Liga Eropa: Prediksi 4 Kandidat Penyandang Juara Liga Eropa 2022

Pertandingan play-off untuk menentukan 16 besar tim dalam kompetisi Liga Eropa 2021/2022 telah selesei digelar. Dalam babak penentuan ini, ada beberapa klub elite yang turun kasta dari Liga Champions ke Liga Eropa.

Klub tersebut yakni RB Leipzig, FC Porto, Borussia Dortmund, FC Sheriff, Barcelona, Atalanta, Sevilla, dan Zenit Saint Petersbug.

Fakta yang mengejutkan adalah klub top dunia, Borussia Dortmund harus tersingkir di ajang kompetisi Liga Eropa musim ini. Tak disangka raksasa Jerman tersebut harus berlapang dada menerima kekalahan melawan Glasglow Rangers.

Selain itu, klub besar Lazio asal Italia lebih dahulu gugur ketika bertanding dengan FC Porto, tim tak terkalahkan di Liga Portugal.

Meskipun begitu, pelatih Maurizio Sarri tidak sepenuhnya kecewa jika tim yang berbasis di Roma ini tersisih dari Liga Eropa babak gugur. Sarri menjelaskan bahwa timnya sudah bekerja keras dengan menciptakan banyak peluang di laga tersebut.

Setelah Borussia Dortmund dan Lazio dikonfirmasi gugur di Liga Eropa babak 16 besar, banyak pecinta bola berspekulasi ada kandidat besar berpeluang memenangkan trofi Liga Eropa musim ini.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak deretan tim yang memiliki perkembangan dan menunjukkan performa luar biasa.

Jadi, walaupun Liga Eropa dianggap sebagai kasta kedua, banyak tim yang bejibaku untuk mendapatkan piala yang tak kalah bergengsi ini. Final dari pertandingan Liga Eropa musim ini akan berakhir pada tanggal 18 Mei 2022 di kandang Sevilla.

Lantas, siapakah tim ‘buangan’ Liga Champions yang layak membawa gelar juara Liga Eropa 2021/2022? Simak rangkumannya berikut ini.

1. Barcelona

Usai Blaugrana julukan Barcelona terdepak dari Liga Champions, Xavi Hernandez tak mau ambil pusing dan membuatnya berambisi untuk menjuarai trofi Liga Eropa 2021/2022. Baginya, Liga Eropa tidak kalah kompetitif di ajang kompetisi bola di Benua Biru tersebut.

Ia juga menambahkan bahwa  tim asal Catalonia itu akan dengan mudah mendapatkan tiket Liga Champions musim depan  jika dapat meringkus trofi kejuaraan Liga Eropa ini.

Penampilan duel Barcelona dengan grup 16 besar di Liga Eropa sangat ditunggu-tunggu karena para pendukung Blaugrana menantinya di perempat final.

Sayangnya, dalam Liga Eropa leg pertama pada Jumat dini hari tanggal 11 Maret 2022, Barcelona harus puas dengan skor imbang saat duel dengan Galatasaray. Hal ini bak tamparan bagi tim Sergio burquest dan kolega.

Untuk itu, tim racikan Xavi Hernandez ini tidak boleh membusungkan dada. Sebab banyak tim berbakat lain yang dapat menjadi sandungan Barcelona menuju final Liga Eropa.

2. FC Porto

Popularitas tim unggulan Portugal, FC Porto memang tidak dapat diragukan. FC Porto merupakan salah satau dari tim besar di Portugal bersama dengan Sporting Lisboa dan Benfica.

FC Porto pernah merasakan kejayaan dalam memenangkan ajang kompetisi bola terbaik di Eropa. Kemenangan itu disabetnya ketika didapuk sebagai juara Liga Champions 1986/1987 dan juara Piala UEFA 2003.

Kepergian pelatih berbakat Jose Mourinho dari FC Porto merupakan hal sulit untuk diterima, karena Ia merupakan pengantar klub Portugal itu untuk meraih  Piala UEFA 2003.

Tetapi, beberapa dekade kemudian, FC Porto berhasil bangkit dan menunjukkan perkembangan yang signifikan. Setelah sepuluh tahun terlewati, klub top Portugal ini mampu menyandang tujuh gelar Liga Primeira tambahan dan empat trofi kejuaraan nasional sepak bola di Portugal.

Ditambah lagi, tanpa Jose Mourinho, FC Porto membuktikan kehebatannya yaitu melumpuhkan tim Braga dengan skor 1-0, pada tahun 2011 melalui bidikan kemenangan Radanek Falaco.

Dengan catatan sejarah prestasi menakjubkan ini, Sergio Concenciao sebagai pelatih FC Porto akan membangun strategi yang matang dan kerjasama tim yang solid untuk mengulang lagi masa kejayaan tersebut.

3. Sevilla

Sebagai pemegang rekor pemegang trofi kejuaraan Liga Eropa, Sevilla boleh percaya diri menghadapi tim besar lain yang ikut berkompetisi di Liga Eropa 2021/2022. Rekor tersebut mereka dapatkan selama enam kali yaitu (2006, 2007, 2014, 2015, 2016, 2020).

Fakta-fakta berikut mungkin dapat menjadi alasan bahwa Sevilla mampu mengukir prestasinya kembali di Liga Eropa musim ini.

  • Sevilla mampu mempertahankan kekuatan strategi dari timnya dengan membuktikan sebagai tim tak terkalahkan dalam 32 laga kandang terakhirnya saat berduel dengan klub non-Spayol.
  • Dalam semua ajang kompetisi sepak bola Sevilla mencatat minimal dua gol di pertandingan kandang terakhirnya.
  • Sevilla tak terkalahkan saat berduel dengan klub-klub Inggris di UEFA Cup dan Liga Europa

Dari laporan prestasi unggulan yang didapat oleh Sevilla sepanjang kompetisi, membuktikan bahwa Sevilla adalah tim besar yang memiliki performa professional dengan tim yang kuat.

4. RB Leipzig

RB Leipzig dapat bernafas lega karena tanpa harus bersusah payah, tim ini akan langsung masuk sebagai kandidat perempat final Liga Eropa. Keadaan ini disebabkkan Spartak Moscow, Timnas Rusia harus didiskualifikasi dari peserta 16 besar Liga Eropa sebab perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina.

Namun, prestasi yang ditorehkan RB Leipzig cukup meyakinkan untuk menjadi tim potensial menjadi juara Liga Eropa musim ini. Salah satunya yaitu ketika tim unggulan Jerman itu masuk sebagai finalis semifinal Liga Champions pada tahun 2019-2020.

Fakta tersebut tentunya tidak dapat dipandang sebelah mata oleh tim top dunia lainnya yang berlaga di kejuaraan Liga Eropa.

Tim besar dunia dengan segudang prestasi yang berduel di laga 16 besar Liga Eropa memang seru untuk ditonton. Apalagi, banyak tim yang memiliki kemajuan dalam strategi dan performa permainan yang tidak dapat diragukan antar tim keseblasan. Jadi, pastinya Liga Eropa 2021/2022 ini akan semakin seru dan banyak kejutan menanti.