5 Playmaker Terbaik dalam Dunia Sepak Bola di Era 1990-an

Permainan sepak bola sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Bagi setiap orang yang sudah mengenal tentang dunia ini dengan baik, pasti mereka sudah pernah mendengar tentang istilah playmaker. Disini, kami akan memberi informasi tentang 5 playmaker terbaik di era 1990-an.

Kelima playmaker yang memiliki kemampuan tak ada tandingannya ini selalu dikenang sebagai tokoh yang melegenda sejak dulu hingga sekarang. Apalagi, masing-masing di antaranya juga memiliki sejarah cerita sendiri yang cukup menarik untuk dibahas.

5 Playmaker Terbaik di Era 1990-an

Posisi playmaker identik dengan 1 pemain tengah yang menjadi tumpuan dalam permainan sepak bola. Dengan posisinya yang berada di belakang para penyerang, membuat mereka bisa membuka ruang dan membangun skema permainan dalam tim.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika posisi ini membutuhkan keterampilan yang apik, karena untuk melakukannya secara tepat akan dibutuhkan taktik yang cerdas. Sekarang, untuk menghemat waktu Anda yang berharga, berikut kami sampaikan kelima playmaker terbaik di dunia tahun 1990-an, yaitu:

1. Dejan Savicevic

Dejan Savicevic merupakan legenda dari AC Milan. Salah satu playmaker terbaik bola ini memiliki peran yang sangat penting dalam memperkuat Timnas Yugoslavia dengan 56 caps selama 13 tahun lamanya.

Dejan Savicevic juga pernah menjabat sebagai kepala FA Montenegro selama 16 tahun. Nama salah satu pemain sepak bola yang melegenda ini selalu dikenang oleh setiap orang yang menyukai dunia sepak bola.

2. Abedi Pele

Dengan keterampilannya yang sangat membanggakan, membuat Abedi Pele dinobatkan sebagai Man of the Match selama final Liga Champions 1993. Abedi Pele mendapat gelar ini bersama dengan pemain sepak bola lainnya yang bernama Marseille.

Selama 3 tahun berturut-turut di tahun 1990-an, Abedi Pele berhasil mendapat julukan sebagai pemain terbaik di Afrika yang membuatnya selalu dikenang hingga sekarang. Prestasinya tidak pernah menurun selagi dia masih berada di dunia sepak bola ini.

3. Robert Prosinecki

Di Piala Dunia 1990, Robert Prosinecki berhasil dinobatkan sebagai pemain muda terbaik dengan kemampuannya yang sangat apik. Kemudian, di tahun 1991 Robert Prosinecki kembali membawa pulang prestasi yang membanggakan, yaitu peringkat keempat dalam daftar pemain terbaik di dunia.

Perjalanan Robert Prosinecki dalam dunia sepak bola dimulai dari Red Star Belgrade dan kemudian dia bergabung dengan Real Madrid selama 4 musim.

4. Dennis Bergkamp

Dennis Bergkamp bermain di Arsenal selama periode 1995-2006. Kurun waktu ini bisa dibilang tidaklah pendek, sehingga hal ini bisa menjadi prestasi tersendiri bagi tokoh sepak bola satu ini. Selain itu, Dennis Bergkamp juga berhasil masuk dalam generasi emas skuad The Gunners.

Dennis Bergkamp bermain dalam 1 tim dengan Thierry Henry serta kawan-kawan lainnya sebagai juru gedor Arsenal. Bakat dan keterampilan yang dimiliki Dennis Bergkamp membawanya ke sebuah prestasi membanggakan hingga dinobatkan sebagai playmaker terbaik di era 1990-an.

Tentu prestasi ini bisa dicapai bukan tanpa alasan, mengingat Dennis Bergkamp selalu meluangkan waktunya yang berharga untuk melatih fisik dan mentalnya untuk selalu komitmen.

5. Rui Costa

Meski tidak memiliki konsistensi yang maksimal dalam dirinya, akan tetapi Rui Costa tetap memiliki keterampilan yang membanggakan hingga akhirnya dinobatkan sebagai salah satu pemain terbaik di era 1990-an.

Segala taktik yang dilakukan Rui Costa selalu menjadi tontonan yang menarik untuk dilihat dan dibahas, sehingga gerakan yang dilakukannya ini selalu memberikan kesan yang istimewa di mata banyak orang. Terkadang, beberapa gerakan yang dilakukan Rui Costa dapat membuat lawan merasa kikuk.

Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat keterampilan Rui Costa dalam dunia sepak bola yang  bisa dibilang tidak ada tandingannya.

Rui Costa memiliki masa terbaik di akhir tahun 1990-an. Selain itu, prestasinya juga terus berkembang terutama ketika dia berhasil masuk ke tim Fiorentina. Sejak Rui Costa masuk ke dalam tim tersebut, keterampilannya mulai dikenal oleh seluruh penjuru dunia.

 

Sejak kemunculan permainan sepak bola di dunia, ada banyak orang yang tertarik untuk ikut memainkan permainan menyenangkan satu ini. Bahkan, beberapa di antaranya juga ada yang menjadikan salah satu playmaker terbaik di atas sebagai idola yang selalu dikenangnya seumur hidup.