4 Fitur Tersembunyi di YouTube yang Belum Banyak Diketahui

YouTube adalah salah satu aplikasi berbagi video paling banyak digunakan dan populer di dunia. Meski layanan ini cukup populer dan memiliki banyak pengguna, namun sayangnya masih banyak orang yang tak tahu fitur tersembunyi di YouTube ini.

Karena tanpa kita sadari bahwa aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur di dalamnya, dan setiap fitur memiliki fungsi tersendiri. Berikut penjelasannya:

Fitur Tersembunyi di YouTube yang Belum Banyak Diketahui

Setiap aplikasi pastilah memiliki fitur tersendiri, termasuk YouTube yang juga memiliki fitur dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Tapi selain fitur yang biasa ada di YouTube, ketahuilah fitur tersembunyi di YouTube berikut ini:

1. Watch Later

Watch Later

Fitur pertama yang belum banyak orang tahu adalah fitur watch later, fitur ini bisa digunakan untuk menonton video yang menarik tapi tidak bisa langsung nonton sekarang. Maka pengguna bisa membookmark video ini dengan fitur tersebut.

Sehingga video tersebut akan tersimpan di dalam bookmark yang nantinya bisa pengguna lihat dan tonton kapan saja saat memiliki waktu di fitur watch later ini. Cara menggunakannya cukup sederhana, yakni tinggal klik titik tiga yang ada di sisi kanan lalu klik opsi watch later.

2. “gif”

gif

GIF bisa menjadi salah satu cara mengekspresikan diri dengan mudah pada saat mengobrol di dalam chatting bersama dengan teman. GIF sendiri biasanya dibuat dan diambil dari potongan film, video atau kejadian apa saja yang ada di internet.

Nah, jika pada saat nonton video dengan aplikasi YouTube lalu menemukan ada sesuatu yang lucu dari video tersebut. Sehingga ingin dijadikan sebagai GIF. Maka caranya gampang. Karena YouTube memiliki fitur rahasia ini.

Tambahkan saja ‘gif’ pada bagian depan url yang ada pada video YouTube. Contohnya dari:

“https://www.youtube.com/watch?v=gi1H-c7-zMM’.

Menjadi:

‘https://www.gifyoutube.com/watch?v=gi1H-c7-zMM’.

Selanjutnya pengguna akan langsung diarahkan menuju website www.gifs.com untuk membuat GIF. Selanjutnya atur saja video GIF sesuai dengan keinginan.

3. Nonton Video Cepat

Nonton Video Cepat

Saat menonton video di YouTube sebagian besar pengguna akan menuliskan keyword dari video yang akan ditontonnya. Cara ini dilakukan untuk membuat orang lain tertarik untuk menontonnya.

Maka untuk itu agar bisa menonton video secara cepat tanpa harus menggeser time bar maka pengguna bisa menambahkan #t# dan akhiri dengan url video YouTube dengan menit dan detik yang diinginkan.

Contohnya:

#t=02m10s pada akhir url video YouTube.

M sendiri menunjukkan menit sedangkan S menunjukkan detik atau second. Dan Nect bisa dilakukan hanya dengan klik Enter.

4. Kode Pintas Rahasia

Kode Pintas Rahasia

Membahas mengenai fitur tersembunyi di YouTube tidak akan lengkap tanpa membahasa kode pintas yang ada pada YouTube. Sayangnya tidak banyak pengguna yang mengetahuinya. Pada kode pintas rahasia ini sangat berguna sekali.

Karena kode kode ini memiliki fitur untuk mempercepat pengoprasian dari YouTube sehingga nonton akan lebih mudah dan menyenangkan. Kode pintas rahasia ini cukup mirip dengan yang ada pada Microsoft Word, seperti:

  • CTRL+S untuk menyimpan dokumen
  • CTRL+C untuk mengcopy
  • CTRL+V untuk mempaste

Selain itu masih ada banyak sekali kode pintas rahasia yang biasanya dihafalkan oleh para pengguna Microsoft Word. Sama halnya dengan kode pada Microsoft Word, sebaiknya pengguna juga menghafal kode pintas yang ada pada YouTube. Berikut ini adalah kode-kodenya, hafalkan ya!

  • K adalah kode yang bisa digunakan untuk Play atau Pause pada video.
  • M adalah kode yang bisa digunakan untuk Mute atau Unmute pada video.
  • J adalah kode yang bisa digunakan untuk Mundur 10 detik ke belakang.
  • L adalah kode yang bisa digunakan untuk Maju 10 detik ke depan pada video.
  • ↑ adalah kode yang bisa digunakan untuk Menambah volume suara pada video.
  • ↓ adalah kode yang bisa digunakan untuk Mengurangi volume suara pada video.
  • > adalah kode yang bisa digunakan untuk Menaikkan playback speed video.
  • < adalah kode yang bisa digunakan untuk Menurunkan playback speed video.
  • Angka 0 adalah kode yang bisa digunakan untuk Kembali ke awal video.
  • Angka 1 hingga 9 adalah kode yang bisa digunakan untuk Memainkan video mulai dari 10 – 90%.

Sudah tahu kan, apa saja fitur tersembunyi di YouTube yang bisa dihafal dan digunakan karena memiliki fungsi yang berguna bagi penggunanya.