disuguhkan juga lebih unggul dan dapat dipilih sesuai budget pengguna.

b. Lebih Mudah Dimodifikasi

Tidak seperti iOS, Android adalah OS open source yang bisa di custom sesuai selera pengguna. Anda bisa memodifikasi aplikasi, ROM. dan spesifikasi lainnya secara bebas. Hal inilah yang menjadi kelebihan Android dibandingkan iOS yang paling menonjol.

c. Kapasitas Baterai Lebih Besar

Perbandingan antara iOS vs Android yang selanjutnya dapat dilihat dari kapasitas baterai. Hampir semua perangkat Android memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan memiliki fitur fast charging sehingga pemakaiannya lebih efisien.

4. Kekurangan Android

Android juga memiliki sejumlah kekurangan. Untuk mengetahui informasinya, langsung saja simak berbagai kekurangan Android berikut ini:

a. Sistem Keamanan Kurang

Pengguna Android sering menjadi target kejahatan karena sistemnya yang mudah diretas. Pasalnya, hacker dapat dengan mudah menyelipkan virus ke Google Play yang dimana ini merupakan toko resmi Android saat hendak mengunduh aplikasi.

b. Memori Boros

Meskipun dibekali dengan memori yang besar, tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan penggunaan yang lebih boros.

Smartphone Android membutuhkan ruang yang lebih besar untuk bekerja di belakang layar sehingga penggunaan memorinya lebih tinggi apalagi jika Anda memiliki banyak aplikasi.

c. Kamera Kurang Alami

Jika bertanya tentang lebih bagus kamera iPhone atau Android? Maka jawabannya adalah kamera iPhone yang menyuguhkan hasil lebih alami. Kamera iPhone juga lebih unggul jika Anda sering menggunakan filter karena hasilnya tidak akan pecah.

Jadi, Lebih Baik Menggunakan iOS atau Android?

Setelah melihat apa saja kelebihan serta kekurangan antara iOS dan Android, maka lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang Anda miliki.

Jika Anda memiliki budget Rp4 juta keatas dan hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari saja, maka belilah iPhone versi terbaru dengan sistem operasi iOS.

Namun jika Anda hanya memiliki budget rendah, tetapi akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan harus mengunduh banyak aplikasi, maka gunakanlah Android. Bahkan, kini sudah banyak smartphone Android yang memiliki spesifikasi tinggi.

Dari perbandingan antara iOS vs Android di atas, apakah membantu Anda? Segera tentukan pilihan Anda sekarang juga.