7 Stadion Basket Terbesar di Dunia dengan Kapasitas Luar Biasa

Ada beberapa stadion basket terbesar di dunia yang memiliki kapasitas luar biasa. Bagi para pecinta cabang olahraga yang satu ini, mengetahui tentang daftar stadion basket dengan kapasitas terbanyak adalah hal yang patut dilakukan. Dengan begitu, mereka bisa menambah wawasannya.

Sebagai salah satu cabang olahraga yang sangat populer di kalangan banyak orang, ajang perlombaan bola ini memang selalu berhasil menyedot perhatian masyarakat. Mulai dari pemainnya, sistem permainannya, hingga fakta tentang stadionnya akan menjadi informasi penting bagi banyak orang.

7 Stadion Basket Terbesar dengan Kapasitas Terbanyak

Sudah menjadi hal yang wajar jika stadion basket dibangun dengan ukuran dan kapasitas yang lebih besar dibanding stadion cabang olahraga jenis lainnya. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat stadion basket itu sendiri harus memiliki kapasitas yang mampu menampung ribuan orang sekaligus.

Membahas tentang kapasitas stadion basket itu sendiri, sebenarnya ada beberapa nama stadion basket terbesar sepanjang masa dengan daya tampung yang sangat banyak, dan beberapa nama tersebut adalah:

1. Stadion Quicken Loans Arena

Salah satu stadion basket terbesar yang ada di dunia ini berada di wilayah Cleveland, Amerika Serikat (AS). Stadion basket ini sering digunakan untuk menggelar pertandingan bola basket berkelas dunia. Sehingga, nama stadion ini sendiri sudah tidak terdengar asing bagi para pecinta NBA.

Stadion Quicken Loans Arena akan dibagi menjadi 3 arena yang berbeda, yaitu Cleveland Gladiators di AFL, Cleveland Cavaliers di NBA, dan Lake Erie Monsters di AHL. Alasan terkuat mengapa stadion ini dikatakan sebagai stadion terbesar adalah karena kapasitasnya sangat banyak.

Stadion Quicken Loans Arena mampu menampung ribuan penonton dengan jumlah kursinya yang sebanyak 20.562. Jadi, tidak mengherankan jika stadion ini sering digunakan untuk kepentingan pertandingan bola basket kelas dunia.

2. Stadion United Center

Tidak jauh-jauh dari wilayah Amerika Serikat (AS), ada satu nama lagi yang dikenal sebagai stadion basket dengan kapasitas terbanyak dan terbesar, yaitu Stadion United Center. Pada dasarnya, stadion basket ini merupakan homebase bagi tim Chicago Bulls.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Chicago Bulls adalah tim yang membesarkan pemain legendaris Michael Jordan. Chicago Bulls menggunakan stadion ini dengan Chicago Blackhawks, untuk meraih kemenangan dalam pertandingan hoki es Amerika, NHL.

Untuk jumlah kursi penonton stadion ini sendiri akan lebih banyak dibanding stadion basket sebelumnya, yaitu 20.917 kursi. Jadi, bisa dipastikan stadion ini mampu menampung ribuan penonton secara lebih mudah.

3. Stadion The Palace of Auburn Hills

Stadion The Palace of Auburn Hills mampu menampung ribuan penonton yang ingin menyaksikan sendiri pertandingan basket antara kedua tim yang berbeda. Pada dasarnya, Stadion The Palace of Auburn Hills adalah markas dari tim basket NBA Detroit Pistons.

Stadion ini dibangun dengan menggunakan dana yang sebesar 70 juta dolar Amerika. Dengan melihat fakta tersebut, bisa dipastikan bahwa stadion ini tidak dibangun secara sembarangan.

Stadion The Palace of Auburn Hills mampu menampung ribuan penonton dengan jumlah kursinya yang sebanyak 21.231. Dengan jumlah kursinya yang mencapai angka 20 ribuan ini, membuat semua orang mampu menyaksikan pertandingan basket yang berlangsung di dalamnya dengan mudah.

4. Stadion Rungrado May Day

Stadion Rungrado May Day juga termasuk salah satu stadion basket terbesar di dunia yang mampu menampung ribuan penonton secara sekaligus. Beralih dari Amerika Serikat, Stadion basket yang satu ini berada di wilayah Pyongyang, Korea Utara.

Anda tidak pernah mengira akan hal itu, kan? Ya, Stadion Rungrado May Day adalah salah satu stadion basket yang ada di Pyongyang, Korea Utara, dan stadion ini mampu menampung jumlah penonton hingga 150.000 orang.

Salah satu daya tarik terbesar yang dimiliki stadion basket ini adalah bentuk bangunannya yang terlihat seperti parasut. Selain itu, stadion basket ini juga tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan pertandingan bola basket saja, tapi juga bisa digunakan untuk menggelar parade militer negara.

5. Stadion Michigan

Stadion Michigan berada di kawasan Universitas Michigan, Ann Arbor, Amerika Serikat (AS). Karena ukurannya yang sangat besar, membuat stadion basket ini sering dikenal dengan nama The Big House. Selain itu, Stadion Michigan juga bisa digunakan untuk pertandingan cabang olahraga lainnya.

Hal ini bisa dilihat dari pengalaman sebelumnya, yaitu ketika Stadion Michigan digunakan untuk menggelar pertandingan hoki antara Toronto Maple Leafs dan Detroit Red Wings. Dengan ukurannya yang sangat besar, membuat stadion ini mampu menampung penonton hingga berjumlah 107.601.

6. Stadion Beaver

Salah satu stadion terbesar dalam dunia basket ini juga terletak di Amerika Serikat atau lebih tepatnya di wilayah Pennsylvania. Stadion basket ini mampu menampung penonton dalam jumlah yang banyak sekaligus, yaitu 106.572 orang.

Sampai saat ini, Stadion Beaver digunakan sebagai markas tim NFL Penn State Nittany Lions, sehingga sudah ada banyak pecinta basket yang mengetahuinya.

7. Stadion Ohio

Karena bentuknya yang terlihat seperti sepatu kuda, membuat Stadion Ohio juga sering disebut dengan nama The Horseshoe atau The Shoe. Di balik bentuknya yang terlihat unik, stadion basket ini juga memiliki kapasitas penonton yang sangat banyak.

Salah satu stadion terbesar yang ada di Columbus ini mampu menampung penonton hingga berjumlah 110.045 orang. Dengan kapasitasnya yang tergolong luar biasa seperti ini, membuat Stadion Ohio juga sering digunakan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga jenis lainnya.

Ketujuh stadion basket terbesar yang telah kami sebutkan di atas memiliki daya tarik, bentuk, dan keunggulannya masing-masing. Jika Anda termasuk orang yang sangat mencintai olahraga bola basket, maka Anda bisa mengingat nama-nama stadion tersebut.