5 Alasan Mengapa Sepak Bola Disukai dan Sangat Populer di Dunia

Di belahan bumi mana saja, termasuk negara Indonesia, sepak bola menjadi jenis olahraga yang disukai. Mengapa sepak bola disukai sementara masih banyak jenis olahraga lainnya yang lebih bergengsi?

Sepak bola mungkin adalah olahraga yang bisa menyentuh kalangan manapun, tanpa adanya batas status tertentu. Alasan sepak bola disukai mungkin karena dirasa memiliki kedekatan emosional yang lebih dalam dengan masyarakat manapun.

Mengapa Sepak Bola Disukai dan Populer?

Sepak bola menjadi olahraga paling populer di seluruh dunia dari dulu sampai sekarang. Meskipun identik dengan olahraga kaum pria nyatanya saat ini sudah ada kompetisi sepak bola wanita. Itu artinya sepak bola semakin tidak memiliki sekat gender dan akan makin populer.

Setidaknya ada 5 alasan mengapa sepak bola disukai banyak orang, yaitu seperti yang disebutkan berikut ini.

1. Siapapun Bisa Bermain

Siapapun orangnya bisa bermain sepak bola mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Semua kalangan dari kelas atas, menengah hingga kelas bawah bisa memainkan olahraga tersebut. Sepak bola juga tidak membatasi harus laki-laki yang memainkannya tetapi boleh juga wanita.

Sifat universal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa sepak bola disukai oleh masyarakat dari seluruh dunia. Sepak bola tidak memberikan sekat pada kelas tertentu seperti jenis olahraga lainnya misalnya golf.

2. Bisa Dimainkan Dimana Saja

Meskipun sepak bola profesional harus dimainkan di lapangan sesuai standar FIFA namun itu bukanla batasan. Maksudnya adalah selama bukan sebuah kompetisi profesional Anda bisa main sepak bola dimana saja.

Kalaupun tidak ada lapangan, sepak bola dapat dimainkan di jalan kampung, di gang perumahan, halaman rumah dan sebagainya. Main sepak bola tidak harus pada jam tertentu melainkan bisa kapan saja. Anda bisa main sepak bola di pagi, siang, sore ataupun malam hari.

Main sepak bola juga tidak harus 11 lawan 11 sebagaimana pertandingan profesional. Berapapun jumlah orangnya selama mencukupi bisa dilakukan permainan sepak bola. Anda sudah bisa main sepak bola dengan formasi 3 lawan 3 atau 4 lawan 4 dan seterusnya.

Bahkan kadangkala Anda tidak harus menggunakan kiper untuk bermain sepak bola. Mudahnya bermain sepak bola juga jadi alasan sepak bola sangat disukai.

3. Fokus pada Permainan Para Pemain

Mengapa sepak bola disukai karena penonton disuguhi permainan pemain di lapangan yang ciamik. Jika diamati semua pemain dalam satu tim sepak bola memiliki posisi dan tugas masing-masing.

Sebut saja posisi penyerang, gelandang, sayap ataupun kiper semuanya bertanggungjawab bermain sebagus mungkin. Setiap posisi memiliki peranan penting untuk memenangkan timnya. Masing-masing pemain mempunyai kesempatan untuk mengolah bola dengan strategi tertentu.

Peran pelatih dalam olahraga sepak bola sebatas sebagai pengatur strategi serta melakukan analisis permainan. Pelatih tidak mengendalikan pemain di lapangan hanya memberikan petunjuk saja.

4. Tidak Membosankan dan Variatif

Mengapa sepak bola populer di seluruh dunia diantaranya adalah permainannya yang tidak membosankan. Saat menonton pertandingan sepak bola Anda akan menyaksikan perpaduan dari gerakan, tendangan dan strategi.

Gerakan, tendangan maupun strategi pada permainan sepak bola sangat variatif. Contohnya Italia yang dikenal sebagai tim bertahan tentunya memiliki permainan tersendiri. Sementara Brasil adalah penganut strategi menyerang dengan gaya permainan berbeda dengan Italia.

Variasi dalam pertandingan sepak bola terlihat juga dari formasi yang biasa digunakan. Contohnya, formasi 4-2-4, 3-5-2, 5-3-2 dan sebagainya.

5. Murah

Mungkin inilah alasan utama sepak bola sangat disukai dan populer yaitu murah. Jika melihat penjelasan sebelumnya sepak bola tidak membutuhkan lapangan khusus dengan harga mahal. Sepak bola juga tidak memerlukan biaya untuk membeli peralatannya.

Siapapun bisa main sepak bola dengan sepatu jenis apapun bahkan tanpa alas kaki sekalipun. Bola yang digunakan juga tidak harus standar FIFA, bisa digunakan bola karet biasa, bola plastik bahkan bola tenis.

Sekarang sudah semakin bisa dipahami mengapa sepak bola disukai oleh siapapun, bukan hanya di Indonesia tetapi juga seluruh dunia. Sepak bola adalah olahraga tanpa sekat gender, kelas sosial, usia dan faktor material lainnya.