Drama Adu Penalti Mewarnai Hasil Euro 2021 Italia Vs Spanyol

Setelah melalui pergulatan cukup panjang, tim nasional Italia akhirnya merebut posisi sebagai pihak yang berhak untuk maju ke final Euro 2021. Hasil Euro ini diperoleh setelah Italia berhasil mengalahkan Spanyol sebelumnya pada semifinal yang dilangsungkan di Stadion Wembley, London, Inggris. 

Akan tetapi, hasil pertandingan Italia melawan Spanyol pada semifinal saat itu harus ditentukan melalui adu penalti. Pasalnya, kedua tim berhasil mencetak skor imbang 1 lawan 1 yang terus bertahan sampai extra time atau babak tambahan selesai. 

Susunan Pemain Italia Vs Spanyol

Susunan-Pemain-Italia-Vs-Spanyol

Ketika waktu normal, Italia lebih unggul berkat aksi ciamik dari Frederico Chiesa yang berlangsung pada menit ke-60. Namun, pada menit ke-80 Spanyol juga berhasil menyamakan kedudukannya berkat gol yang dilayangkan oleh Alvaro Morata. 

Saat babak adu penalti, Italia juga memastikan kemenangannya dengan skor 4 – 2 yang membuatnya berhak untuk terus maju ke babak final Euro 2021. Hasil Euro ini membuat Italia akan bertemu dengan pemenang duel antara Denmark dengan Inggris yang juga akan dilangsungkan di Stadion Wembley.

Baik skuad Italia maupun Spanyol sama-sama diperkuat oleh sejumlah nama yang cukup terkenal di dunia sepak bola. Berikut informasi susunan pemain Italia dan juga Spanyol. 

Italia

Italia

Italia menerapkan formasi 4-3-3 dengan daftar pemain yang terdiri atas Immobile, Insigne, Chiesa, Verratti, Jorginho, Barella, Emerson, Chiellini, Bonucci, Di Lorenzo dan Donnarumma. Tim ini diasuh oleh pelatih Roberto Mancini. 

Sedangkan di kursi cadangan, sudah ada Sirigu, Toloi, Florenzi, Bastoni, Berdadeschi, Cristante, Acerbi, Pessina, Berardi, Belotti, Locatelli, Meret dan Sirigu. 

Spanyol

Spanyol

Sama dengan Italia, Spanyol juga menerapkan formasi 4-3-3. Sedangkan para pemain Spanyol terdiri atas Oyarzabal, F Torres, Olmo, Koke, Pedri, Busquets, Azpilicueta, Garcia, Laporte, Alba dan Simon. 

Lalu di kursi cadangan tim Spanyol diisi oleh Traore, Ruiz, rodri, Gaya, Alcantara, Moreno, Morata, M Llorente, Pau Torres, D Llorente, Sanchez dan De Gea dengan pelatihnya adalah Luis Enrique. 

Jalannya Pertandingan Italia Vs Spanyol

Jalannya-Pertandingan-Italia-Vs-Spanyol

Pertandingan Italia vs Spanyol berlangsung cukup alot. Selain menghabiskan waktu normal sesuai aturan, mereka juga menambahkan dua extra time karena skor yang berimbang. Dari tambahan waktu ini bahkan pemenang masih belum juga diketahui sehingga dilakukan babak adu penalti. 

Baru setelahnya hasil Euro untuk pertandingan Italia vs Spanyol bisa diketahui. Berikut alur pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh Italia sebelum masuk ke babak final. 

Awal Babak Pertama yang Mengancam dari Italia

Di awal babak pertama, Italia memberikan ancaman langsung melalui sepakan dari Nicolo Barella, gelandang Inter Milan. Pemain ini melancarkan bola ke gawang Spanyol, namun sayangnya bola hanya mengenai tiang gawang.

Berkat tendangan yang meleset ini, Unai Simon selaku kiper tim Spanyol tidak perlu melakukan banyak hal. Akan tetapi tidak lama setelah ancaman pertama diterima oleh Spanyol, hakim garis mengangkat bendera yang digenggamnya.

Bendera yang diangkat tersebut menjadi tanda bahwa Barella sebenarnya sudah dalam posisi offside sebelum melancarkan tembakan. Usai serangan yang mengejutkan dari Italia, Spanyol mulai menguasai bola. Bahkan penguasaan bola mereka mencapai 65% pada 25 menit pertama. 

Hal yang mengagumkan ialah dari balik persentase tersebut, Spanyol telah berhasil mencatat sebanyak 208 operan yang sukses. Selain itu, Spanyol juga melancarkan tiga tembakan dan satu tembakan diantaranya tergolong dalam shot on target. 

Shot on target tersebut diperoleh berkat aksi dari Dani Olmo yang terjadi pada menit ke-25. Dani Olmo mendapatkan ruang tembak setelah menerima bola dari Mikel Oyarzabal, rekannya. Tembakan dari Dani Olmo memang mengarah ke gawang. 

Akan tetapi gol berhasil digagalkan oleh Gianlugi Donnarumma, sang kiper Italia. Kiper ini melompat dan menepos bola yang disepak oleh Dani Olmo sehingga gol milik Spanyol tidak terjadi. Hingga saat ini terjadi, Italia belum juga melancarkan satupun tembakan sampai mencapai menit ke-40. 

Sementara di sisi lain, Spanyol menambah dua tembakan, namun sayangnya juga tidak menghasilkan gol. Italia baru memberikan tembakan di akhir babak pertama, di mana tembakan tersebut melambung di atas gawang dan skor berakhir 0-0. 

Babak Kedua dengan Hasil Skor 1-1

Berakhirnya babak pertama dengan skor 0-0 membuat Italia gagal untuk yang pertama kalinya mencatatkan tendangan shots on target di babak pertama sejak final Euro 2000. Ini memang sangat disayangkan sekali. 

Akan tetapi di babak kedua, Italia banyak melancarkan tembakan dan membuahkan hasil pada menit ke-60. Akibatnya, kedudukan berubah menjadi 1-0 berkat tembakan dari Federico Chiesa. Tembakan dari pemain sayap Juventus ini rupanya tidak bisa dihalau oleh kiper Spanyol. 

Dengan berubahnya posisi ini, Italia masih saja melancarkan serangan namun sayangnya, peluang yang ada tidak kunjung berubah menjadi gol. Sementara itu, Spanyol terus berusaha mengejar ketertinggalan dan gol pertama berhasil tercetak pada menit ke-80 sehingga kedudukan berubah menjadi 1-1. 

Gol pertama milik Spanyol didapatkan oleh Alvaro Morata yang sebelumnya berada di kursi cadangan dan masuk ke lapangan menggantikan Ferran Torres. Dia berhasil memasukkan bola ke gawang lawan dengan memanfaatkan assist Dani Olmo. 

Skor ini terus bertahan hingga babak kedua usai. Akibatnya, pertandingan Italia melawan Spanyol berlanjut ke extra time atau babak tambahan waktu. 

Babak Tambahan

Babak tambahan pertama Spanyol sangat dominan. Mereka berhasil menguasai bola dan bahkan melancarkan tiga tembakan sekaligus. Dari ketiga tembakan tersebut, dua diantaranya tercatat sebagai shots on target. 

Dalam waktu yang singkat bisa melancarkan dua shots on target benar-benar merupakan hal yang patut dibanggakan. Di sisi lain Italia malah sebaliknya. Mereka seolah tidak memiliki kesempatan dan terus bertahan agar gawang tidak dibobol lagi oleh Spanyol. 

Aksi bertahan dari Italia ini tergolong sukses walaupun Donnarumma, kiper muda Italia harus ikut andil dalam menjaga gawangnya. Tercatat beberapa kali Donnarumma mampu mengeluarkan timnya dari kondisi sekarat dengan kepiawaiannya dalam menghalau bola yang akan masuk ke gawangnya. 

Begitu masuk ke babak tambahan yang kedua, ganti Italia yang melancarkan serangan. Mereka bahkan berhasil menggetarkan gawang Spanyol namun sayangnya gol menjadi tidak sah karena si pesepak, yaitu Berardi sudah berada dalam posisi offside. 

Hingga babak tambahan kedua usai, skor tetap tidak berubah yaitu 1-1. Sehingga untuk mendapatkan yang pasti tentang siapa yang menjadi pemenangnya, diadakanlah adu penalti.

Adu Penalti Penentu Kemenangan

Dalam babak ini, Italia mendapatkan kesempatan terlebih dahulu. Baik penendang pertama Italia maupun Spanyol sama-sama gagal. Kedua tim sama-sama beruntung walaupun tendangannya tidak mampu membobol gawang lawan. 

Setelah penendangan pertama, secara bergiliran ada empat eksekutor dari Italia yang bisa melakukan tugasnya dengan baik. Mereka itu ialah Jorghinho, Federico Berdadeschi dan Andrea Belotti. 

Sedangkan di tim Spanyol, hanya ada dua orang yang berhasil membobol gawang lawan, yaitu Gerard Moreno dan Thiago Alcantara. Salah satu andalan tim Spanyol, yakni Dani Olmo gagal mencetak gol. 

Dengan begini, hasil Euro ialah Italia berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 4-2 di babak adu penalti.