5 Klub Elite Eropa Terancam Gugur Sebelum 16 Besar Liga Champions

Fase grup pada laga Liga Champions 2022/2023 telah memasuki babak terakhir, usai menyelesaikan matchday keempat pada hari Kamis, 13 Oktober 2022 dini hari WIB. Hasil tersebut membuat beberapa klub sudah dapat diprediksi untuk lanjut atau gugur ke babak 16 besar.

Terdapat 5 tim yang sudah dipastikan bisa lolos ke babak 16 besar, yaitu Real Madrid, Manchester City, Bayern Munchen, Napoli dan Club Brugge. Kelima tim tersebut mendapatkan torehan poin yang sempurna, karena belum tersentuh kekalahan hingga pertandingan keempat berlangsung.

Berbeda nasib dengan yang dialami oleh kelima klub tersebut, beberapa klub elite Eropa terancam gagal untuk melaju ke babak 16 besar. Mereka hanya mampu meraih paling banyak 1 kemenangan saja. Hasil tersebut memastikan potensi untuk melaju ke babak selanjutnya menipis.

Daftar 5 Klub Elite Eropa yang Terancam Gugur di Liga Champions

Berikut ini merupakan daftar dari grup elite Eropa yang dipastikan gagal melaju ke babak 16 besar di Liga Champions 2022/2023:

1. Barcelona

Salah satu tim yang terancam gugur sebelum mulainya babak 16 besar yaitu Barcelona. Usai laga keempat berlangsung, Barcelona hanya mampu mengumpulkan poin sebanyak 4 poin. Hasil poin tersebut membuat Barcelona berpotensi besar kehilangan kesempatan untuk meraih tiket kelolosan.

Poin Barcelona memiliki selisih yang jauh dengan rivalnya, yaitu 3 poin dari Inter Milan, yang berada pada posisi kedua dan selisih 8 poin dari Bayern Munchen. Yang telah mengantongi tiket kelolosan melenggang menuju babak 16 besar.

Hasil pertandingan yang didapatkan Barcelona yaitu 1 kali mendapatkan kemenangan, saat menghadapi Viktoria Plzen, 1 kali mendapatkan hasil seri, saat menghadapi Inter Milan dan 2 kali mendapatkan kekalahan, saat melawan Bayern Munchen dan Inter Milan.

2. Atletico Madrid

Sejauh ini Atletico Madrid berada pada posisi ketiga di Grup B, yang hanya menorehkan poin sebanyak 4 poin. Menyisakan 2 pertandingan lagi, membuat Atletico Madrid harus berjuang keras untuk dapat menyusul ketertinggalan poin dari rivalnya.

Pada posisi kedua grup B terdapat FC Porto, yang sudah mendapatkan poin sebanyak 6 poin, selisih 2 poin dengan Atletico Madrid dan posisi pertama terdapat Club Brugge, dengan torehan sebanyak 8 poin, yang sudah dipastikan bisa lolos ke 16 besar Liga Champions.

Hasil pertandingan yang diperoleh Atletico Madrid yaitu 1 kali mendapatkan kemenangan, saat menghadapi FC Porto, 1 kali mendapatkan hasil seri, pada saat melawan Club Brugge dan 2 kali mengalami kekalahan, dari Leverkusen dan Club Brugge.

3. Juventus

Juventus juga menjadi klub elite Eropa yang terancam gagal untuk memasuki babak 16 besar. Poin yang didapatkan oleh Juventus sejauh ini hanya 3 poin. Dengan jumlah poin yang didapatkan tersebut Juventus menempati posisi ketiga pada grup H.

Posisi pertama dan kedua di grup H sama-sama memperoleh 8 poin, meninggalkan 5 poin dari poin Juventus yaitu ditempati oleh klub PSG dan Benfica. Mengingat kedua klub tersebut hanya membutuhkan 1 poin saja untuk bisa lanjut ke babak berikutnya, membuat peluang Juventus menipis.

Poin yang didapatkan Juventus diperoleh dengan hasil pertandingan berupa, 1 kali kemenangan yaitu saat melawan Maccabi Haifa dan 3 kali mengalami kekalahan, saat berhadapan dengan PSG, Benfica dan Maccabi Haifa.

4. AC Milan

AC Milan sebagai jawara Serie A tahun 2021/2022 juga mengalami nasib yang kurang baik pada Liga Champions musim ini. Sejauh ini AC Milan hanya mampu berada pada posisi ketiga di grup E dengan torehan poin sebanyak 4 poin.

Sekarang ini, AC Milan masih tertinggal sebanyak 3 poin dari Chelsea yang menempati posisi pertama, dan 2 poin dari RB Salzburg yang menempati posisi kedua. Sejatinya peluang AC Milan untuk bisa lanjut menuju babak selanjutnya masih belum sepenuhnya tertutup.

AC Milan masih memiliki sedikit peluang untuk bisa meraih tiket kelolosan, namun dalam dua pertandingan yang tersisa berikutnya, AC Milan harus mendapatkan kemenangan, yaitu pada saat melawan Dinamo Zagreb dan RB Salzburg untuk menyusul ketertinggalan poin.

5. Sevilia

Peluang Sevilia untuk bisa lanjut ke babak berikutnya hampir tertutup sepenuhnya. Sevilia memiliki kemungkinan yang sangat besar gugur sebelum memasuki babak 16 besar. Poin yang ditorehkannya hanya sebesar 2 poin, membuatnya harus puas pada posisi ketiga di grup G.

Poin dari Sevilia tertinggal 5 poin dari Dortmund yang berada pada posisi kedua, dan tertinggal 8 poin dari Manchester City yang berada pada posisi pertama. Selisih poin yang cukup signifikan ini, membuat peluang Sevilia kian menipis untuk bisa lanjut ke babak selanjutnya.

Liga Champions musim ini tidak bernasib baik terhadap 5 klub elite Eropa seperti Barcelona, Atletico Madrid, Juventus, AC Milan dan Sevilia. Kelima klub tersebut sejauh ini harus puas bertengger pada posisi ketiga pada masing-masing grup, bahkan bisa terancam gugur sebelum babak 16 besar.