Inilah 5 Stadion Sepakbola Tercanggih Dunia, Ada yang Rumputnya Terlipat

Saat ini, ada banyak stadion sepakbola tercanggih dunia. Hal ini berdampak pada nilai-nilai inti pembangunan stadion yang terus berubah. Saat ini, stadion ini  dibangun dengan teknologi mutakhir dan desain yang menarik. Ini untuk melayani penonton dan untuk meningkatkan ketenaran tim..

Pada dasarnya, stadion memang dibangun untuk para penggemar yang ingin melihat tim favorit bertanding secara langsung. Simak uraian di bawah ini untuk stadion sepak bola dengan sistem tercanggih di dunia.

5 Stadion Sepakbola Tercanggih Dunia

Sepak bola adalah salah satu olahraga yang paling populer. Oleh karena itu, diperlukan sebuah stadion untuk menjadi tuan rumah olahraga ini. Saat ini, turnamen sepak bola tidak hanya diadakan antar klub namun antar negara. Untuk itulah, banyak negara telah membangun stadion megah.

Banyak negara telah mengalokasikan dana dalam jumlah besar untuk membangun stadion sepak bola megah yang mewah dan canggih. Tujuannya tidak hanya untuk membuat pertandingan, tetapi untuk meningkatkan citra klub dan negara yang terlibat. Inilah lima stadion sepak bola tercanggih di dunia.

1. Santiago Bernabeu di Eropa

Stadion ini merupakan salah satu stadion elit Eropa dan menjadi stadion sepakbola tercanggih dunia. Inilah kandang tim Real Madrid, yang telah memenangkan banyak gelar Liga Champions Eropa. Menampilkan 99.000 penonton dan fasilitas mewah.

Tak heran jika stadion ini menjadi salah satu stadion terbesar di dunia dengan standar internasional. Stadion ini memiliki atap yang bisa dibuka. Ini untuk melindungi penonton dan pemain dari panas dan hujan.

2. Allianz Arena di Jerman

Allianz Arena adalah sebuah stadion sepakbola tercanggih dunia di Munich, Jerman. Stadion ini memiliki konsep eksterior yang sangat canggih dan tak tertandingi oleh klub manapun di Eropa. Allianz Arena mungkin adalah stadion terbesar ketiga di Jerman.

Mengenai penampilan, Allianz Arena dapat digambarkan sebagai liga yang paling menuntut dari lima liga teratas di Eropa. Namun, 2.874 panel udara telah dipasang di luar stadion dan akan terus diperluas di masa mendatang.

Panel ini memungkinkan atap  Allianz Arena diperluas dan ditutup, menjadikannya stadion pertama di dunia dengan warna eksterior yang dapat disesuaikan.

3. Stadion Nasional di Taiwan

Sebelum diberi nama Stadion Nasional, gedung ini juga dikenal sebagai World Game Stadium dan merupakan stadion serbaguna yang terletak di Distrik Zuoying, Kota Kaohsiung, Taiwan. Saat ini, ini adalah stadion terbesar di Taiwan.

Stadion ini terutama digunakan untuk pertandingan sepak bola dan merupakan tempat untuk acara utama World Games tahun 2009. Stadion ini mampu menampung 55.000 penonton. Stadion ini telah digunakan untuk beberapa pertandingan tim sepak bola Taiwan.

Dirancang oleh arsitek Jepang Toyo Ito, stadion sepakbola tercanggih duniastadion sepakbola tercanggih dunia ini menggunakan energi matahari untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Stadion berbentuk naga ini merupakan stadion pertama di dunia yang dilengkapi dengan teknologi tenaga surya. Selain menghemat listrik, panel surya yang menutupi bagian luar stadion yang luas dapat menghasilkan sebagian besar listrik yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

4. Stadion Wembley di Inggris

Stadion Wembley merupakan sebuah stadion sepak bola tercanggih dunia yang terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris dan merupakan rumah bagi tim  sepak bola nasional Inggris.

Dibuka pada tahun 2007, stadion ini memiliki kapasitas 90.000 dan merupakan stadion terbesar kedua di Eropa. Stadion ini juga menjadi tempat diselenggarakannya Piala FA. Pada awal 2000-an, Wembley menjadi stadion paling spektakuler di Inggris, direnovasi.

Menara kembar yang menjadi landmark Stadion Wembley telah dibongkar. Sebaliknya, Wembley sekarang dikenal dengan lengkungan ikoniknya di atap stadion. Renovasi stadion yang dibangun pada tahun 1923 ini tentu membutuhkan usaha yang besar.

Namun, beberapa fasilitas telah diperbaiki. Misalnya, hingga 90.000 kursi sengaja didesain senyaman mungkin, baik dari segi material kursi maupun tampilannya. Nilai Stadion Wembley kini menyentuh angka Rp18,2 triliun.

5. Sapporo Dome di Jepang

Sapporo Dome adalah stadion terpencil di Daerah Toyohira dan sering digunakan untuk pertandingan sepak bola dan bisbol. Stadion ini adalah rumah bagi tim sepakbola Consadole Sapporo dan juga Hokkaido Nippon-Ham Fighters tim bisbol.

Hal yang menarik dari stadion ini adalah  memiliki dua permukaan yang dapat dipertukarkan. Permainan bisbol dimainkan di atas rumput sintetis, dan permainan sepak bola dimainkan di atas rumput. Sapporo Dome dibuka pada tahun 2001 dan memiliki 41.580 kursi.

Itulah 5 stadion sepakbola tercanggih dunia. Jangan lupa kunjungi stadion yang sudah disebutkan di atas untuk merasakan sensasi kecanggihan menonton klub sepakbola kesukaan Anda di stadion tersebut