5 Timnas Terbaik Asia Menurut Peringkat FIFA 2022

FIFA, induk organisasi sepak bola internasional telah mengeluarkan daftar peringkat tim nasional terbaru negara-negara di dunia. Dengan daftar ini, kita dapat mengintip siapa saja yang termasuk dalam deretan timnas terbaik Asia menurut peringkat FIFA pada tahun 2022 ini.

Sekadar informasi, peringkat pertama FIFA 2022 jatuh kepada Timnas Belgia, kemudian disusul Timnas Brazil dan juga Timnas Prancis. Lantas, bagaimana dengan negara-negara di Benua Asia? Deretan negara dengan timnas terbaik pastinya akan masuk di daftar ini, seperti berikut:

Daftar Timnas Terbaik Asia versi FIFA 2022

Tim nasional dari negara-negara yang akan disebutkan pada daftar berikut ini merupakan timnas dengan peringkat terbaik di FIFA, khusus untuk wilayah Benua Asia. Negara mana sajakah yang termasuk ke dalam daftar terbaik? Cek keseluruhannya di daftar berikut:

1. Tim Nasional Iran (Peringkat 21)

Tim nasional negara Asia yang berhasil mencetak sejarah dengan menduduki peringkat tertinggi FIFA saat ini adalah Iran. Seperti yang sudah diumumkan FIFA, Iran berhasil menduduki posisi ke 21 yang berarti tidak ada perubahan peringkat sejak November tahun 2021 lalu.

Dengan perolehan peringkat ke-21 ini, membuat Iran menjadi timnas yang mengungguli negara-negara kuat lainnya, seperti Maroko, Serbia, bahkan Chile. Iran juga merupakan salah satu negara Asia yang mampu bersaing untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Timnas Iran dipastikan lolos ke Piala Dunia 2022 di posisi dua besar grup A putaran ketiga di kualifikasi zona Asia. Dengan penampilan luar biasa dan pencapaiannya selama ini, Iran memang pantas disebut sebagai negara dengan timnas sepak bola terbaik Asia.

2. Tim Nasional Jepang (Peringkat 23)

Jepang juga termasuk ke dalam daftar timnas terbaik Asia, karena telah menduduki posisi ke-23 peringkat Asia alias dua peringkat di bawah Iran.

Pencapaian ini merupakan prestasi terbaik Jepang, karena berhasil baik tiga peringkat setelah sebelumnya menempati posisi ke-26 FIFA pada Desember 2021 lalu.

Kenaikan peringkat yang didapatkan oleh Timnas Jepang terjadi dikarenakan kemenangan dua partai kualifikasi Piala Dunia 2022 yang digelar pada Januari dan Februari tahun 2022. Jepang juga merupakan salah satu negara Asia yang berhasil lolos untuk berlaga di Piala Dunia tahun 2022 ini.

Tim yang dilatih oleh Hajime Moriyasu ini memang pantas berlaga di level internasional, karena skill pemain serta permainannya sangat luar biasa. Tak heran jika Jepang berhasil mengoleksi gelar Piala Asia terbanyak, yakni empat kali di tahun 1992, kemudian 2000, 2004, dan terakhir tahun 2011.

3. Tim Nasional Korea Selatan (Peringkat 29)

Tak hanya unggul di bidang entertainment, Korea Selatan membuktikan bahwa tim nasional sepak bola mereka juga unggul dibandingkan negara-negara Asia lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan peringkat FIFA yang didapatkan, yakni peringkat 29.

Sebelumnya, Korea Selatan menduduki posisi ke-33 pada Desember 2021 lalu, dan kini mulai merangkak naik hingga empat peringkat sekaligus.

Sedangkan menurut sejarah, Korea Selatan pernah menduduki peringkat ke-17 Asia pada tahun 1998 dan peringkat tersebut merupakan pencapaian terbaik Korea Selatan selama ini.

Tak hanya itu saja, Korea Selatan juga berhasil merebut tiket emas untuk berlaga di Piala Dunia tahun 2022. Salah satu pemain Korea Selatan yang diturunkan untuk berlaga di Piala Dunia 2022 adlaah Son Heung-min selaku kapten timnas yang juga bermain di tim Tottenham Hotspur.

4. Tim Nasional Qatar (Peringkat 52)

Di Piala Dunia 2022 nanti, Qatar menjadi tuan rumah dan tak disangka-sangka timnasnya juga termasuk tim nasional terbaik Asia karena berada di posisi ke-59 FIFA 2022.

Meskipun peringkatnya turun, karena sebelumnya Qatar berada di posisi 48 namun permainan yang mereka tampilkan tetap luar biasa. Meski sudah dipastikan lolos dan bisa bermain di Piala Dunia 2022, Qatar masih tetap mengikuti babak kualifikasi sebagai persiapan mereka.

Timnas Qatar berhasil tampil memukau di babak kualifikasi dan berhasil meraih kemenangan sebanyak 7 dari 8 laga yang dimainkan. Namun, Timnas Qatar tidak melanjutkan ke putaran ketiga dan hingga Desember 2021 belum bertanding lagi, sehingga tak heran peringkat mereka turun dari 48 ke 52.

Untuk persiapan Piala Dunia 2022, Qatar mendatangkan Xavi Hernandez untuk membangun sepak bola Qatar khususnya klub Al Sadd.

5. Tim Nasional Arab Saudi (Peringkat 53)

Sedangkan di urutan kelima ada Tim Nasional Arab Saudi yang merupakan negara Asia di Timur Tengah. Menurut peringkat FIFA 2022, kini Arab Saudi berada di posisi 53 satu tingkat di bawah Qatar.

Peringkat ini merupakan sebuah penurunan, karena sebelumnya Tim Nasional Arab Saudi berhasil menduduki posisi ke-51. Nah, salah satu penyebab penurunan peringkat FIFA 2022 ini dikarenakan kekalahan Arab Saudi di kualifikasi Piala Dunia ketika melawan Timnas Jepang.

Padahal, pertandingan tersebut adalah langkah terakhir untuk bisa berlaga di Piala Dunia 2022. Namun, Arab Saudi harus berjuang lebih lama lagi dan pada akhirnya berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 setelah berhasil mendapatkan skor imbang atas China, yakni 1-1.

Jadi, dapat dipastikan kita akan melihat penampilan heroic Tim Nasional Arab Saudi di Piala Dunia tahun 2022 yang akan digelar di Qatar November – Desember mendatang. Kelima tim nasional di atas merupakan timnas terbaik Asia menurut peringkat FIFA 2022.

Dari daftar diatas, pastinya para pecinta sepak bola tidak heran mengapa negara Iran, Jepang, Korea Selatan, hingga Arab Saudi masuk ke kategori terbaik di musim 2022. Pasalnya, penampilan heroic mereka sangat menawan, sehingga patut diacungi jempol.