Fantastis! Ini 5 Klub Sepak Bola Paling Kaya Sejagat Raya

Di tahun 2020, Deloitte Football Money League resmi merilis nama-nama klub sepak bola paling kaya di dunia. Tentunya data tersebut berdasarkan pemasukan yang didapat oleh klub sepak bola sepanjang tahun 2020 sampai 2021.

Saat ini bisnis sepak bola banyak menarik perhatian di kalangan atas. Bahkan menjadi bisnis menggiurkan. Para pebisnis akan menggaet pemain yang berkualitas dengan harga mahal. Hal tersebut diprediksi akan mendapat penghasilan yang berlimpah.

Siapa Saja Klub Sepak Bola Paling Kaya di Dunia?

Para pebisnis percaya bahwa bisnis sepak bola bukan sekedar prestise, namun dapat memberikan keuntungan. Tentunya ini keuntungan ini didapat dari sponsorship, penjualan merchandise, dan juga dari penjualan tiket pertandingan.

Lalu, klub mana saja yang termasuk paling kaya di dunia? Berikut ini daftarnya:

1. Klub Barca atau Barcelona

Klub Barca atau Barcelona

Kali ini Barcelona berhasil meraih gelar sebagai klub yang terkaya di dunia. Tentunya ini dikarenakan klub Barca selalu bersemangat mengikuti perkembangan pasar. Sepanjang tahun 2020 sampai 2021, Klub Barca telah mendapat penghasilan sebesar 715 juta euro.

Penghasilan tersebut jika dikonversikan ke dalam rupiah sekitar Rp12,2 triliun. Tentunya dengan penghasilan tersebut membuat klub Barcelona mendapat predikat klub terkaya di dunia.

2. Klub El Real atau Real Madrid

Klub El Real atau Real Madrid

Dikarenakan klub ini memperoleh pemasukan sebesar 691 juta euro atau jika dikonversikan ke dalam rupiah sekitar Rp11,8 triliun sepanjang tahun 2020 hingga 2021, membuat klub ini dinobatkan masuk dalam daftar klub sepak bola paling kaya sejagat raya.

Klub El Real yang berdomisili di negara Spanyol ini mempunyai ciri khas tersendiri. Karena Real Madrid selalu mampu menyuguhkan pemain top bintang dunia, seperti Luis Figo, Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, Zinedine Zidane, dan Gareth Bale.

Dengan membeli pemain top bintang dunia tersebut, berdampak kepada pamor klub dan juga prestasi klub Real Madrid. Tentu saja hal ini membuat Real Madrid yang mempunyai nama lain El Real masuk dalam daftar salah satu klub yang paling kaya di dunia.

3. Klub Bayern Munich

Klub Bayern Munich

Bayern Munchen menjadi klub yang tidak terkalahkan di Liga Jerman. Ini dikarenakan semua pemain memiliki kualitas bintang yang tergabung dalam skuad khusus. Karena hal tersebut, membuat Die Roten menjadi juara di  Liga Jerman dalam kurun sembilan musim terakhir.

Penghasilan Bayern pun banyak didapat dari sponsor dan hak siar televisi yang totalnya menjulang tinggi. Klub ini meraih pemasukan sebesar 634 juta euro atau jika dikonversikn ke dalam rupiah sekitar Rp10,8 triliun sepanjang tahun 2020-2021.

4. Klub Manchester United

Klub Manchester United

Akhir-akhir ini klub Manchester United mengalami peningkatan signifikan ini.  Hal tersebut membuat The Red Devils atau Manchester United menempati ranking kedua klasemen di Liga Inggris sepanjang tahun 2020-2021.

Tentunya dengan posisi itu membuat tim Ole Gunnar Solskjaer ditempatkan di Liga Champions dan diberi kesempatan untuk tampil. Meskipun belum berhasil merebut gelar pemenang dalam tiga tahun terakhir, klub ini tetap menjadi salah satu klub sepak bola paling kaya sejagat raya.

Penerimaan honorarium yang didapat pun tidak main-main sebesar 580 juta euro atau jika dikonversikan ke dalam rupiah sekitar Rp9,9 triliun. Bahkan klub ini mendapatkan pamasukan secara rutin di tiap tahunnya.

5. Klub Liverpool atau The Reds

Klub Liverpool atau The Reds

Klub sepak bola paling kaya yang terakhir ditempati oleh Liverpool. Sudah menemukan jati dirinya kembali. Karena prestasinya klub Liverpool mampu meraup keuntungan dari pihak sponsorship dan dari hak siaran.

Karena hal tersebut menjadikan total pemasukan yang didapat Liverpool mencapai 558 juta euro atau sekitar Rp9,8 triliun. Kenaikan penghasilan yang signifikan ini didapatkan setelah kedatangan Jurgen Klopp pelatih asal Jerman.

Klub Liverpool yang berjulukan The Reds ini mengalami kenaikan pemasukan yang signifikan sejak dilatih oleh nakhoda asal Jerman itu. Di tangan dingin mantan pelatih Borussia Dortmund itu, klub Merseyside juga meraih kesuksesan dengan menjuarai Liga Inggris dan Liga Champions.

Dengan demikian, adanya rilis klub sepak bola paling kaya di dunia, telah menepis bahwa kompetisi sepak bola dunia sedang dilanda kebangkrutan. Ini dibuktikan banyaknya para pebisnis mulai melirik dunia olahraga bahkan di Indonesia sudah banyak yang mencoba bisnis di dunia sepak bola.