Pemain Tenis Terbaik Dunia, Generasi Muda Mendominasi!

Perkembangan olahraga tenis dunia sangat dinamis, para pemain baru dengan talenta menakjubkan silih berganti hadir. Tahun 2021, beberapa pemain tenis terbaik yang berhasil menampilkan performa terbaiknya.

Menjadi seorang atlet tenis, bukan hal mudah. Sama halnya dengan cabang olahraga lainnya, yang membutuhkan latihan dan jam terbang di berbagai turnamen dan pertandingan kelas dunia. Berikut ini beberapa pemain terbaik pria dan wanita terbaru tahun 2021.

Pemain Tenis Terbaik Pria

Saat ini di pemuncak daftar diisi oleh Novak Djokovic asal Serbia, mengalahkan nama besar seperti Rafael Nadal dan Roger Federer yang sudah melewati masa gemilangnya beberapa tahun lalu.

1. Novak Djokovic

Novak Djokovic

Petenis yang memulai karir pro nya di tahun 2006 silam ini, pantas disebut sebagai yang terbaik saat ini. Di usia ke 33 tahun, dia sudah mengantongi 12.030 poin dari berbagai pertandingan dengan 85 gelar single dan 1 gelar ganda dari total ratusan pertandingan.

Memulai rangking di posisi 40 pada tahun 2008, kini Djokovic berada di peringkat pertama pemain tenis terbaik pria setelah berhasil mengukuhkan diri sebagai jawara di iven ternama sekelas US Open.

2. Rafael Nadal

Rafael Nadal

Mengawali karir di tahun 2005 untuk tenis profesional, Nadal saat ini menempati posisi pemain terbaik kelima dunia. Mantan peringkat satu dunia di tahun 2008 tersebut, sudah memiliki 88 gelar single.

Sebut saja gelar French Open sebanyak 13 kali, kemudian satu kali juara Australian Open di tahun 2009, dua titel di Wimbledon dan empat kemenangan di US Open. Terakhir, gelar yang berhasil didapatkannya adalah pada French Open tahun 2020 lalu.

Di usianya yang sudah menginjak 35 tahun, 9.850 poin sudah dikumpulkannya dari berbagai turnamen. Sayangnya, dalam gelaran iven tenis paling anyar Paris Masters dia terpaksa angkat koper di babak 16 besar karena gagal mengalahkan rivalnya.

3. Dominic Thiem

Dominic Thiem

Merupakan pemain berkebangsaan Austria, yang saat ini menduduki rangking 12 dunia. Namun sempat merasakan kursi tiga besar di tahun 2020 lalu. Poin yang berhasil dikumpulkannya, juga cukup fantastis yaitu 9.125 dari berbagai pertandingan.

Pemain 28 tahun ini, sudah menyabet setidaknya 17 gelar single yang didapatkannya terakhir dari US Open tahun 2020.

Dinilai mirip dengan gaya permainan Djokovic, Thiem juga dikenal sebagai petenis yang agresif dan memiliki groundstrokes yang sangat solid untuk sayap kiri maupun kanan.

Pemain yang juga kurang beruntung di Paris Masters dan beberapa turnamen akhir tahun 2021 ini, juga disebut-sebut sebagai salah satu yang punya kekuatan single-handed backhand. Alhasil, banyak poin berhasil didapatnya dari kemampuan tersebut.

4. Daniil Medvedev

Daniil Medvedev

Poin yang sudah dikumpulkan oleh pemain asal Rusia ini, mencapai 8.470 dari berbagai pertandingan. Masih berusia 25 tahun, Medvedev sudah berhasil jadi bayang-bayang mengerikan bagi Djokovic.

Bahkan, saat ini dia menduduki posisi kedua dunia karena berhasil menang di ajak bergengsi tenis beberapa waktu lalu.

Medvedev memiliki tinggi di atas rata-rata petenis, yang membuatnya memiliki jangkauan serangan dan gaya bertahan lebih mumpuni di berbagai sektor lapangan.

Soal servis juga dinilai sangat jago, karena diakui mampu langsung memberi poin akibat sulitnya dikembalikan oleh lawan.

5. Roger Federer

Roger Federer

Pemain 39 tahun ini, pernah memiliki masa jaya di tahun 2004 karena berhasil menempati posisi nomor satu dunia. Sayangnya sekarang harus berbesar hati di posisi 14 dengan poin 6.630.

Federer sudah mengumpulkan setidaknya 103 title, untuk permainan tunggal dan delapan kemenangan untuk bermain ganda.

Dia pernah delapan kali memenangkan Wimbledon, enam kali Australian Open, lima kali US Open dan beberapa turnamen dunia lainnya.

Berhubung usianya sudah semakin senja, pola permainannya juga tak seagresif dulu. Jadi, pantas saja banyak tergusur dari berbagai ajang akibat kehadiran sosok-sosok pemain tenis terbaik usia muda yang masih sangat berstamina.

Pemain Tenis Terbaik Wanita

Sama halnya dengan pemain tenis pria, di kategori wanita juga terdapat beberapa sosok petenis handal yang berhasil menyabet berbagai titel. Siapa saja mereka? Ini dia daftar lima terbaiknya.

1. Ashleigh Barty

Ashleigh Barty

Sejak tahun 2019 sampai sekarang, petenis asal Australia ini menjadi peringkat pertama dunia dengan poin 8717.

Meskipun usianya masih 24 tahun, tapi soal kepiawaian di lapangan tenis tak usah diragukan lagi.

Tak salah jika 13 gelar sudah dimilikinya, diantaranya memenangkan French Open di tahun 2019 dan Wimbledon 2021 yang merupakan turnamen bergengsi dunia tenis.

Menetap di Queenslands, Australia, pemain yang disebut sebagai crafty style player atau bermain dengan teknik yang cukup licik.

Namun sejauh ini berhasil menjadikannya salah satu rival tersulit di kategori petenis wanita dunia.

2. Simona Halep

Simona Halep

Petenis wanita yang berasal dari Rumania ini, sudah mengumpulkan 7.255 poin. Dia juga menjadi salah satu atlet, yang berhasil mempertahankan rangking 1 selama 64 minggu. Tepatnya dari 2017 sampai 2019, konsistensi dan kemampuannya yang stabil dan memukau.

Tapi, saat ini performanya sudah merosot dan terpaksa puas di posisi 22 dengan pencapaian 22 title sejak 2021 sampai saat ini.

Halep juga dikenal sebagai salah seorang pemain agresif, dimana dia memiliki kemampuan nalar bagus untuk mengantisipasi serangan lawan.

Untuk medan pertandingan, dia paling suka tanah liat karena memberikannya kesempatan untuk berlari dan menguasai lapangan.

3. Naomi Osaka

Naomi Osaka

Merupakan salah satu pemain muda, yang sedang gemilang saat ini dan sudah mengumpulkan 5.780 poin.

Osaka memulai karir profesionalnya di tahun 2011, mencapai puncak karir di tahun 2019 sebagai pengisi ranking pertama pemain wanita terbaik dunia. Dengan jumlah titel yang sudah mencapai tujuh, mulai dari French Open hingga terakhir Australian Open 2021.

Saat ini, Osaka menempati posisi ke-13 dunia dan masih dikenal sebagai salah satu pemain dengan kemampuan servis dan forehand luar biasa. Bahkan pukulan forehand yang berhasil dilakukannya, mencapai kecepatan 160 km/jam.

Pemain 24 tahun asal Jepang ini, juga dikenal mampu menaklukkan rally panjang dengan stamina stabil.

4. Sofia Kenin

Sofia Kenin

Adalah pemain tenis wanita asal Amerika Serikat, dengan capaian poin 5.760 sampai saat ini dan menempati rangking 109 dunia. Sedangkan posisi terbaiknya, adalah rangking 29 pada awal tahun 2021 lalu.

Pemain 23 tahun ini, memang termasuk generasi muda yang masih punya potensi untuk terus berkembang. Mengingat sampai saat ini baru lima titel berhasil dikoleksinya, terbaru adalah memenangkan Australian Open di tahun 2020 lalu.

5. Elina Svitolina

Elina Svitolina

Di peringkat lima pemain terbaik saat ini ditempati petenis wanita asal Ukraina, yang sudah mengumpulkan setidaknya 5.260 poin sejak memulai karir profesionalnya sebagai atlet di tahun 2013 lalu.

Elina sudah mengoleksi 16 titel, untuk pertandingan single dan dua titel untuk pertandingan ganda.

Dia dikenal sebagai salah satu pemain yang sangat kuat bertahan, ketika mendapat serangan bertubi-tubi dari lawan. Hasilnya? Ketika lawan kelelahan, disaat itulah dia bangkit dan melakukan serangan balik untuk mendapatkan poin.

Melihat kegemilangan performa pemain tenis terbaik pastinya membuat takjub, apalagi ketika mereka mampu memenangkan sebuah pertandingan sengit. Apakah suatu saat nanti, ada pemain tenis Indonesia yang masuk jajaran terbaik tersebut? Semoga saja!