11 Stadion Sepak Bola Indonesia Besar dan Megah

 

Sepak bola menjadi permainan olahraga yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Banyak klub sepak bola berdiri di berbagai daerah. Tentunya, Indonesia juga memiliki stadion sepak bola. Mana saja stadion sepak bola Indonesia yang paling megah dan besar?

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui daftar stadion sepak bola di Indonesia beserta fakta-fakta menariknya.

Daftar Stadion Sepak Bola Indonesia Paling Besar dan Megah

Di antara banyaknya stadion sepak bola yang ada di Indonesia, mana yang termasuk stadion paling besar dan megah? Cari tahu jawabannya dengan membaca informasi ini.

1. Jakarta International Stadion

Stadion sepak bola paling megah yang dimiliki oleh Indonesia adalah Jakarta International Stadion (JIS). Stadion bola yang sebentar lagi akan diresmikan ini ada di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Semua fasilitas yang ada di stadion ini dibangun dan didesain dengan standar internasional FIFA.

Desainnya pun sangat megah dan mewah. Beberapa bagian didesain dengan menampilkan ciri khas Betawi yang unik dan menarik. Ukurannya yang sangat besar membuat stadion JIS bisa menampung penonton sebanyak 82.000.

Tribun yang ada di stadion ini memiliki tiga tingkatan dan pastinya ada tribun untuk VIP serta tribun khusus disabilitas. Fasilitas di stadion ini sangat lengkap dan ada juga beberapa fasilitas mewah yang melengkapinya.

Salah satunya adalah atap stadion utama yang dirancang buka-tutup secara otomatis. Selain itu, lapangan utama juga tidak kalah megah dan berkualitas dengan rumput hybrid standar internasional.

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion selanjutnya yang besar dan megah di Jakarta adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). GBK sudah menjadi tempat banyak pertandingan sejak berdirinya di tahun 1962. Kini setelah melewati beberapa kali renovasi, GBK sudah bisa menampung sekitar 77.000 penonton.

Gelora Bung Karno juga memiliki desain dan kualitas standar internasional FIFA. Tidak hanya stadion utamanya saja yang memiliki standar FIFA, tetapi semua kompleks olahraga di GBK sudah berstandar internasional.

Ya, di kompleks GBK memang banyak fasilitas olahraga. Selain itu, di kompleks GBJ juga ada taman kota dan jalur jogging.

3. Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Palaran terletak di Kota Samarinda, Kalimantan Timur sudah berdiri sejak tahun 2005. Stadion kebanggan Samarinda ini merupakan salah satu stadion terbesar yang dimiliki Indonesia. Kapasitasnya bisa menampung kurang lebih 60.000 penonton.

Upacara pembukaan dan penutupan PON XVII dilakukan di stadion Palaran. Selain itu, banyak acara dan pertandingan sepak bola yang diadakan di stadion ini. Misalnya, menjadi tempat diselenggarakannya pertandingan 8 besar divisi utama Liga Indonesia.

4. Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion sepak bola Indonesia yang terbesar lainnya adalah Stadion Gelora Bung Tomo. Lokasinya berada di Surabaya, Jawa Timur. Klub sepak bola Persebaya menggunakan stadion ini sebagai markas utama.

Kapasitas stadion Gelora Bung Tomo tidak kalah besar dibanding stadion-stadion sebelumnya. Stadion ini bisa menampung kurang lebih 55.000 hingga 60.000 penonton. Selain luas, desain stadion ini juga cukup megah ditambah dengan lampu sebesar 1600 lux yang meneranginya.

Fasilitas ini sangat mendukung Stadion Bung Tomo sebagai tempat pertandingan sepak bola di malam hari.

5. Stadion Utama Riau

Riau juga memiliki stadion yang besar dan megah bernama Stadion Utama Riau. Lebih tepatnya lagi stadion yang dibangun pada tahun 2009 ini berada di kawasan Universitas Riau.

Kapasitasnya bisa menampung penonton hingga lebih dari 40.000 penonton. Menariknya, stadion ini merupakan tempat upacara pembukaan PON XVIII pada tahun 2012 lalu.

6. Stadion Jati Diri

Semarang juga memiliki stadion sepak bola yang berkapasitas besar bernama Stadion Jati Diri. Stadion yang satu ini mampu menampung penonton hingga 45.000 penonton. Fasilitasnya sangat lengkap dengan lapangan utama yang berkualitas.

Di sekitar lapangan utama terdapat lintasan atletik. Selain itu, fasilitas lainnya yang dimiliki stadion ini adalah gym center, kolam renang indoor, asrama, dan lain sebagainya.

Selain besar dan memiliki fasilitas lengkap, Stadion Jati Diri juga memiliki tampilan yang megah dan menarik. Uniknya, setelah direnovasi stadion ini akan menampilkan ciri khas utama Jawa, yaitu berupa kanopi yang berbentuk seperti gunungan wayang.

7. Stadion Sriwijaya

Stadion Sriwijaya juga dikenal dengan nama Stadion Jakabaring merupakan salah satu stadion sepak bola besar di Indonesia. Lokasinya berada di Palembang, Sumatera Selatan. Banyak pertandingan yang dilakukan di stadion  yang memiliki kapasitas 40.000 penonton ini.

Salah satunya adalah pertandingan Liga Indonesia. Menariknya, pada tahun 2007, stadion ini merupakan saksi klub sepak bola Sriwijaya meraih gelar juara pada Liga Indonesia pada saat itu. Tentu saja seluruh masyarakat Palembang merasa sangat bangga dengan hal ini.

8. Gelora Bandung Lautan Api

Stadion yang satu ini berada di Bandung dan tentu saja menjadi kandang dari Persib Bandung. Rumput yang digunakan pada lapangan utama ini sudah berstandar internasional FIFA yaitu rumput jenis Zoysia matrella [Linn] Merr.

Kapasitas stadion Gelora Bandung Lautan Api ini bisa menampung kurang lebih 38.000 penonton.

9. Stadion Aji Imbut Tenggarong

Selain Stadion Utama Palaran, Kalimantan Timur juga memiliki stadion sepak bola lainnya bernama Stadion Aji Imbut Tenggarong.  Dulunya stadion yang satu ini bernama Stadion Madya Tenggarong atau Stadion Kudungga.

Stadion Aji Imbut menjadi markas dari Klub Mitra Kukar yang dapat menampung kurang lebih 35.000 penonton. Kapasitasnya yang cukup besar dan fasilitasnya yang lengkap membuat stadion ini digunakan sebagai stadion ajang PON 2008.

10. Stadion Maguwoharjo

Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki stadion sepak bola besar bernama Stadion Maguwoharjo. Stadion yang sudah ada sejak 2005 ini berada Sleman. Pada tahun 2007, stadion ini direnovasi karena terkena dampak dari gempa bumi.

Rumput yang ada di lapangan utama merupakan rumput berkualitas dan masuk dalam jenis rumput kategori A FIFA. Selain rumput yang berkualitas, stadion ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.

Konsep dan desain bangunan Stadion Maguwoharjo adalah tipe modern dengan ciri khas tertentu. Ciri khas yang dimilikinya adalah adanya 4 menara pada penjuru stadion. Desain stadion ini sangat unik hingga memiliki julukan “Mini San Siro”.

11. Stadion Patriot

Stadion Patriot terletak di Bekasi, Jawa Barat. Kapasitas stadion sepak bola yang satu ini mencapai kurang lebih 30.000 penonton. Stadion Patriot sudah ada sejak lama yaitu tahun 1982. Pada tahun 1982, stadion ini bahkan menjadi tempat Pekan Olahraga Daerah Jawa Barat ke IV.

Renovasi pernah dilakukan pada tahun 2012 hingga 2014 untuk memperbaiki beberapa bagian yang mulai rusak dan memodifikasi desain arsitekturnya. Dulu stadion ini pernah menjadi kandang sementara Persija Jakarta. Kini Stadion dijadikan sebagai markas dari Klub Persipasi Bekasi.

 

Stadion sepak bola Indonesia ternyata banyak yang mampu menampung penonton dengan kapasitas besar. Selain itu, tampilannya juga mewah dengan ciri khas daerahnya masing-masing. Dari antara semua stadion di atas, mana saja stadion yang sudah Anda kunjungi?