6 Pemain Ternama Sepakbola Indonesia yang Kini Mendunia

Menjadi seorang atlet profesional sepakbola Indonesia merupakan suatu hal yang diidam-idamkan oleh sebagian orang. Selain karena hobi atau passion, pendapatan dan ketenaran yang didapat oleh seorang atlet profesional tentu saja selalu menggiurkan.

Pemain sepakbola merupakan salah satu jenis pekerjaan yang tentu diidamkan oleh banyak orang. Dalam dunia sepakbola di negara ini, ada banyak deretan nama pemain sepakbola yang melejit karena kepiawaiannya dalam menggocek bola.

Pengertian Sepakbola

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga menggunakan bola besar. Permainan ini dilakukan secara beregu atau tim yang diisi oleh 11 orang pemain utama di lapangan.

Tiap orang dalam tim akan menjaga bola dan berusaha memasukkan bola ke dalam gawang untuk mendapatkan poin. Tim yang mendapatkan poin terbanyak adalah tim yang keluar sebagai pemenang.

Dalam permainan sepakbola terdapat seorang wasit atau penjaga yang akan mengawasi jalannya pertandingan. Wasit akan memberikan pelanggaran pada pemain yang kedapatan melakukan pelanggaran.

Wasit akan mengeluarkan kartu kuning sebagai bentuk peringatan dan mengeluarkan kartu merah untuk pelanggaran berat. Pemain yang mendapatkan kartu merah akan dipaksa keluar dari tim sehingga tim hanya akan terdiri dari 10 orang.

Sejarah Singkat Sepakbola

Sepakbola sendiri mulai terkenal pada masa Hindia-Belanda tepatnya pada tahun 1914. Permainan sepakbola yang dianggap mudah dan menyenangkan membuat olahraga ini mendapatkan banyak peminat.

Semakin pesatnya perkembangan cabang olahraga yang satu ini membuat pemerintah memutuskan untuk membuat organisasi yang akan menaungi cabang olahraga ini secara resmi.

Akhirnya, pada tahun 1930 PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) secara resmi dibentuk. PSSI sendiri awalnya merupakan singkatan dari Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia yang kemudian diubah menjadi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia.

PSSI kemudian berinisiatif untuk menyelenggarakan ajang sepakbola besar-besaran yang secara tidak sengaja menarik perhatian Susuhunan Paku Buwono X. Susuhunan Paku Buwono X setelah itu mendirikan Stadion Sriwedari sebagai bentuk dukungan.

Pemain Sepakbola Indonesia Yang Mendunia

Pemain sepakbola bukanlah atlet yang sepatutnya diremehkan. Para pemain bola asal Indonesia juga memiliki kemampuan yang patut diacungi jempol. Kegigihan dalam berlatih tentu menjadi salah satu faktor kemampuan yang mumpuni.

Beberapa pesepakbola Indonesia bahkan melebarkan sayapnya hingga ke dunia Internasional berkat kemampuan dan bakat luar biasa yang mereka tunjukkan. Berikut ini adalah deretan nama-nama pemain sepakbola asal Indonesia yang mendunia:

1. Bambang Pamungkas

Bambang Pamungkas merupakan salah satu pemain Timnas Indonesia tahun 2000-an yang menarik mata juga hati masyarakat karena kemampuannya yang luar biasa dalam menggiring bola dan membela Indonesia di berbagai pertandingan besar.

Ia pernah terbang ke Malaysia untuk bergabung dengan Selangor FA dan bertanding membela Selangor FA dalam Liga Malaysia. Ia menjadi bagian dari Selangor FA selama 2 tahun tepatnya dari tahun 2005-2007.

Bepe bukan lagi orang asing dalam dunia sepakbola Indonesia. Ia menjadi pemain yang begitu diandalkan dalam Timnas Indonesia karena sejauh ini Bepe merupakan top skor untuk Timnas Indonesia di kancah Internasional.

Selain Liga Malaysia, Bepe juga menunjukkan kemampuan tajamnya dalam menggocek bola di Malaysia Cup, Malaysia FA Cup dan Malaysia Premier League bersama klubnya Selangor FA.

2. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan merupakan salah satu pemain sepakbola asal Indonesia yang menginjakkan kakinya di dunia bola Internasional. Tidak hanya asia, Kurniawan bahkan sempat melebarkan sayap hingga ke eropa.

Sekitar tahun 1990-an, Kurniawan bergabung dalam sebuah tim sepakbola bernama Sampdoria Primavera. Di bawah asuhan Sven G. Eriksson, Kurniawan menunjukkan kemampuan dan kualitas terbaiknya dalam menggocek bola.

Kemampuan Kurniawan membawanya ke dalam tim utama yang diisi oleh pemain sepakbola dunia seperti Ruud Gullit, Roberto Mancini, dan lain-lain. Kurniawan bahkan ikut menjadi pemain dalam tim utama saat Sampdoria melakukan tur Asia tahun 1994.

Selepas bermain bersama Sampdoria, Kurniawan menjejakkan kakinya di FC Luzern, Swiss. Kurniawan merupakan seorang pemain sepakbola asal Indonesia yang terbilang memiliki karir bola sangat baik di eropa.

3. Widodo Cahyono Putro

Pria asal Cilacap ini merupakan salah satu pemain sepakbola asal Indonesia yang memiliki nama besar di dunia internasional berkat gol indah yang berhasil ia buat tahun 1996.

Widodo dikenal sebagai pemilik dari gol terindah yang ia buat pada Piala Asia tahun 1996. Gol yang dibuat Widodo melesat dengan indah ke dalam gawang milik tim sepakbola Kuwait. Gol indah tersebut merupakan gol salto yang akan selalu diingat oleh pecinta bola tanah air.

Gol yang dibuat oleh Widodo tersebut membuat ia terpilih sebagai pemilik gol terindah berdasarkan poling AFC dan mengalahkan gol yang dibuat oleh pemain asal Lebanon.

4. Rochy Putiray

Pemain sepakbola asal Situbondo ini dikenal dengan gayanya yang nyentrik ketika di lapangan, Rochy kerap kali terlihat mengenakan sepatu dengan dua warna berbeda. Ketenaran gaya Rochy tersebut membuat banyak orang mengikutinya.

Rochy merupakan seorang pemain bola berbakat yang tercatat pernah membobol gawang club kenamaan dunia, AC Milan. Bukan hanya satu, Rochy memasukkan bola ke gawang AC Milan sebanyak dua kali.

Saat itu ia menjadi pemain Kitchee pada Liga China dan melawan AC Milan yang diisi oleh pemain-pemain beken seperti Paolo Maldini, Serginho, Andriy Shevchenko, dan lain-lain. Akan tetapi, ia berhasil mengerahkan kemampuan terbaik yang ia miliki dan membobol gawang AC Milan.

5. Elkan Baggot

Elkan merupakan seorang pesepakbola muda berusia 18 tahun. Ia merupakan seorang pesepakbola aktif yang berhasil menjejakkan kakinya di dunia bola internasional.

Elkan adalah seorang pemain sepakbola Indonesia yang begitu handal dan mumpuni. Ia kini terikat kontrak hingga tanggal 23 Juni 2023 dengan Ipswich Town dari klub League One. Bek dengan wajah tampan memiliki karir yang luar biasa.

Ia memiliki ribuan pengikut di akun sosial media pribadinya dan memiliki banyak fans mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Penampilannya yang menarik mata mampu membuat kaum hawa jatuh hati pada sosok bek tampan yang satu ini.

6. Pratama Arhan

Pratama Arhan merupakan salah satu pemain yang membela Timnas Indonesia pada ajang bergengsi AFF Cup 2021. Arhan membantu membela Timnas hingga ke babak final dan membuat Timnas Indonesia menduduki peringkat runner up pada laga tersebut.

Nama Arhan semakin melejit berkat kepiawaian yang ia tunjukkan di lapangan hijau. Arkan merupakan seorang pemain yang menjaga sayap kiri. Berkat kemampuan yang ia tunjukkan saat bermain di sayap kiri, klub Liga Jepang tertarik dan mengontrak Arhan.

Ia bergabung bersama klub Liga Jepang, Tokyo Verdy pada tahun 2021. Arhan memiliki pencapaian dan karir bola yang luar biasa baik di Indonesia maupun di Asia.

Masih banyak pemain bola profesional asal Indonesia yang memiliki karir di luar Indonesia. Mereka bahkan memilih untuk menetap di luar Indonesia karena memiliki perjalanan karir jangka panjang.

Putra-putra bangsa yang memiliki karir hingga ke luar Indonesia patut mendapatkan apresiasi karena berhasil membawa nama sepakbola Indonesia lebih tinggi di kancah internasional.